Ultrasonik Non

Destructive Testing
(NDT)

Perlu diingat coy!!!!!!
1. Initial Pulse adalah signal pulsa yang selalu muncul pada saat awal tampilan
pengukuran yang terbaca dilayar monitor.
2. Defect Pulse adalah signal pulsa yang muncul sebagai indikasi adanya cacat pada
bahan uji.
3. Backwall Pulse adalah signal pulsa yang menyatakan ketebalan bahan uji.
4. Noise Pulse adalah kumpulan pulsa-pulsa noise yang muncul pada bahan uji.

5. Suara di atas 20 kHz disebut ultrasonik

Ultrasonik Non Destructive Testing (NDT) salah satu teknik pengujian material tanpa merusak benda uji melalui pantulan gelombang ultrasonik. .

.peralatan penunjang utama yang digunakan adalah probe ultrasonik tipe pulse- echo single probe 4MHz.

Propertis dari material .Posisi dan ukuran cacat .Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi propagasi sinyal ultrasonik didalam material.Jarak inspeksi yang dilalui . Menurut teori propagasi akustik faktor utama yang mempengaruhi parameter pemantulan (backscatter) sinyal ultrasonik antara lain : .Frekuensi dan bandwidth sinyal ultrasonik .

Kelebihan ultrasonik testing Kekurangan ultrasonik testing Kedalaman penetrasi untuk mendeteksi defect Permukaan harus dapat dijangkau oleh probe sangat baik diatas seluruh metode NDT dan couplant Hanya membutuhkan 1 sisi benda uji Skill dan training yang dibutuhkan lebih tinggi dari metode lain Menampilkan informasi jarak pada layar CRT Finishing dan kekasaran pada permukaan mempengaruhi hasil inspeksi Preparasi benda uji yang sederhana Sulit menginspeksi benda yang tipis Memiliki sensitivitas tinggi Membutuhkan standar referensi Dapat digunakan selain untuk mendeteksi flaw - .

.

Propagasi Gelombang Ultrasonik .

.

.

.

.

.

Cacat material pada penelitian ini sengaja dimodelkan dalam lekukan sederhana yang beraturan untuk memudahkan proses analisis data. Kesuksesan rekonstruksi pada cacat material beraturan pada penelitian ini.KESIMPULAN DAN SARAN Berdasarkan pada analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa NDT dengan metode CWT mampu merekonstruksi cacat material dengan sempurna. . akan digunakan sebagai dasar rekonstruksi cacat material yang tidak beraturan pada penelitian selanjutnya.

maka Jarak / tebal reflektor segera dapat ditentukan dengan rumus: d = S/2 = c t / 2 s = sound path [mm] c = sound velocity [km/s] t = time of flight [m s) . Dengan terukurnya waktu tempuh gelombang.