Hakikat Pendidikan

Pengantar Ilmu Pendidikan

Kelompok 7

kah Kamu Hakikat Pendidikan itu apa ? .

1981).manusia telah melaksanakan pendidikan mulai dari keberadaan manusia pada zaman primitif sampai zaman modern (masa kini). bahkan selama masih ada kehidupan manusia didunia pendidikan akan tetap berlangsung (Syaifullah. Hakikat Pendidikan Diartikan sebagai kupasan secara konseptual terhadap kenyataan-kenyataan kehidupan manusia baik disadari maupun tidak disadari. Maka dari sinilah konsep pendidikan dapat mengubah dunia .

Hakikat pendidikan Konsepsi pendidikan Pengertian pendidikan Ilmu pendidikan sebagai ilmu yang bersifat deskriptif- normatif Ilmu pendidikan sebagai ilmu yang bersifat teoritis dan praktis-pragmatis Pendidikan sebagai suatu sistem Unsur-unsur dan faktor faktor yang mempengaruhi pendidikan .

bahwa pendidikan adalah Suatu bimbingan yang diberikan oleh orang dewasa kepada anak yang belum dewasa untuk mencapai tujuan. .Konsep Dasar Pendidikan Langeverld seorang ahli pedagogik dan Negeri Belanda mengemukakan batasan pengertian pendidikan. yaitu kedewasaan.

dan yang terakhir adalah tujuan pendidikan. bahwa pendidikan itu merupakan suatu usaha yang disadari.Konsepsi Pendidikan Konsep Dasar Pendidikan Bimbingan dari batasa di atasa ada beberapa aspek yang berhubungan dengan usaha pendidikan. secara filosofis kita dapatmenghayati. orang dewasa sebagai pendidik. pendidikan tidak dilaksanakan dengan memaksakan kepada si anak sesuatu yang datangnya dari luar. harus kita pertimbangkan segala akibatnya dari perbuatan-perbuatan mendidik itu. Begitu juga sebaliknya tidak boleh dibiarkan begitu saja si anak berkembang dengan sendirinya . Dengan istilah bimbingan. Dengan menggunakan bimbingan itu pula. yaitu bimbingan sebagai suatu proses. bukan suatu perbuatam yang serampangan begitu saja. anak sebagai manusia yang belum dewasa.

sehingga tidak mungkin dilibatkan dalam proses pendidikan. Karena manusia memang dilengkapi dengan akal budinya. Tetapi perilaku mana yang dapat dijangkau oleh pendidikan. . Karena hewan pun adalah makhluk yang berperilaku.Konsepsi Pendidikan Pendidikan Hanya berlaku untuk manusia Hewan tidak dapat dididik dan tidak memungkinkan untuk dididik. Hanya manusialah yang dapat dididik dan mungkin menerima pendidikan. Pendidikan pada hakikatnya akan berusaha untuk mengubah perilaku.

Manusia pada hakikatnya dapat dididik dan dapat mendidik dirinya sendiri secara terus menerus sepanjang hayat. agar mendapatkan ilmu yang menuntunnya menjadi manusia yang terdidik . 2. 3. Dididik sejak lahir sampai akhir hayatnya. Konsepsi Pendidikan Manusia Perlu Dididik Ada beberapa asumsi yang memungkinkan manusia itu perlu mendapatkan pendidikan : 1. Manusia dilahirkan dalam keadaan tidak berdaya. Manusia pada hakikatnya adalah makhluk sosial 4. Manusia lahir tidak langsung dewasa.

Nilai nilai yang akan kita transformasikan tersebut. nilai pengetahuan . . bahkan kalua perlu mengubah kebudayaan yan dimiliki masyarakat. mengembangkan. dalam rangka mempertahankan. Maka di sini pendidikan akan berlangsung dalam kehidupan sepanjang hajat. dan teknologi serta nilai keterampilan. nilai nilai kebudayaan. Konsepsi Pendidikan Pendidikan sebvagai suatu proses transformasi nilai Nilai nilai yang akan ditransformasikan itu mencakup nilai-nilai religi.

Oleh Karena itu. . sekolah dan masyarakat. Pendidikan dimulai setelah anak lahir bahkan sebelum anak lahir. proses pendidikan dapat berlangsung dalam keluarga.Konsepsi Pendidikan Pendidikan berlangsung sepanjang hayat Pendidikan lebih luas daripada sekedar kegiatan menyekolahkan anak. dan akan berlangsung terus sampai manusia meninggal dunia. sepanjang ia mampu menerima pengaruh pengaruh.

Pengertian pendidikan adalah usaha sadar dan sistematis. yang dilakukan oleh orang orang yang diserahi tanggung jawab untuk mempengaruhi peserta didik agar mempunyai sifat dan tabiat sesuai dengan cita-cita pendidikan. kita melakukan suatu kegiatan atau tindakan. Kegiatan mendidik menunjukakan adanya yang mendidik di satu pihak dan yang dididik di lain pihak. Dengan kata lain. . mendidik adalah suatu kegiatan yang mengandung komunikasi antara dua orang manusia atau lebih. Kalau kita mendidik. Pengertian Pendidikan Mendidik dan pendidikan adalah dua hal yang saling berhubungan. Dari segi bahasa. mendidik adalah kata kerja sedangkan pendidikan adalah kata benda.

Nilai niali ini tidak diperoleh hanya dari praktik dan pengalaman mendidik. maka dapat kita tegaskan bahwa ilmu pendiidka adalah ilmu yang bersifat normatif . Ilmu pendidikan sebagai ilmu yang bersifat deskriptif-normatif Nilai yang dijunjung tinggi ini dijadikan norma untuk menentukan ciri ciri manusia yang ingin dicapai melalui praktik pendidikan. dan pandangan hidup. tetapi secara normatif bersumber dari norma masyarakat. norma filsafat. Sedangkan nilai itu sendiri merupakan ukuran yang normatif. bahkan juga dari keyakinan keagamaan yang dianut oleh seseorang Ilmu pendidikan diaraahkan kepada perbuatan yang bertujuan. Tujuan itu ditentukan oleh nilai yang dijunjung tinggi oleh seseorang.

Seorang mahaguru ilmu mendidik J. Sekaligus teori yang dikemukakan baik ilmu mendidik sistematis maupun historis kedua duanya membantu para pendidik agar berhati hati dalam praktik praktik pendidikan. walaupun teori itu belum disadari atau belum disistematiskan.Ilmu pendidikan sebagai sebagai ilmu yang bersifat teoritis dan praktis-pragmatis Dalam rangka membicarakan ilmu mendidik teoritis perlu diperhatikan sejarah pendidikan. Dapatlah disimpulkan bahwa ilmu mendidik sistematis mendahului ilmu mendidik historis. Akan tetapi ilmu mendidik historis memberikan bantuan dan memperkaya ilmu mendidik sistematis. apakah sumbangan sejarah pendidikan bagi teori pendidikan maupun praktik pendidikan. Para pendidik yang jenius itu sebenarnya juga menggunakan teorinya sendiri .” . Dengan mempelajari sejarah pendidikan itu terlihat telah tesusun pandangan pandangan teoritis yang dapat dipakai sebagai peringatan untuk menyusun teori pendidikan selanjutnya.M Gunning pernah berkata: “teori tanpa praktik adalah baik pada kaum cerdik cendekiawan dan praktik tanpa teori hanya terdapat pada orang orang gila dan para penjahat.

.Ilmu pendidikan sebagai sebagai ilmu yang bersifat teoritis dan praktis-pragmatis Akan tetapi pada kebanyakan pendidik diperlukan teori dan praktik berjalan bersama sama. maka apakah yang dipelajari dari teori teori ilmu mendidik mengenai suatu sistem pendidikan. Kalau pendapat ini kita setujui.

Dengan demikian tidak mungkin tujuan pendidika dapat tercapai bila hanya ditangani secara parsial. menyatakan bahwa : “sistem pendidikan nasional adalah keseluruhan komponen pendidikan yang saling terkait secara terpadu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional” Oleh Karena itu setiap komponen yang terdapat di dalam sistem pendidikan seluruhnya harus dapat berfungsi sesuai dengan porsinya. Pendidikan sebagai suatu sistem Sebagaimana dalam UU No. . 20 Tahun 2003. Dengan kata lain pendidika harus digarap secara sistemik yakni penanganannya harus memperhatikan seluruh komponen yang terkait.

Unsur unsur dan faktor yang mempengaruhi pendidikan Peserta didik Pendidik Tujuan Isi pendidikan Metode Lingkungan .

.Unsur unsur dan faktor yang mempengaruhi pendidikan Objek atau bahan mentah dalam proses transformasi pendidikan. keberadaan sistem pendidikan tidak akan berjalan. Tanpa Peserta didik adanya peserta didik.

. Tugas utama guru adalah mendidik para siswanya.Unsur unsur dan faktor yang mempengaruhi pendidikan Pendidik pada dasarnya dapat dibedakan menjadi dua. yaitu : Pendidik • Pendidik menurut kodrat (pendidik kodrati) yang dalam hal ini adalah orang tua • Pendidik menurut jabatan (pendidik profesi) yaitu guru. dengan demikian siswa belajar dari kehidupan yang telah ditanamkan oleh gurunya. Dalam konteks ini sosok guru sebagai representasi dari orang tua dalam mendidik anak disekolah.

Alat pendidikan preventif adalah alat pendidikan yang bersifat pencegahan . Tujuan alat alat pendidikan ini untuk menjada agar hal hal yang dapat menghambat atau mengganggu kelancaran dari proses pendidika dapat dihindarkan Termasuk berikut ini : • Tata tertib • Anjuran dan perintah • Larangan dan ancaman • Paksaan • Disiplin .Unsur unsur dan faktor yang mempengaruhi pendidikan Pendidik Seorang guru / pendidik juga harus mengenal alat pendidikan yang normatif yang dibedakan menjadi dua golongan : 1.

yang baik dan yang tertib. Alat pendidikan represif alat pendidikan represif disebut juga alat pendidikan kurasif atau alat pendidikan korektif (perbaikan). Termasuk sebagai beriku : • Pemberitahuan • Teguran • Peringatan • Hukuman (punishment) • Ganjaran / penghargaan (reward) . Alat pendidikan represif bertujuan untuk menyadarkan anak kembali kepada hal hal yang benar.Unsur unsur dan faktor yang mempengaruhi pendidikan Pendidik Seorang guru / pendidik juga harus mengenal alat pendidikan yang normatif yang dibedakan menjadi dua golongan : 2.

3. Tujuan sementara Disebut sebagai tujuan sementara. keagamaan. seperti : sesusilaan. dan lain lain. dan sebagainya dalam rangka mencapai tujuan sementara yang lebih tinggi dalam perkembangan anak lebih lanjut ialah belajar berkomunikasi dalam kehidupannya.Unsur unsur dan faktor yang mempengaruhi pendidikan Tujuan Setiap kegiatan pasti terdapat tujuan yang dicapai . Karena merupakan tempat pemberhentian sementara belajar berbicara. menurut Langeveld dalam bukunya Beknopte Theoretische Paedagogiek dibedakan adanay berbagai macam tujuan pendidiakn sebagai berikut: 1. kemasyarakatan. Tujuan umum tujuan umum ialah tujuan yang di dalam pendidikan yang seharusnya menjadi tujuan orang tua atau pendidik. keindahan. seksual. 2. Tujuan tidak sempurna / tidak lengkap yang dimaksud tujuan tidak lengkap adalah tujuan yang menyangkut segi segi tertentu. membaca dan menulis. .

Untuk itu ia mengikuti pengajian mengkaji membaca Al-quran. Namun Karena Al-quran itu berbahasa Arab.Unsur unsur dan faktor yang mempengaruhi pendidikan Tujuan Setiap kegiatan pasti terdapat tujuan yang dicapai . Tujuan incidental Tujuan ini hanya merupakan peristiwa peristiwa yang terlepas saat demi saat dalam proses menuju tujuan umum. Sebagai contoh dalam umat islam memiliki kitab suci Al-quran. . Setelah itu tujuan untuk tenang tidak diusahakan lagi. misalnya pada saat ayah menerima tamu anak anak yang terlalu ramai di dalam kamar diperintahkan agar tidak gaduh. ia mengalami kesulitan untuk memahaminya. menurut Langeveld dalam bukunya Beknopte Theoretische Paedagogiek dibedakan adanay berbagai macam tujuan pendidiakn sebagai berikut: 4. sehingga suasana menjadi tenang. 5. Karena tujuan agar ayah dapat berbicara dengan tamunya dengan suasana yang tenang sudah tercapai. Tujuan perantara tujuan ini dinamakan juga tujuan “intermediar”/ tujuan ini ditentutkan dalam rangka mencapai tujuan sementara.

Tujuan khusus tujuan ini adalah pengkhususan dari tujuan umum.Unsur unsur dan faktor yang mempengaruhi pendidikan Tujuan Setiap kegiatan pasti terdapat tujuan yang dicapai . maka diselenggarakan sekoalh SMKK(khusus putri) dan STM (khusu putra) . misalnya sehubungan dengan gender. menurut Langeveld dalam bukunya Beknopte Theoretische Paedagogiek dibedakan adanay berbagai macam tujuan pendidiakn sebagai berikut: 6.

. Materi sesuai dengan tujuan pendidikan sebagai mana telah dikemukakan sebelumnya. materi yang disampaikan oleh pendidik kepada peserta didik juga mengandung nilai normative. nilai formal. bahwa pendidikan senantiasa mengandung nilai normative. Salah satu patokan utama yang menentukan dalam penggunaan metode adalah tujuan yang akan dicapai. nilai etis dan nilai estetis. 2. Oleh karena itu. diperlukan patokan. nilai sosial. nilai praktis/ fungsional.Unsur unsur dan faktor yang mempengaruhi pendidikan Yang termasuk isi pendidikan ialah segala sesuatu yang oleh pendidik Isi pendidikan langsung diberikan kepada peserta didik dan diharapkan untuk dikuasai peserta didik dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Untuk menentukan baik tidaknya suatu metode. Materi sesuai dengan peserta didik metode pada dasarnya berfungsi sebagai alat untuk mencapai tujuan. Nilai nilai yang dimaksud adalah nilai material. Syarat pemilihan materi pelajaran sebagai berikut : 1.

dan sebagainya. Dalam kaitannya dengan pelaksanaan prosess pembelajaran selain patokan tujuan. Untuk menentukan baik tidaknya suatu metode.Unsur unsur dan faktor yang mempengaruhi pendidikan Yang termasuk isi pendidikan ialah segala sesuatu yang oleh pendidik Isi pendidikan langsung diberikan kepada peserta didik dan diharapkan untuk dikuasai peserta didik dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. penggunaan suatu metode banyak tergantung pada kemampuan guru yang bersangkutan. Materi sesuai dengan peserta didik metode pada dasarnya berfungsi sebagai alat untuk mencapai tujuan. diperlukanpula patokan lain yaitu peserta didik. situasi. diperlukan patokan. . kemampuan guru. Syarat pemilihan materi pelajaran sebagai berikut : 2. Oleh Karena itu. Salah satu patokan utama yang menentukan dalam penggunaan metode adalah tujuan yang akan dicapai.

dan lain lain) Sebagai salah satu unsur pendidikan. Pada hal hal tertentu . dan lain lain) dan lingkungan alam fisis (cuaca. pendidik. lingkungan fiisik (teknik. isi pendidikan. Situasi lingkungan yang dimaksud meliputi : Lingkungan sosial budaya. gedung. Di samping itu juga dapat menjadi sumber belajar yang direncanakan ataupun sebagai sumber belajar yang dimanfaatkan oleh pendidik. tujuan.Unsur unsur dan faktor yang mempengaruhi pendidikan Situasi lingkungan pada dasarnya juga dapat mempengaruhi proses hasil Lingkungan pendidikan. situasi lingkungan secara potensial dapat menunjuang atau menghambat usaha pendidikan. dan metode saling berhubungan dan mempengaruhi dalam pelaksanaan proses pendidikan. seperti : peserta didik. bangunan. musim. Yang jelas antara situasi lingkungan dan unsur unsur lainnya. . maka situasi lingkungan tersebut menjadi pembatas pendidikan. yaitu situasi lingkungan tertentu dapat berpengaruh negative terhadap pendidikan.

Terima kasih Sesi Pertanyaan .