You are on page 1of 15

KENAKALAN

REMAJA
MASA KINI
PROMOSI KESEHATAN PUSKESMAS ARIODILLAH, 2016

Apakah Saat ini Kamu Termasuk “REMAJA” ??? .

Remaja adalah mereka yang berusia 13-18 Tahun SM A SM P .

emosional sosial dan fisik (Hurlock.  18 – 21 tahun = masa remaja akhir. 1992). Sekilas tentang Remaja •Remaja berasal dari kata latin adolensence yang berarti tumbuh atau tumbuh menjadi dewasa yang mencakup kematangan mental. . • Batasan Remaja : Antara 12 hingga 21 tahun  12 – 15 tahun = masa remaja awal.  15 – 18 tahun = masa remaja pertengahan.

Memiliki citra (gambaran. peranan) terhadap dirinya. Dalam mencari teman sebaya lebih selektif. keadaan. . Memiliki kemampuan berpikir khayal atau abstrak.KAMU TERMASUK MASA REMAJA YANG MANA ? Masa remaja akhir (16-19 tahun) Menampakkan pengungkapan kebebasan diri. Dapat mewujudkan perasaan cinta.

Kenal dengan istilah “ Kenakalan Remaja “ ?? .

PERNAH MELAKUKAN ??? .

2011). dan khayalan FAKTOR  Ketidakstabilan emosi INTERNAL  Agresif secara berlebihan dan sikap yang terlalu yakin atas KRISIS IDENTITAS dirinya. sehingga susah KONTROL DIRI YANG menerima nasihat orang tua LEMAH  Kegelisahan karena banyak yang diinginkan tetapi belum mampu dipenuhi semuanya . TERJADINYA  Senang bereksperimen dan bereksplorasi KENAKALAN  Mempunyai banyak fantasi REMAJA 1.KENAKALAN REMAJA : Semua perilaku yang menyimpang dari norma-norma hukum pidana yang dilakukan oleh remaja. Perilaku tersebut akan merugikan dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya 2 FAKTOR (Hariyanto.

FAKTOR TERJADINYA EKSTERNAL KENAKALAN  KELUARGA REMAJA  TEMAN SEBAYA YANG KURANG BAIK  Kurangnya perhatian. 2 FAKTOR 2. pendidikan dan  LINGKUNGAN pengawasan orang tua  Kurangnya pengawasan dan kegiatan konseling dari Guru sekolah  Pergaulan dengan Teman dan Lingkungan yang kurang baik  Pengaruh Media Sosial dan Teknologi .

Bagaimana Seharusnya KITA Pengenalan Diri ?? Sendiri Ketahui Kelebihan Salurkan Melalui dan Kekurangan Kegiatan Positif .

Memilih Teman yang Pergaulan nya BAIK Mengikuti Kegiatan Positif .

kita tidak boleh emosi dan melampiaskan dengan kegiatan negatif. Harus menyelesaikan masalah dengan komunikasi. Harus sabar dengan cara menenangkan diri.Bersikap Terbuka Jika memiliki masalah. . bukan amarah/emosi.

.

Meningkatkan Keimanan .

TERIMAKA SIH .