SWOT Analysis

AMGPM DAERAH
PU LAU AM BO N

dan keluaran. Langkah 2: Identifikasi kekuatan dan peluang yang diperkirakan cocok untuk upaya mengatasi kelemahan dan ancaman yang telah diidentifikasi lebih dahulu pada Langkah 1. dapat dipilah menjadi analisis SWOT untuk komponen masukan. . Langkah ini dapat dilakukan secara keseluruhan. atau jika terlalu banyak. Langkah 3: Masukkan butir-butir hasil identifikasi (Langkah 1 dan Langkah 2) ke dalam Bagan Deskripsi SWOT. Saran Untuk Melakukan Analisis Swot Langkah 1: Identifikasi kelemahan dan ancaman yang paling urgen untuk diatasi secara umum pada semua komponen. proses.

DESKRIPSI KKPA [SWOT] KEKUATAN (S) KELEMAHAN (W) PELUANG (O) ANCAMAN (T) .

termasuk pemecahan masalah. dan susunlah suatu rencana tindakan untuk melaksanakan program penanganan. Ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan dalam analisis SWOT. yaitu sebagai berikut. dan pengembangan lebih lanjut. Langkah 5: Tentukan prioritas penanganan kelemahan dan ancaman itu. . Langkah … (lanjutan) Langkah 4: Rumuskan strategi atau strategi-strategi yang direkomendasikan untuk menangani kelemahan dan ancaman. perbaikan.

Analisis KKPA (SWOT Analysis) Kekuatan Faktor lingkungan Internal internal Kelemaha organisasi n Peluang Faktor lingkunga n Ancaman Eksternal eksternal organisasi .

(Sekretariat. komputer. fasislitas fasislitas komputer.Analisis KKPA Kecukupan Kecukupan (kualitas (kualitas dan dan kuantitas) kuantitas) Sumber Sumber Fisik Fisik (Sekretariat. manusia) informasi. informasi. manusia) Kemampuan Kekuatan Kekuatan Kemampuan untuk untuk mendapatkan mendapatkan sumber sumber & & Daya Daya Nama besar Nama besar Kelemahan Kelemahan Didengarkan Didengarkan Strategy Strategy [strategi] [strategi] Structure Structure [struktur] [struktur] Systems Systems [sistem] [sistem] Tujuh Tujuh S S Shared Shared values [nilai bersama] values [nilai bersama] Staff [Staf] Staff [Staf] Skills Skills [Keterampilan] [Keterampilan] Style Style [Gaya] [Gaya] 6 .

opini. dan citra 7 . opini. dan citra Pengurus Pesaing dipengaruhi oleh informasi.Analisis KKPA Sosial Politik Lingkungan Teknologi Ekonomi Legalitas Pengurus Peluang dipengaruhi oleh & Analisis pasar Ancaman informasi.

KARIR Pesaing • SUPPORT EXTERNAL • KETERLIBATAN SEMUA ELEMEN • RECOGNITION .Lingkungan Eksternal • SISTEM PENDIDIKAN • KOMPETENSI LULUSAN • KEBIJAKAN KEUANGAN • GLOBALISASI • SISTEM PEMERINTAHAN • STRATEGY PENGEMBANGAN Pemerintah Masyarakat lokal Industri Daerah/ Lulusan SLTA Cabang/ Pasar Kerja Ranting Stakeholders Stakeholders Internasl Eksternal • PELAYANAN AKADEMIK • AKUNTABILITAS PUBLIK • KEBIJAKAN PENGEMB.

Analisis KKPA S>W Perluasan O>T S<W Konsolidasi O<T Dwatmadji .

ANALISIS LINGKUNGAN 10 .

Semakin mampu mengkuantifikasi “kekuatan” yg ada = semakin hebat analisis ED-nya. S = Strengths (Kekuatan) adalah “kekuatan-kekuatan” yg dimiliki & ada di Program Studi/Fakultas/Jurusan/ Sekolah Tinggi/Akademi dan andal untuk didaya-gunakan agar Program Studi dapat tumbuh dan berkembang serta menang bersaing. Adil Basuki Ahza 11 . Analisa LINGKUNGAN INTERNAL: 1.

yg menjadikan PS sukar/tidak dapat tumbuh dan berkembang dan tidak mampu bersaing. Analisa LINGKUNGAN INTERNAL: 2. W = Weaknesses (Kelemahan) adalah “kelemahan-kelemahan” yg dimiliki dan ada dlm Program Studi/Fakultas/Jurusan /Sekolah tinggi/Akademi. Semakin mampu mengkuantifikasi “kelemahan” yg ada = semakin hebat analisa ED-nya. Adil Basuki Ahza 12 .

Analisa LINGKUNGAN EKSTERNAL: 3. Adil Basuki Ahza 13 . Semakin mampu mengkuantifikasi “peluang” yg ada akan semakin hebat analisa ED-nya. O = Opportunity (Peluang) adalah sebanyak mungkin “peluang” yg dapat diraih dan didayagunakan agar program studi dapat tumbuh dan berkembang dan mampu mengalahkan pesaing-pesaingnya.

Analisa LINGKUNGAN EKSTERNAL: 4. maka kehidupan. T = Threats (Ancaman) Adalah ancaman-ancaman thd keberlangsungan PS dlm persaingan yg jika PS tidak memahaminya & menyadari untuk segera diatasi atau diantisipasi. kemampu-bersaingan PS sbg organisasi bisa hancur Adil Basuki Ahza 14 . kemampu-tumbuhan.

Program Studi harus mampu menganalisis semua bagian dari sistem manajemen secara komprehensif: INPUTS (Masukan) PROCESES (Proses-proses) OUTPUTS (Keluaran) OUTCOMES (Hasil) IMPACTS (Dampak) Adil Basuki Ahza 15 .

Process (Pembelajaran. STAF PENDUKUNG (Teknisi/Laboran/ Adminstrasi. Outcome (Persebaran lulusan. PkM dan penerbitan oleh masyarakat akademik) Adil Basuki Ahza 16 . Output (Sarjana. penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (PkM)) 3. Kerumahtanggan)  Mahasiswa (calon mahasiswa & Mhs)  Suprastruktur (kurikulum)  Keuangan&Dana  MIS/ICT  Fasilitas (Gedung & Peralatan) & Infrastruktur (Sarana & Prasarana) 2.1. dan hasil PkM) 5. perujukan hasil penelitian. suasana akademik. Hasil PkM) 4. penerbitan buku. Input  SDM (DOSEN.hasil penelitian. Impact (Kinerja lulusan di masyarakat. hasil penelitian.

Max-Max Min-Max Setiap elemen lingkungan S W atau ancaman (T) Setiap elemen enabler & internal Resources harus dievaluasi secara “rigorous” kedalam rentang S s/d W menjadi/ Max-Min Min-Min Adil Basuki Ahza T 17 . HASIL STRATEGI ANALISIS SWOT O external PESTE bisa dievaluasi kedalam rentang peluang (O).

---------------------------- Gunakan “S” untuk Menghilangkan “W” Peluang memanfaatkan “O” dan memanfaatkan “O” [O] Perluasa n Ancaman Konsolidasi Strategi ST Strategi WT [T] -----------------------. -------------------------- Gunakan “S” untuk Minimalkan “W” untuk Menghindarkan “T” Menghindarkan “T” . ANALISIS KKPA [SWOT] Faktor Internal Kekuatan Kelemahan Faktor [S] [W] Eksternal Strategi SO Strategi WO -------------------------.