You are on page 1of 19

PENYULUHAN ASCARIASIS

OLEH
DOKTER INTERNSHIP
PUSKESMAS AIR TIRIS

 Ascaris lumbricoides adalah cacing bulat yang besar dan hidup dalam usus halus manusia. Apa itu penyakit Ascariasis???  Penyakit yang disebabkan oleh infeksi cacing Ascaris lumbricoides atau cacing gelang. .

Siapa saja yang dapat terkena???  Penderita infeksi terbesar biasanya anak-anak yang berusia 3-8 tahun.  Seseorang yang tidak menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitarnya .  Sering ditemukan pada daerah beriklim panas dan lembab dengan tingkat kebersihan yang buruk.

.

atau memegang makanan tanpa dicuci. Bagaimana seseorang dapat terkena???  Biasanya anak kecil yang main tanah yang sudah terkontaminasi lalu memasukan tangan kedalam mulutnya.  Tanah yang terkontaminasi telur cacing dapat terbawa jauh karena menempel pada kaki atau alas kaki masuk ke dalam rumah.  Bisa juga telur itu masuk lewat tanaman yang ditanam ditanah yang sudah terkontaminasi. .

Cacing gelang biasa hidup di tubuh manusia pada:  Usus  Paru – paru  aliran darah  tenggorokan .

Perjalanan Ascariasis .

Pada infeksi berat Terutama pada anak :  Gangguan pencernaan  Gizi buruk  Penurunan kesadaran .

.

.

Apa saja tanda-tandanya ??  Batuk  Demam  Mual  Nafsu makan berkurang  Diare  Susah BAB  Gangguan usus .

Efek yang serius cacing menggumpal dalam usus Kerusakan usus /ILEUS ( usus buntu ) Dilakukan operasi .

.

dosis tunggal Mebendazol 500 mg atau Albendazol 400 mg .10 mg/kgBB. Bagaimana mengobatinya ?? Pengobatan Perorangan Secara massal Bersyarat Piperasin.pirantel pamoat.

sebaiknya di rebus atau di cuci terlebih dahulu  Minum air yang sudah di masak hingga mendidih  Menjaga kebersihan diri. Bagaimana cara mencegahnya ??  Tidak makan makanan mentah.  Selalu menggunakan alas kaki jika diluar rumah  Minum obat cacing(6 bulan sekali) . biasakan cuci tangan  Buang air kecil & besar tidak pada sembarang tempat (Pemakaian jamban keluarga)  Tidak jajan makanan sembarangan.

.

.

.

Terima kasih atas perhatian anda .