Alat Peraga Sudut Pusat dan Sudut

Keliling Lingkaran

Amma Hidayant
Denta Prabowo
Intan Permatasari
M. Farhan Pranata
Rindi Ifayat

Jurusan Pendidikan Matematka
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
2015

Alat dan Bahan Alat • Obeng Bahan • Papan kayu • 2 Penggaris lingkaran .

Siapkan alat dan bahan 2. Kertas yang nilainya sudaj sama dengan sudut pusat lingkaran dicocokan dengan sudut pusat yang telah terbentuk. Karet dikaitkan pada paku yang terletak pada papan kayu lingkaran sehingga karet membentuk sudut pusat lingkaran 3. Cara Pembuatan 1. . Kertas yang telah dilipat tersebut dicocokkan dengan sudut lingkaran yang terbentuk pada kayu. Karet yang kedua dikaitkan pada paku yang terletas pada papan kayu sehingga membentuk sudut pusat lingkaran yang terbentuk pada langkah kedua 4. kemudian kertas tersebut dilipat sehingga ukuran sudutnya menjadi setengah dari ukuran sudut awal 5.

Ambil dan hitung besar sudut yang terbentuk oleh kedua sepasang jarum pada sudut pusat dan sudut keliling lingkaran 4. Cermatlah hubungan besar sudut keduanya . Posisikan ketga ttk yang berada pada lintasan lingkaran sesuai dengan keperluan 2. Cara Penggunaan 1. Ulangi kegiatan 1-3 sebanyak dua sampai tga kali 5. Titk O adalah sudut pusat dan ttk P adalah sudut keliling lingkaran 3.

Hasil Dari percobaan alat peraga tersebut. yaitu: Besar Sudut Pusat Lingkaran = 2 x Besar Sudut Keliling Lingkaran . kami memperoleh hasil sebagai berikut Besar Sudut Pusat 60 90 120 Besar Sudut Keliling 30 45 60 Dapat disimpulkan bahwa sudut pusat dan sudut keliling lingkaran mempunyai keterkaitan.