dr.

Luwiharsih,MSc

• Sebuah rencana yg baku tentang rangkaian
kegiatan, daftar tugas, dlsb (Longman)

• Sebuah prosedur/langkah-langkah utk
menyelesaikan masalah (problem solving),
termasuk pengumpulan data, memprosesnya &
presentasi hasilnya (American Heritage Dictionary)

• Sebuah rencana tentang apa yg akan dikerjakan
(Oxford Advanced Leaner’s Dictionary of Current English)

• Sebuah program adalah rencana
yang telah dikembangkan untuk
tujuan tertentu.

misalnya utk memberikan jasa yan tertentu atau utk menangani masalah tertentu • Sebuah rencana kegiatan/pekerjaan yg akan dilaksanakan termasuk waktu kapan setiap kegiatan itu harus terjadi atau akan dilaksanakan . (Collin Cobuild English Language) • Rencana berskala besar & terperinci yg dibuat utk suatu tujuan tertentu.

(KESIMPULAN) • Rencana kegiatan yg akan dikerjakan • Terperinci • Merupakan strategi & langkah .langkah • Untuk mencapai tujuan .

• Rencana kegiatan peningkatan mutu dan keselamatan pasien secara terperinci. untuk meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien Komisi Akreditasi Rumah Sakit .

Program Program Persetujuan PMKP kerja pemilik Komisi Akreditasi Rumah Sakit .

Merencanakan
PIMPINAN RS Program PMKP &
malaporkan ke
Governing board

Governing Menyetujui program &
Board menerima laporan

Mengawasi &
Komite PMKP melaksanakan
Program PMKP
luwi 18 Juli 2016 8

PROGRAM PMKP BAB PMKP
PRIORITAS

PROGRAM PROGRAM PROGRAM PROGRAM
PMKP UNIT PMKP UNIT PMKP UNIT PMKP UNIT
KERJA KERJA KERJA KERJA

TKP 5.5
Komisi Akreditasi Rumah Sakit

1. Susun program PMKP di unit kerja

2. Pilih prioritas dari unit dan menjadi

program PMKP Prioritas di RS

Komisi Akreditasi Rumah Sakit

5. Pimpinan melakukan evaluasi kinerja departemen atau pelayanan dan kinerja stafnya.  Indikator kinerja unit & Staf luwi-tkp-edit 16 Agustus .5. Standar TKP.

evaluasi atas pelayanan yang diberikan menurut penetapan kontrak.5. Pimpinan melaksanakan program pengendalian mutu apabila dibutuhkan 4. pengukuran meliput semua pelayanan yang diberikan. d. Pimpinan departemen atau pelayanan diberikan data dan informasi yang dibutuhkan untuk mengelola dan meningkatkan asuhan dan pelayanan 5. (lihat juga TKP. Pimpinan melaksanakan pengukuran mutu (quality measures) yang mengatur pelayanan yang diberikan dalam departemen atau pelayanan termasuk kriteria a) sampai d) di Maksud dan Tujuan yang sesuai dengan departemen pelayanan tersebut 2. Salah satu tanggung jawab terpentng dari seorang pimpinan departemen atau pelayanan adalah melaksanakan program peningkatan mutu dan keselamatan pasien rumah sakit di departemen tersebut.5. Data dan informasi yang dihasilkan tdak hanya pentng untuk upaya peningkatan departemen atau pelayanan. Standar TKP.5. Dengan demikain.3. Kegiatan pengukuran dan peningkatan mutu di departemen dan di pelayanan dilaporkan secara berkala dalam mekanisme pengawasan mutu di rumah sakit. Seleksi tingkat pengukuran di departemen atau pelayanan dipengaruhi oleh : a. Komisi Akreditasi Rumah Sakit . Pimpinan melakukan evaluasi kinerja departemen atau pelayanan dan kinerja stafnya. kebutuhan untuk memahami efsiensi dan efektvitas biaya (cost effectveness) dari pelayanan yang diberikan. Maksud dan Tujuan TKP. b. c. prioritas rumah sakit dalam hal pengukuran dan peningkatan terkait dengan departemen atau pelayanan.3) Pimpinan bertanggung jawab menjamin bahwa kegiatan pengukuran memberikan kesempatan untuk mengevaluasi staf maupun proses pelayanannya. 1. evaluasi terhadap pelayanan yang diberikan melalui berbagai sumber termasuk survei dan keluhan pasien. Pimpinan melaksanakan pengukuran mutu terkait dengan kinerja staf dalam menjalankan tanggung jawab mereka di departemen atau pelayananStandar Akreditasi Rumah Sakit 217 3. dari waktu ke waktu.2. EP 7) Elemen Penilaian TKP.(lihat juga PAB.5. tetapi juga pentng untuk program peningkatan mutu dan keselamatan pasien rumah sakit.5.5.

Pimp. 1.1  penilaian kinerja unit 2.Elemen Penilaian TKP. melaksanakan pengukuran mutu terkait dng kinerja staf dlm menjalankan tanggung jawab mereka di dep /yan  Penilaian kinerja staf luwi-tkp-edit 16 Agustus .5. melaksanakan pengukuran mutu (quality measures) yg mengatur pelayanan yg diberikan dalam departemen atau pelayanan termasuk kriteria a) sampai d) di Maksud dan Tujuan yang sesuai dengan departemen pelayanan tersebut  Program mutu unit  lihat PMKP 1. Pimp.5.

.5.5. Pimpinan melaksanakan program pengendalian mutu apabila dibutuhkan  Dok program mutu unit 4. Pimp.  Ada Laporan PMKP unit luwi-tkp-edit 16 Agustus . Elemen Penilaian TKP. Kegiatan pengukuran dan peningkatan mutu di departemen dan di pelayanan dilaporkan secara berkala dalam mekanisme pengawasan mutu di RS. Dep. 3. atau yan diberikan data & informasi yg dibutuhkan utk mengelola dan meningkatkan asuhan dan pelayanan  dok : ada feedback data ke unit 5.

evaluasi terhadap pelayanan yang diberikan melalui berbagai sumber termasuk survei dan keluhan pasien.a.3. d.  Indikator mutu unit (IKU) b. (lihat juga TKP. prioritas rumah sakit dalam hal pengukuran dan peningkatan terkait dengan departemen atau pelayanan. evaluasi atas pelayanan yang diberikan menurut penetapan kontrak. c. kebutuhan untuk memahami efisiensi dan efektivitas biaya (cost effectiveness) dari pelayanan yang diberikan.3) luwi-tkp-edit 16 Agustus .

Pengukuran mutu unit/ Evaluasi yan yg indikator mutu unit dikontrakkan di unit Evaluasi pelayanan/ Penilaian kinerja staf survei kepuasan pasien Pelaporan program Cost effectivness mutu unit Komisi Akreditasi Rumah Sakit .

Proses di unit Susun Tetapkan yg perlu Pengukuran/ sasaran/ diperbaiki Indikator target Sasaran Buat sasaran Pengumpulan & tercapai 4 baru analisa data periode luwi 18 Juli 2016 17 .

Function or Procces Internal Obyective database Comparative Information Improvement Improvement / Innovation priorities Improve PMKP luwi edit 21 Juni 2015 18 .

3.3) Indikator • Indikator mutu Lab mutu RI Unit lainnya • Data Unit lainnya Yan Unit lainnya out surveilance Unit lainnya souce • Standar Pelayanan Minimal • Standar Akreditasi RS 19 PMKP luwi edit 21 Juni 2015 . 3. INDIKATOR MUTU KUNCI (PMKP 3.2.1.

tetapi bisa juga sendiri-sendiri (Ada program kerja unit dan ada program PMKP) • Indikator mutu dikumpulkan dan dilaporkan kepada Komite Mutu • Komite Mutu melakukan analisis dan memberikan rekomendasi/feedback yang harus ditindaklanjuti oleh Kepala unit Komisi Akreditasi Rumah Sakit .• Program bisa jadi satu dengan program kerja unit.

luwi-program pmkp .

Sasaran 7. Pendahuluan 2. Skedul (jadwal) pelaksanaan kegiatan 8. Latar belakang 3. Tujuan umum & khusus 4. Cara melaksanakan kegiatan 6. pelaporan & evaluasi kegiatan luwi-program pmkp . Pencatatan.1. Evaluasi pelaksanaan kegiatan & pelaporannya 9. Kegiatan pokok & rincian kegiatan 5.

meningkatkan efisiensi dan efektifitas di unit rawat inap luwi-program pmkp . Tujuan Umum Meningkatkan mutu dan keselamatan pasien di unit rawat inap rumah sakit Khusus .meningkatkan kepuasan pasien di unit rawat inap . Latar Belakang 3.1.meningkatkan mutu pelayanan di unit rawat inap . Pendahuluan 2.

Kegiatan pokok & Rincian kegiatan : • Pemilihan indikator mutu unit rawat inap dengan mengacu indikator kunci area klinis dan sasaran keselamatan pasien serta standar pelayanan minimal • Pencatatan & pelaporan indikator mutu unit rawat inap • Pencacatan dan pelaporan insiden keselamatan pasien di unit rawat inap • Evaluasi kepuasan pasien rawat inap • Penilaian kinerja staf keperawatan dan staf non klinis di unit rawat inap.4. • Menerapkan PPK dan CP di area prioritas luwi-program pmkp .

Cara melaksanakan kegiatan : .Melakukan pertemuan ka ruangan satu bulan sekali luwi-program pmkp .Membuat laporan PMKP secara berkala .Melakukan survei kepuasan pasien .Mencatat dan mengumpulkan indikator .5.

Contoh : tercapainya indikator asesmen awal perawat dan dokter 80 %. tercapainya kepuasan pasien 80 % 7. Sasaran : .6. Skedul (jadwal) pelaksanaan kegiatan  Jan – Des 2017  buat tabel luwi-program pmkp .

7. Skedul (jadwal) pelaksanaan kegiatan program PMKP unit kerja No Keg J F MA M J J A S O N D luwi-program pmkp .

Pencatatan.dilakukan evaluasi pelaksanaan kegiatan secara berkala 9. Evaluasi pelaksanaan kegiatan & pelaporannya .8.Dilakukan sensus harian indikator mutu & pelaporan setiap bulan . pelaporan & evaluasi kegiatan .Pencatatan pelaporan IKP unit kerja luwi-program pmkp .

Komisi Akreditasi Rumah Sakit .

1. Lakukan Identifikasi kegiatan yang akan dilakukan 2. Susun rencana kegiatan Komisi Akreditasi Rumah Sakit .

Finalisasi PPK dan CP V Finalisasi 8.No. Memilih area prioritas utk PPK & V CP 2. Implementasi PPK dan CP V Implementasi 9. Menyusun PPK dan CP V 4. KEGIATAN Sdh Blm Rencana Kegiatan 1. Audit paska implementasi V Audit Komisi Akreditasi Rumah Sakit KEGIATAN PROGRAM PMKP . Menyusun kebijakan penyusunan V PPK dan CP 3. Audit pra implementasi untuk V Audit para base line data implementasi 5. Uji coba implementasi V Uji coba 7. Sosialisasi PPK dan CP ke staf klinis V Sosialisasi terkait 6.

PMKP-RS Komisi Akreditasi Rumah Sakit .

Pencatatan. Tujuan umum & khusus 4. Pendahuluan 2. Skedul (jadwal) pelaksanaan kegiatan 8. Cara melaksanakan kegiatan 6. Latar belakang 3. Sasaran 7.1. Evaluasi pelaksanaan kegiatan & pelaporannya 9. Kegiatan pokok & rincian kegiatan 5. pelaporan & evaluasi kegiatan luwi-program pmkp .

PENDAHULUAN Yang ditulis dalam pendahuluan adalah hal-hal yang bersifat umum yang masih terkait dengan program peningkatan mutu pelayanan rumah sakit. 1. KARS-lw 4 feb 2014 .

Sebaiknya dilengkapi dengan data-data sehingga alasan diperlukan program peningkatan mutu pelayanan tsb dapat lebih kuat. LATAR BELAKANG Latar belakang adalah merupakan justifikasi atau alasan mengapa program peningkatan mutu pelayanan tersebut disusun. KARS-lw 4 feb 2014 . 2.

• UMUM Terlaksananya peningkatan mutu pelayanan RS secara berkelanjutan dan berkesinambungan melalui pengurangan risiko keselamatan pasien • KHUSUS 1. Meningkatkan keselamatan pasien melalui pelaporan insiden dan penerapan sasaran keselamatan pasien. 4. Meningkatkan kinerja unit dan individu melalui penilaian kinerja KARS-lw 4 feb 2014 . Meningkatkan mutu pelayanan klinik melalui standarisasi asuhan klinis dan monitoring indikator 2. Meningkatkan mutu pelayanan manajemen melalui monitoring indikator 3.

4. Keselamatan Pasien Komisi Akreditasi Rumah Sakit . Upaya Peningkatan mutu pelayanan 2. KEGIATAN POKOK & RINCIAN KEGIATAN Kegiatan Pokok : 1.

) : – Audit pra implementasi untuk base line data – Sosialisasi PPK dan CP ke staf klinis terkait – Uji coba implementasi – Finalisasi PPK dan CP – Implementasi PPK dan CP – Audit paska implementasi  variasi pelayanan berkurang Komisi Akreditasi Rumah Sakit . RINCIAN KEGIATAN UPAYA PENINGKATAN MUTU PELAYANAN • Melakukan standarisasi proses asuhan klinis (PMKP 2.1.

RINCIAN KEGIATAN UPAYA PENINGKATAN MUTU PELAYANAN • Melakukan pengukuran mutu melalui pemilihan. penetapan. pengumpulan data dan analisa untuk : o Indikator area klinis (11 indikator) o Indikator International Library (5 indikator) o Indikator area manajerial (9 indikator) o Indikator sasaran keselamatan pasien (6 indikator) Komisi Akreditasi Rumah Sakit .

4 dan 5.5) • Melakukan koordinasi semua komponen dari kegiatan pengukuran mutu dan pengendalian (koordinasi dengan kegiatan PPI.5) • Melakukan penilaian kinerja staf klinis (dokter. perawat/bidan dan staf klinis lainnya) dan staf non klinis (KPS 11. TKP 3.4 EP 2 dan TKP 5. RINCIAN KEGIATAN UPAYA PENINGKATAN MUTU PELAYANAN • Melakukan pengukuran mutu unit kerja dan pelayanan yang di outsourcing kan(TKP 3. dengan pengendalian mutu di laboratorium klinis. 14 dan 17. dengan manajemen risiko klinis) Komisi Akreditasi Rumah Sakit .

RINCIAN KEGIATAN KESELAMATAN PASIEN o Menerapkan manajemen risiko klinis o Melaporkan dan analisis data insiden keselamatan pasien o Melaksanakan dan mendokumentasikan FMEA dan rancang ulang o Koordinasi kegiatan dengan peningkatan mutu Komisi Akreditasi Rumah Sakit .

CARA MELAKSANAKAN KEGIATAN • Melalui mekanisme rapat pimpinan • Melalui mekanisme rapat koordinasi antar komite • Melakukan audit ke unit-2 pelayanan • Melakukan pencatatan dan pelaporan Komisi Akreditasi Rumah Sakit .5.

dll Komisi Akreditasi Rumah Sakit . SASARAN Petunjuk pengisian untuk sasaran program  Sasaran program peningkatan mutu adalah target per tahun yang spesifik dan terukur untuk mencapai tujuan- tujuan program.Penilaian kinerja dokter setahun sekali = 100 % .Audit medis PPK-CP di 5 area prioritas = 100 % .Analisa indikator area klinis = 100 % . 6. Contoh : .

7. SKEDUL (JADWAL) PELAKSANAAN KEGIATAN Skedul atau jadwal adalah merupakan perencanaan waktu melaksanakan langkah-langkah kegiatan program dalam kurun waktu tertentu KARS-lw 4 feb 2014 .

no Keg J F M A M JN JL A S O N D Memilih PPK & CP KARS-lw 4 feb 2014 .

• Contoh penulisan : Setiap bulan Tim melakukan evaluasi pelaksanaan kegiatan melalui rapat pimpinan KARS-lw 4 feb 2014 . 8. yang ditulis adalah kapan (setiap kurun waktu berapa lama) evaluasi pelaksanaan kegiatan dilakukan dan siapa yang melakukan. EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN & PELAPORANNYA • Evaluasi pelaksanaan kegiatan adalah evaluasi dari skedul (jadwal ) kegiatan. Skedul (jadwal) tersebut akan dievaluasi setiap berapa bulan sekali (kurun waktu tertentu). Karena itu. sehingga bila dari evaluasi diketahui ada pergeseran jadwal atau penyimpangan jadwal maka dapat segera diperbaiki sehingga tidak mengganggu program secara keseluruhan.

Jadi yang harus ditulis di dalam program adalah cara atau bagaimana membuat laporan evaluasi dan kapan laporan tersebut harus dibuat dan ditujukan kepada siapa. 8 . • KARS-lw 4 feb 2014 . EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN & PELAPORANNYA • Pelaporan adalah bagaimana membuat laporan evaluasi pelaksanaan kegiatan tersebut. Dan kapan laporan tersebut harus dibuat.

Jadi yang ditulis di dalam krangka acuan bagaimana melakukan evaluasi dan kapan evaluasi harus dilakukan. KARS-lw 4 feb 2014 . PELAPORAN & EVALUASI KEGIATAN • Pencatatan adalah catatan kegiatan. • Evaluasi kegiatan adalah evaluasi pelaksanaan program secara menyeluruh. PENCATATAN..9. karena itu yang ditulis di dalam program adalah bagaimana melakukan pencatatan kegiatan atau membuat dokumentasi kegiatan • Pelaporan adalah bagaimana membuat laporan program dan kurun waktu (kapan) laporan harus diserahkan serta kepada siapa saja laporan tersebut harus ditujukan.

CONTOH : SUB PROGRAM PMKP  PROGRAM PMKP PRIORITAS (PMKP 1.2) Komisi Akreditasi Rumah Sakit .

Meningkatkan capaian indikator international library untuk AMI .Meningkatkan kepatuhan penggunaan PPK dan CP untuk AMI .Meningkatkan kepatuhan penerapan SKP pada pasien AMI Komisi Akreditasi Rumah Sakit . Latar Belakang 3. Tujuan : Umum : meningkatnya keberhasilan pelayanan AMI di RS Khusus : . PROGRAM PENINGKATAN MUTU PELAYANAN AMI 1. Pendahuluan 2.

Audit paska implementasi Komisi Akreditasi Rumah Sakit .Finalisasi PPK dan CP AMI . Kegiatan pokok dan rincian kegiatan • PPK dan CP AMI . PROGRAM PENINGKATAN MUTU PELAYANAN AMI 4.Penerapan PPK dan CP AMI .Penyusunan PPK dan CP AMI .Uji Coba penerapan PPK dan CP AMI .Audit untuk base line data .

• Saran penghentian merokok untuk pasien dewasa / konseling diberikan kepada pasien yang memiliki infark miokard akut . • ACEI ( angiotensin converting enzyme inhibitor ) atau ARB ( angiotensin receptor blocker ) untuk pasien yang memiliki LVSD ( ventrikel kiri sistolik Disfungsi ) setelah infark miokard akut . PROGRAM PENINGKATAN MUTU PELAYANAN AMI • Indikator mutu Indikator International Library • Aspirin diterima dalam waktu 24 jam dari kedatangan ke rumah sakit untuk pasien yang memiliki infark miokard akut ( AMI) • Aspirin diresepkan untuk pasien yang memiliki infark miokard akut .blocker diresepkan untuk pasien yang memiliki Infarction miokard akut Komisi Akreditasi Rumah Sakit . • Beta .

SKP 1 . PROGRAM PENINGKATAN MUTU PELAYANAN AMI • Penerapan SKP .SKP 3 .SKP 6 Komisi Akreditasi Rumah Sakit .SKP 2 .SKP 5 .

Evaluasi pelaksanaan kegiatan & pelaporannya 4. pelaporan & evaluasi kegiatan Komisi Akreditasi Rumah Sakit . Sasaran 2. Skedul (jadwal) pelaksanaan kegiatan 3. PROGRAM PENINGKATAN MUTU PELAYANAN AMI 4. Pencatatan. Cara melaksanakan kegiatan 1.

Komisi Akreditasi Rumah Sakit .

Pendahuluan 2. Pencatatan. Cara melaksanakan kegiatan 6. pelaporan & evaluasi kegiatan luwi-program pmkp . Kegiatan pokok & rincian kegiatan 5. Latar belakang 3. Evaluasi pelaksanaan kegiatan & pelaporannya 9.1. Skedul (jadwal) pelaksanaan kegiatan 8. Sasaran 7. Tujuan umum & khusus 4.

Tujuan Umum Meningkatkan mutu dan keselamatan pasien AMI di RS Khusus .meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelayanan AMI di RS luwi-program pmkp .meningkatkan mutu pelayanan AMI .1. Latar Belakang 3. Pendahuluan 2.meningkatkan kepuasan pelayanan pasien AMI .

4. Kegiatan pokok & Rincian kegiatan : • Penetapan indikator International library untuk AMI • Penetapan indikator area klinik untuk AMI • Penerapan SKP untuk AMI • Penerapan PPK dan CP untuk AMI • Audit PPK dan CP AMI luwi-program pmkp .

Cara melaksanakan kegiatan : .5.Mencatat dan mengumpulkan indikator .Membuat laporan PMKP secara berkala luwi-program pmkp .

Sasaran : .Tercapainya IIL AMI 100 % .6. Skedul (jadwal) pelaksanaan kegiatan  Jan – Des 2015  buat tabel luwi-program pmkp .Terlaksananya audit AMI setahun 2 x 7.Tercapainya kepatuhan penggunaan PPK dan CP AMI 80 % .

Skedul (jadwal) pelaksanaan kegiatan No Keg J F MA M J J A S O N D luwi-program pmkp . 7.

8. pelaporan & evaluasi kegiatan .Dilakukan sensus harian indikator mutu & pelaporan setiap bulan .Pencatatan pelaporan IKP unit kerja luwi-program pmkp . Pencatatan. Evaluasi pelaksanaan kegiatan & pelaporannya .dilakukan evaluasi pelaksanaan kegiatan secara berkala 9.

1 • RS agar menyusun program PMKP di unit kerja sesuai dng standar TKP 5.• RS agar menyusun program PMKP sesuai dng yg diminta di PMKP 1.2 Komisi Akreditasi Rumah Sakit .5 • RS agar menyusun program PMKP prioritas sesuai yang dminta PMKP 1.

luwi-program pmkp .