You are on page 1of 40

LOGO

SEKSI KESEHATAN KHUSUS

H. TEDY SETYADI, SKM
INA KARTIKASARI, SKM
ETI ROHAYATI, S.Kep
ISTI DWI YANTI, SKM
DADAN RAMDANI, M.KKK

KEDUDUKAN SEKSI KESEHATAN KHUSUS DI DINAS KESEHATAN

TUPOKSI SIE KESUS
1. melaksanakan penyusunan program kerja Seksi Kesehatan Khusus;
2. mempelajari dan memahami peraturan perundang-undangan dan ketentuan
lainnya yang diperlukan untuk menunjang pelaksanaan tugas;
3. melaksanakan pengumpulan dan pengolahan data hasil inventarisasi dan
identifikasi kegiatan kesehatan gigi, mata, laboratorium dan upaya kesehatan
khusus lainnya;
4. melaksanakan penyiapan bahan petunjuk teknis pembinaan pelayanan
kegiatan kesehatan gigi, mata, laboratorium dan upaya kesehatan khusus
lainnya;
5. melaksanakan penyiapan bahan petunjuk teknis pemberdayaan dan
pengembangan serta pelayanan kesehatan swasta / khusus;
6. melaksanakan pemberdayaan pelayanan kesehatan swasta / khusus;

TUPOKSI SIE KESUS
7. melaksanakan upaya pembinaan dan pelayanan kesehatan / pemeriksaan
kesehatan calon jemaah haji Indonesia;
8. melaksanakan penyiapan bahan rekomendasi, pembinaan dan pengawasan
upaya kesehatan khusus swasta;
9. menganalisa permasalahan yang berhubungan dengan tugas Seksi Kesehatan
Khusus dan mencarikan alternatif pemecahannya;
10. melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan yang berkaitan dengan
Seksi Kesehatan Khusus
11. melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait; dan
12. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan perintah

Program Kesehatan Olahraga 5. Program Kesehatan Indera 2. PROGRAM KEGIATAN 1. Program Kesehatan Jiwa 6. Program Kesehatan Laboratorium 3. Program Perkesmas 7. Program Kesehatan Matra . Program Kesehatan Gigi dan Mulut 4. Program Kesehatan kerja 8.

Pembinaan Pengelola Program Kesehatan Indera Puskesmas 2. Operasi Katarak 4. Melaksanakan pencatatan dan pelaporan kegiatan Kesehatan mata dan telinga 9. Merencanakan kegiatan pelayanan kesehatan mata dan telinga di Puskesmas 8. Pertemuan evaluasi program kesehatan indera 6. Melakukan koordinasi dan integrasi pelayanan kesehatan mata dalam penanganan kesehatan mata dan telinga. Sosialisasi teknik pemeriksaan indera bagi dokter dan perawat puskesmas 5. Pemeriksaan indera pendengaran bagi murid kelas 1 7. PROGRAM KESEHATAN INDERA 1. Pemeriksaan refraksi bagi murid kelas 5 – 9 3. .

Pembinaan Program lab ke Puskesmas 2. Pertemuan Evaluasi Pengelola Lab . Sosialisasi dan pembinaan teknis pemeriksaan lab bagi analis Puskesmas 3. PROGRAM KESEHATAN LAB 1.

Pertemuan Evaluasi Program Kesehatan Gigi 5.PROGRAM KESEHATAN GIGI DAN MULUT 1. Laporan Bulanan . Monitoring dan Evaluasi Keperawatan Gigi dan Mulut 4. Sosialisasi Asuhan Keperawatan Gigi dan Mulut 3. Operasi Bibir Sumbing dan Celah Langit 2.

Tes Kebugaran Anak Sekolah 6. Test Kebugaran Pegawai 4. Test Kebugaran Calon Jemaah Haji 5. Lap Bulanan  Merencanakan kegiatan kesehatan Olah raga  Melaksanakan pendataan dan pembinaan sarana olah raga termasuk sanggar senam  Melaksanakan koordinasi LS/LP terhadap guru olah raga di sekolah dalam rangka meningkatkan sehat bugar terhadap anak sekolah  Melaksanakan pelayanan melalui upaya pendekatan promotif. Pembinaan klub Olahraga (Penyuluhan dan Pemeriksaan kesehatan) 3. PROGRAM KESEHATAN OLAH RAGA 1.kuratif dan rehabilitatif .preventif. Pendataan Klub Olahraga dan Sarana Olahraga 2.

 Melakukan koordinasi dan integrasi pelayanan kesehatan jiwa dalam penanganan kesehatan jiwa. PROGRAM KESEHATAN JIWA  Merencanakan kegiatan pelayanan kesehatan jiwa  Melaksanakan pencatatan dan pelaporan kegiatan Keswa. .  Melakukan case finding dan konseling penderita jiwa  Melakukan pelayanan kesehatan gangguan jiwa di dalam gedung dan di luar gedung  Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai bidang tugasnya.

 Membantu masyarakat untuk mengatasi masalah kesehatan. pencatatan kegitan dan pelaporan Perkesmas.  Melaksanakan kegiatan pengiriman pasien yang mengalami masalah kesehatan ke unit pelayanan pengobatan (Puskesmas dll). . institusi maupun masyarakat.  Melaksanakan kegiatan perkesmas di dalam maupun di luar geduang bersama petugas paramedis yang lain. PROGRAM PERKESMAS  Mengkoordinir pelaksanaan kegiatan Asuhan Keperawatn dalam gedung dan luar gedung.  Membuat perenacanaan. kelompok.  Melaksanakan Penyuluhan Kesehatan. keluarga.  Membantu pelaksanaan kegiatan Posyandu Balita dan Lansia. baik untuk sasaran individu.  Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai bidang tugasnya. bekerjasama dengan lintas programdan lintas sektoral.  Melaksanakan kegiatan skrining Kesehatan Keluarga.

Identifikasi Faktor Risiko Kerja di Puskesmas. Pembentukan Pos UKK 4. Industri Formal dan Informal 3. PROGRAM KESEHATAN KERJA 1. Pemeriksaan Hb pada pekerja wanita (rencana) 5. Industri formal dan Informal 2. Pembinaan Program Kesehatan Kerja ke Puskesmas. Laporan Bulanan . Pemeriksaan penurunan pendengaran pada pekerja dengan kebisingan (rencana) 6. Pos UKK.

PROGRAM KESEHATAN MATRA  Merencanakan kegiatan kesehatan Matra  Melakukan pendataan peta wilayah potensi bencana alam  Berkoordinasi LS/LP dalam penanganan dan pelayanan bencana alam ( bila terjadi bencana alam)  Melakukan pemeriksaan dan pelayanan kesehatan calon jemaah haji  Melaksanakan pembinaan calon jemaah haji  Membuat pencatatan dan pelaporan kegiatan Siaga Kesehatan Hari-hari Besar dan Acara Penting (Siaga Kesehatan Idul Fitri. dll) . Gerak jalan. Siaga P3K Upacara 17 Agustus dan hari besar lainnya. Acara Pelantikan Walikota. event olahraga. Natal dan Tahun baru.

urine. Membuat SOP setiap alat maupun cara kerja 7. dan dahak 3. Memasukkan data ke buku register pasien pemeriksaan dan rujukan 5. Pengambilan sampel darah. Melaksanakan kalibrasi alat 8. Pemeriksaan sediaan darah. dan dahak 2. TUPOKSI FUNGSIONAL ANALIS 1. Pengolahan hasil pemeriksaan laboratorium 4. Melaksanakan tugas lain yang berhubungan dengan tupoksi analis kesehatan baik dalam maupun luar gedung . urine. Mengeluarkan hasil pemeriksaan yang diketahui oleh dokter fungsional puskesmas 6.

Penyuluhan Kesehatan masyarakat. .  Melaksanakan kegiatan di luar gedung.  Membantu pelaksanaan kegiatanPosyandu Balita dan Posyandu Lansia.  Membantu Kepala Puskesmas dalam membuat perencanaan kegiatan.jiwa dan tumbuh kembang anak balita.UKS.  Membantu Dokter dalam pelayanan pengobatan pasien baik di Puskesmas Induk maupun di pos-pos Puskesling.  Membantu Pelaksanaan pelacakan kelainan mata.  Melaksanakan kegiatan pelayanan MTBS di Puskesmas.  Menjaga kebersihan dan penataan ruang BP /IGD/Poli MTBS.  Melaksnakan tugas kedinasan lain diberikan oleh pimpinan sesuai bidang tugasnya.  Membantu Kepala Puskesmas dalam membuat laporan kegiatan.  Membantu kegiatan lintas program antara lain dalam kegiatan pemberantasan penyakit. TUPOKSI FUNGSIONAL PERAWAT  Melaksanakan tugas Asuhan Keperawatan didalam gedung maupun diluar gedung.

Kegiatan Penyembuhan Penyakit Gigi 4. Kegiatan Mendiagnosa Penyakit Gigi 5. Melakukan Penelitian . Upaya Peningkatan Kesehatan Gigi dan Mulut 2. Upaya Pencegahan Penyakit Gigi 3. TUPOKSI FUNGSIONAL PERAWAT GIGI 1. Melakukan Higiene Kesehatan Gigi 7. Kegiatan managerial 6.

Pelaksanaan Operasi Katarak .

.

.

.

Kegiatan Refraksi Mata .

Survey Karies Gigi anak Sekolah .

Case Finding Jiwa Anak Remaja .

Pembinaan ke Yayasan Mentari Hati (Kesehatan Jiwa) .

Siaga P3K Idul Fitri Kerjasama Lintas Sektor .

.

Pembinaan Kesehatan dalam Manasik Haji .

Sosialisasi Pemeriksaan Kesehatan Ke Jamaah haji .

Pembinaan Ke Laboratorium dan Sarana Radiologi .

Vaksinasi Calon Jemaah Haji .

Pengantaran Jemaah Haji ke Embarkasi .

Tes Kebugaran Jemaah Haji .

.

Test Kebugaran Pegawai .

Pertemuan Pengelola Program Kes. Olahraga .

Sosialisasi Kesehatan Jiwa ke kader .

Sosialisasi Kesehatan Jiwa Bagi Dokter & Perawat Puskesmas .

Pertemuan Evaluasi Gigi dan Mulut .

Evaluasi Program Kesehatan Kerja .

TERIMA KASIH…!!! .