You are on page 1of 15

Dr.

Anom Suardika, SpOG

Definisi :  Plasenta manual merupakan tindakan operasi kebidanan untuk melepas plasenta secara manual (menggunakan tangan) dari tempat implantasinya dan kemudian melahirkannya keluar dari kavum uteri  plasenta manual dilakukan bila plasenta tidak lahir setelah 30 menit bayi lahir disertai manajemen aktif kala III .

ATAU KETAMIN) . KAJI ULANG INDIKASI  PERSETUJUAN TINDAKAN MEDIS  KAJI ULANG PRINSIP DASAR PERAWATAN DAN PASANG INFUS  BERIKAN SEDATIVA DAN ANALGETIKA (MISALNYA PETIDIN.DIAZEPAM.

IV. ○ Atau SEFASOLIN 1 g + METRONIDAZOL 500 mg IV. + METRONIDAZOL 500 mg IV. BERI ANTIBIOTIKA DOSIS TUNGGAL (PROPILAKSIS) ○ AMPISILIN 2 g.  PASANG SARUNG TANGAN DTT .

Langkah Kerja:  jepit tali pusat dengan kokher dan tegangkan sejajar lantai  masukkan tangan secara obstetrik dengan menelusuri bagian bawah tali pusat .

PLASENTA TALI PUSAT OBSTETRIC HAND .

TANGAN YANG SATU MENAHAN FUNDUS UTERI. . TANGAN SEBELAH MENELUSURI TALI PUSAT MASUK KAVUM UTERI.

JARI-JARI DIRAPATKAN.  BUKA TANGAN OBSTETRIK SEPERTI MEMBERI SALAM.  TENTUKAN IMPLANTASI PLASENTA. SHG SEMUA PERMUKAAN MATERNAL PLASENTA DPT DILEPASKAN. DENGAN BAGIAN LATERAL JARI-JARI TANGAN DICARI INSERSI PINGGIR PLASENTA. TEMUKAN TEPI PLASENTA YANG PALING BAWAH.  GERAKKAN TANGAN KANAN KE KANAN DAN KE KIRI SAMBIL BERGESER KE KRANIAL. .

SIAPKAN LAPAROTOMI. KEMUNGKINAN PLASENTA AKRETA. . JIKA PLASENTA TDK DAPAT DILEPASKAN DARI PERMUKAAN UTERUS.

 PEGANG PLASENTA DAN KELUARKAN TANGAN BERSAMA PLASENTA  PINDAHKAN TANGAN LUAR KE SUPRASIMPISIS UNTUK MENAHAN UTERUS SAAT PLASENTA DIKELUARKAN  EKSPLORASI UNTUK MEMASTIKAN TIDAK ADA BAGIAN PLASENTA YANG MELEKAT DENGAN DINDING UTERUS .

.

ATAU PROSTAGLANDIN  PERIKSA APAKAH PLASENTA SUDAH LENGKAP ATAU TIDAK. BERI ERGOMETRIN 0. BERIKAN OKSITOSIN 10 IU DALAM 500 CC CAIRAN INFUS ( NaCl 0.2 mg IM. JIKA TIDAK LENGKAP. LAKUKAN EKSPLORASI KE DALAM KAVUM UTERI . 60 TETES PERMENIT DAN MASASE UTERUS UNTUK MERANGSANG KONTRAKSI  JIKA MASIH BERDARAH BANYAK.9% ATAU RL).

.  UPAYAKAN MENGELUARKAN SECARA DIGITAL. DENGAN TANG ABORTUS. MAKA PLASENTA MANUAL SULIT DILAKUKAN.MASALAH  BILA PLASENTA TERJEPIT OLEH UTERUS AKIBAT KALA III TERLALU LAMA. ATAU DENGAN SENDOK KURET YANG LEBAR.

TENSI. SETIAP 30 MENIT. . BERIKAN TRANSFUSI BILA PERLU. NAFAS.PASCA TINDAKAN  PANTAU KESADARAN. SELAMA 6 JAM  TENTUKAN TINGGI FUNDUS UTERI DAN PASTIKAN KONTRAKSI TETAP BAIK  TERUSKAN INFUS. NADI.

TERIMAKASIH .