Peralatan memasak terdiri dari:  Alat persiapan  Alat pemasakan Setiap alat yang kontak langsung dengan makanan hendaknya terbuat dari bahan yang tidak menyerap air. mudah dibersihkan . tidak berpinggir tajam. halus. mempunyai sudut yang bulat. kuat & tahan lama. tidak mudah pecah/retak.

plastik  Pisau: ada berbagai ukuran dan bentuk tergantung kebutuhan  Parutan: Parutan kelapa. Merupakan alat yang di butuhkan dalam proses persiapan memasak  Alat manual antara lain:  Talenan: kayu. saringan the . saringan tepung. parutan gobet  Saringan: saringan santan.

parutan. lemari es. mixer. chopper. food processor. pemotong daging (slicer). food cutter. gelas/ sendok ukuran. cobek. cetakan. juicer. freezer dll . kocokan telur dll  Alat persiapan elektronik: blender. Alat lainnya : waskom.

memasak atau mematangkan bahan makanan yang telah di persiapkan  Semua alat masak hendaknya dipilih dengan memperhatikan kemudahan dalam operasional. Adalah alat yang digunakan untuk mengolah.  Sebelum membeli baca brosur dengan baik . dapat menunjang pencapaian tujuan dalam pemasakan. keamanan dalam penggunaan. mudah dibersihkan.

Oven  Dapat menjadi satu dengan kompor (terletak di bagian bawah kompor) atau  Berdiri sendiri .2.4 perapian  Kompor listrik ada yang mempunyai perapian meliputi seluruh permukaan (flat top) 2. minyak tanah. listrik. Kompor (bahan bakar gas. briket dll)  Umumnya kompor terdiri dari 1.1.

Steam cooker. 4. merupakan kompor khusus untuk menggoreng dengan minyak banyak. Deep Frying.3. merupakan alat masak dengan menggunakan panas uap. .

serokan minyak (bermacam ukuran dan bahan)  Alat pencetak (bermacam bentuk. ukuran dan bahan) . Panci (bermacam ukuran dan bahan)  Ketel  Dandang/ risopan  Wajan (bermacam ukuran dan bahan)  Sodet. irus.

 Adalah semua alat yang digunakan untuk menghidangkan makanan yang akan disajikan di meja penghidang atau meja makan  Untuk setiap acara jamuan makan. macam dan jenis alat yang di gunakan disesuaikan dengan menu yang dihidangkan .

Taplak Meja. dan alat makan tidak berbunyi bila ditaruh di meja . terdiri dari: a) Moulton.1. yaitu alas meja makan . terbuat dari bahan yang tebal dan empuk (kain flanel/beludru/karton). gunanya agar permukaan meja tidak rusak karena panas.

sedikitnya menggantung 20-30 cm dari pinggiran meja . c) Ukuran taplak di sesuaikan dengan ukuran meja.b) Taplak meja. sutra. agar penampilan alat makan terlihat lebih menonjol. Taplak meja ini diletakkan di atas moulton. plastik ataupun bahan lainnya. bisa dari linen. Gunakan warna yang lembut atau polos atau bermotif tetapi tidak menyolok.

130x180 cm.150.190 e) Skirting. biasanya panjang sampai di lantai dan di wiru. .d) Beberapa ukuran standar taplak : • Taplak Persegi: 130x160 cm. yaitu taplak yang dipakai untuk menutupi kaki meja. 160x220 cm • Taplak bulat: garis tengah umumnya 130.160.

Serbet Dipakai sebagai alas pada baju ketika makan. mengusap mulut. Warna tidak harus sama dengan taplak meja.2. Macam-macam ukuran serbet: 40x40cm. melap tangan dan ditampilkan dimeja makan dengan dekoratif. 60x60 cm (jamuan makan).45x45cm. atau 30x30 cm (jamuan teh) .50x50 cm.

Peralatan makan  Show plate (piring hias)  Dinner plate (piring utama)  Appetizer plate (piring makanan pembuka)  Salad plate (Piring salad)  Cake plate (piring kue)  Bread plate (piring roti)  Soup plate (piring mangkuk sup)  Soup dish (mangkuk sup  Cup & saucer (cangkir & piring cangkir)  Demitasse cup (cangkir kopi) .3.

Gelas Gelas yang dipakai dapat terbuat dari bermacam bahan. dari gelas kaca sederhana hingga gelas kristal.4. gelas jus dll (gambar terlampir) . Gelas yang paling sering digunakan adalah water goblet (gelas air putih). Macam gelas yang digunakan tergantung dari jenis minuman yang akan di hidangkan. Gelas lainnya yaitu gelas anggur.

5. sendok dan garpu  Table knife (pisau untuk hidangan utama)  Spork knife (garpu untuk hidangan utama)  Dessert knife (pisau dessert)  Dessert spoon (sendok dessert)  Dessert fork (garpu dessert)  Soup spoon (sendok sup)  Butter spreader (pisau mentega  (gambar terlampir) . Pisau.

6. Alat makan pelengkap  Fish knife (pisau ikan)  Fish fork (garpu ikan)  Oyster fork (garpu tiram)  Teaspoon (sendok teh)  Iced teaspoon (sendok teh es)  Bouillon soup (sendok kaldu)  Table spoon (sendok utama)  Demitasse spoon (sendok kopi/teh) .

Dekorasi meja  Dekorasi meja hendaknya mempunyai selera yang baik dan artistik.7.  Bermacam jenis bunga dalam vas yang menarik dapat dipilih menjadi dekorasi meja . warna sesuai ruangan dan hidangan yang tersedia. Bentuk jangan terlalu tinggi agar semua orang yang duduk di meja dapat saling melihat/ bertukar pandang. dapat di taruh di tengah atau di ujung meja.

TERIMAKASIH .