PENYULUHAN KESEHATAN

BAGI CALON JAMAAH HAJI
Dayat Burhanuddin, MD

batuk dan sesak nafas. biasanya pasien memiliki penyakit ko-morbid. . MERS adalah penyakit yang disebabkan oleh Corona virus yang disebut Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS- Cov)  MERS-CoV adalah penyakit sindrom pernapasan yang disebabkan oleh virus Corona yang menyerang saluran pernapasan mulai dari yg ringan sampai berat. bersifat akut. Gejalanya adalah demam.

 Disebut sebagai flu Arab. sejak April sampai dengan Juni 2013. jumlah infeksi MERS-Cov di dunia tercatat sebanyak 64 kasus dengan 38 kematian .  Pada kurun waktu tiga bulan. Insiden MERS pertama kali dilaporkan pada tahun 2012 di Arab Saudi.

.

.

• 3. Lindungi diri Anda dari virus penyakit yang hampir sama dengan influenza. Sebaiknya Anda tunda lebih dulu untuk bepergian jika merasakan gejala influenza. Segera demam. Cara agar terhindar dari virus Corona MERS: • 1. batuk. Agar lebih aman. dan kesulitan bernapas. PHBS • 2. tutup mulut dan hidung dengan tangan/masker . Usahakan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun antiseptik. Lindungi diri dari penularan • 4.

. Selain itu. belum ditemukan juga metode pengobatan yang secara spesifik bisa menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh MERS-Cov. Belum ada vaksin spesifik yang dapat mencegah infeksi MERS-Cov hingga kini.

 Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh  Membawa dan selalu memakai Masker terutama di tempat ramai  Senantiasa mencuci tangan dengan sabun antiseptik  Etika Batuk  Mencuci buah dengan bersih sebelum memakan  Menghindari kontak dengan binatang yang dicurigai bisa menularkan virus ini .

.

TERIMA KASIH .