You are on page 1of 15

NAMA : LUCSY FITRIANI.

S
NPM :61111015

2.1. Arteri Pulmonalis yang berasal dari ventrikel kanan mengalirkan darah vena campuran ke paru-paru dimana darah tersebut mengambil bagian dalam pertukaran gas .Arteria Bronkialis berasal dari Aorta torakalis dan berjalan sepanjang dinding posterior bronkus.

Letak ruang ventrikel kanan paling depan di dalam rongga dada yaitu tepat di bawah manubrium sterni. Berbentuk bulan sabit/setengah bulatan dan tebal 4-5 mm yang disebabkan oleh ventrikel kiri yang lebih besar. .

toraks atau sirkulasi paru. .Cor pulmonale kronik adalah pembesaran ventrikel kanan sekunder terhadap penyakit paru.

. Obstruksi saluran nafas atas pada anak .fibrosis paru ditandai kerusakan jaringan perut dan terluka dijaringan parut paru .hambatan pada aliran pembuluh darah. penimbuaan cairan .Pengeluara udara dari paru 4. Penyakit paru menahun dengan hipoksia .Penyakit neuro muskuler ditandai dengan sistem saraf 3.Pemasukan udara ke paru-paru .peningkatan ukuran jaringan membengkak/membesar dan kelenjar jaringan getah bening atau pembengkakan 5. berurat.kelainan tulang belakang.Penyebab penyakit cor pulmonale kronik antara lain : 1.penyakit pibrokistik ditandai menonjol. dan peradangan pada pembuluh darah.penyakit yang ditandai dengan hambatan aliran udara disaluran nafas . penyempitan dinding dada. kental. Gangguan mekanisme kontrol pernafasan . Kelainan dinding dada . 2. Kelainan primer pembuluh darah .

Prevanlensi kejadian kor pulmonal kronik di indonesia diperkirakan sebanyak 6-7%. . Diperkirakan 50.000 kematiaan yang diperkirakan terjadi setiap tahun cor pulmonal kronik paru.

Awalnya sebelum timbul cor pulmonale kronik biasanya terjadi peningkatan resistensi vaskular paru-paru dan hipertensi pulmonar. Hipertensi pulmonar pada akhirnya meningkatkan beban kerja dari ventrikel kanan. sehingga mengakibatkan hipertrofi dan kemudian gagal jantung. .

Batuk kronik yang produktif. Mudah fatig kelemahan . Sesak nafas waktu beraktifitas. 2. Nafas yang berbunyi 4.1. 3.

Ekokardiografi ventrikel kanan membesar. . Kateterisasi jantung menandakan bahwa hipertensi pulmonal berasal dari prekapiler dan bukan berasal dari jantung kiri. struktur dan dimensi ventrikel kiri normal. Rontgen thorak disertai pembesaran ventrikel kanan. atrium kanan yang menonjol.1. 2. 3.

.Diagnosis cor pulmonale kronik biasanya menunjukkan adanya gangguan respirasi yang dihubungkan dengan hipertensi pulmonal dan adanya gangguan pada ventrikel kanan.

Hipertensi vena pulmonal yang biasanya diderita penderita stenosis katup mitral.Gambaran foto toraks berupa pembesaran atrium kiri.1. pembesaran ventrikel kanan. 2. dapat dibedakan dengan test fungsi paru dan analisa gas darah . 4. pada paru-paru terlihat tanda-tanda bendungan vena.

Berhenti merokok. Antibiotik membantu meredakan obstruksi aliran udara pada pasien PPOM. 5. Terapi anti koangulansia jangka panjang 6. 3. Pemberian oksigen rendah dengan hati-hati.Penanganan cor pulmonale kronik yaitu 1. 2. Pembatasan cairan yang masuk dan diuretik. olah raga bertahap dan teratur. Pemakaian O2 dapat menurunkan hipertensi pulmoner. 4. .

. kurangnya oksigen.Komplikasi pada cor pulmonal kronik ialah hilangnya kesadaran secara mendadak. dan kematian.

. Biasanya penderita hanya hidup 2- 3 tahun sejak timbulnya gejala.Obstruksi vaskuler paru kronis dengan hipertrofi ventrikel kanan mempunyai prognosis buruk.

TERIMA KASIH .