You are on page 1of 57

PENCEGAHAN

PENYAKIT
MENULAR

GANIAH UTAMI

APA ITU
PENYAKIT
MENULAR ?
PENYAKIT YANG DAPAT
DITULARKAN PENDERITA
KE ORANG SEHAT SECARA
LANGSUNG BAIK MELALUI
KULIT, SALURAN NAPAS,
SALURAN PENCERNAAN,
DAN KONTAK LANGSUNG
DENGAN CAIRAN TUBUH.

Penyakit kulit
a. KUDIS (SKABIES)

PENYAKIT YANG DISEBABKAN
OLEH KUTU YANG MENYEBABKAN
BINTIK-BINTIK KEMERAHAN ATAU
BERISI CAIRAN TERDAPAT PADA
LIPATAN JARI, SIKU, KETIAK,
PERUT, BOKONG.

Bagaimana
gejalanya ???
GATAL TERUTAMA MALAM
HARI
GATAL TERUTAMA TERDAPAT
PADA LIPATAN JARI, SIKU,
KETIAK, PERUT, BOKONG.

Tindakan yang dilakukan
….
1. DIRUJUK KE PUSKESMAS
2. PENDERITA MANDI DENGAN BERSIH DAN
DIKERINGKAN
3. PAKAIAN DIREBUS, DICUCI, DAN DIJEMUR
DIPANAS MATAHARI
4. PERANGKAT TIDUR HARUS DIBERSIHKAN
DAN DIJEMUR
5. JIKA ADA KELUARGA YANG MENDERITA
HARUS SEGERA KE PUSKESMAS

MANDI MENGGUNAKAN SABUN SETIAP HARI b. HINDARI KONTAK LANGSUNG DENGAN PENDERITA c.Bagaimana pencegahan ???? a. HINDARI MENGGUNAKAN BAJU DAN HANDUK PENDERITA .

BERSISIK  TERSEBAR DISELURUH TUBUH  DAN KADANG GATAL .Penyakit kulit yang disebabkan jamur GEJALA :  BERCAK-BERCAK PUTIH PADA KULIT.

MENJAGA KEBERSIHAN BADAN (MANDI MENGGUNAKAN AIR BERSIH DAN SABUN SETIAP HARI) 2.pencegahan 1. HINDARI KONTAK LANGSUNG SEPERTI JANGAN MENGGUNAKAN BARANG ATAU PAKAIAN YANG DIGUNAKKAN PENDERITA .

Tindakan BEROBAT KE PUSKESMAS .

Cacar air (varisela) APA ITU CACAR AIR ? PENYAKIT INFEKSI YANG SANGAT MENULAR DISEBABKAN OLEH VIRUS VARISELA .

TIMBUL BINTIK-BINTI KECIL PADA KULIT.SAKIT KEPALA . KEMERAHAN .DEMAM DAN LEMAH BADAN . gejala . TERASA GATAL DAN BERISI CAIRAN JERNIH .

Tindakan dan pencegahan .PENDERITA DIANJURKAN BERISTIRAHAT .DIBAWA KEPUSKESMAS .HINDARI KONTAK LANGSUNG DENGAN PENDERITA .MAKAN-MAKANAN YANG BERGIZI TINGGI .TIDK BOLEH MASUK SEKOLAH .

DAN OTAK . TULANG. Tuberkulosis (tbc) APA ITU TBC ? PENYAKIT MENULAR YANG DISEBABKAN OLEH BAKTERI MYCOBACTERIUM TUBERCULOSIS. KELENJAR LIMFE. KUMAN TERSEBUT MENYERANG TUBUH KITA DIBAGIAN : PARU-PARU. SENDI. USUS.

NYERI DADA DAN SESAK NAPAS 5. PERNAH BERDAHAK BERCAMPUR DARAH 4. DEMAM DAN MERIANG 1 BULAN LEBIH 3. NAFSU DAN BERAT BADAN MENURUN . KELUAR KERINGAT DIMALAM HARI TANPA KEGIATAN 6. BATUK BERDAHAK LEBIH DARI 3 MINGGU 2. gejala 1.

PENCEGAHAN  TUTUP MULUT PADA SAAT BATUK  TIDAK BUANG DAHAK SEMBARANGAN  MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA TEMAN-TEMAN  MAKAN-MAKANAN BERGIZI  IMUNISASI BCG .

TINDAKAN  PERIKSAKAN KE PUSKESMAS BILA BATUK BERDARAH LEBIH DARI 3 MINGGU  DIBERI PENYULUHAN  MINUM OBAT TERATUR SELAMA 6 BULAN HINGGA TUNTAS  TUTUP MULUT SAAT BATUK DAN BERSIN  JANGAN BUANG DAHAK SEMBARANG TEMPAT .

RONGGA TELINGA TENGAH.Infeksi saluran pernapasan akut (ispa) APA ITU ISPA ?? ISPA ADALAH INFEKSI AKUT YANG MENYERANG SALAH SATU BAGIAN ATAU LEBIH DARI SALURAN NAPAS MULAI DARI HIDUNG-ALVEOLI TERMASUK ADNEKSA (SINUS. DAN PLEURA) .

Batuk pilek (bukan pneumonia) GEJALA PENCEGAHAN TINDAKAN  BANYAK MINUM AIR  ISTIRAHAT DAN MAKAN CUKUP BATUK  I SENDOK TEH JERUK NIPIS+KECAP  MAKAN VIT. MINUM OBAT ANTIPIRETIK HIDUNG TERSUMBAT  HINDARI KENA HUJAN. PILEK DAN SAYURAN (PEREDA)  BILA DEMAM. BUAH.  BILA BATUK DAN BERSIN DITUTUP SAKIT TENGGOROK ASAP. DAN DEBU  INGUS JANGAN BUANG SEMBARANGAN  HINDARI KONTAK SAKIT KEPALA  DIPERIKSA KEPUSKESMAS ATAU RUMAH DENGAN PENDERITA SAKIT .C.

PENYAKIT PADA SALURAN PENCERNAAN DIARE APA ITU DIARE ?? BAB YANG LEMBEK ATAU CAIR DAPAT BERUPA AIR SAJA YANG FREKUENSINYA LEBIH DARI 3 PENYEBAB DIARE : • INFEKSI KUMAN • GANGGUAN PENCERNAAN • KERACUNAN • ALERGI .

MATA CEKUNG. DISERTAI MUAL DAN MUNTAH 3. SERING BAB FREKUENSI CAIR LEBIH DARI 3 X 2. HAUS. AKAN KEHABISAN CAIRAN DAN MENINGGAL . BILA DIARE BERLANGSUNG LAMA. AKAN KEKURANGAN CAIRAN (LEMAS. DAN KULIT KERIPUT) BILA PENDERITA TIDAK SEGERA DITOLONG.Gejala dan bahaya diare 1.

BERIKAN ORALIT . PERTOLONGAN PERTAMA 1. SEGERA PERBANYAK MINUM 2.

CUCI TANGAN SEBELUM MAKAN DAN SETELAH BAB 2. GUNAKAN AIR BERSIH . BAB DI JAMBAN 3. Mencegah diare 1. MEMBUANG TINJA BAYI DITEMPAT YANG BENAR 4.

CAIR SEPERTI CUCIAN BERAS TANPA SAKIT PERUT DAN DISERTAI MUAL MUNTAH. KOLERA APA ITU KOLERA ?? DIARE TERUS MENERUS. PENYEBABNYA VIBRIO KOLERA .

BAGAIMANA PENULARANNYA ?  BILA MEMINUM AIR YANG TERCEMAR TINJA KOLERA  MAKAN-MAKANAN TERCEMAR (IKAN TIDAK MATANG ATAU BELUM MASAK)  BUAH-BUAHAN DAN SAYUR-SAYURAN YANG TERCEMAR TINJA KOLERA .

PERTOLONGAN PERTAMA DAN BAHAYA KOLERA • BERIKAN MINUM SEBANYAK-BANYAKNYA SEPERT AIR TEH ATAU TAJIN • BERIKAN ORALIT BAHAYA : BILA TIDAK SEGERA DIOBATI AKAN KEHILANGAN BANYAK CAIRAN DAN MENYEBABKAN KEMATIAN .

PENCEGAHAN .

DISENTRI GEJALA PENYAKIT DISENTRI : • DIARE CAIR • HARI KE-3 DIARE DISERTAI DARAH • SAKIT PERUT DAN MUNTAH • DEMAM • TIDAK NAFSU MAKAN .

PENYEBAB DAN PENULARAN PENYEBAB : DISEBABKAN OLEH SHIGELLA PENULARAN : MENYEBAR MELALUI MAKAN DAN MINUMAN TERCEMAR .

PENCEGAHAN DAN PENANGANAN PENANGANAN : DIBAWA KE PUSKESMAS ATAU RUMAH SAKIT TERDEKAT .

DEMAM TIFOID PENYAKIT SALURAN PENCERNAAN YANG DISEBABKAN OLEH BAKTERI SALMONELLA TIPHY ATAU SALMONELLA PARATIPHY .

GEJALA DAN PENULARAN GEJALA :  DEMAM TERUTAMA SORE DAN MALAM HARI  SAKIT KEPALA. NYERI OTOT. PUSING. DAN PEGAL-PEGAL  TIDAK NAFSU MAKAN  MUAL DAN MUNTAH  SUKAR BAB  BIBIR KERING DAN LIDAH KOTOR SELAPUT PUTIH .

PENCEGAHAN DAN TINDAKAN PENCEGAHAN :  PENINGKATAN KEBERSIHAN PERORANGAN  PENINGKATAN KEBERSIHAN MAKANAN  MASAK MAKANAN HINGGA BENAR- BENAR MATANG  HINDARI KONTAK MAKANAN YANG MENTAH  HINDARI MAKANAN ATAU MINUMAN DARI SERANGGA SEPERTI LALAT TINDAKAN : DIBAWA KE PUSKESMAS ATAU RUMAH SAKIT .

CACINGAN CACING YANG DITULARKAN MELALUI TANAH : CACING TAMBANG CACING GELANG CACING CAMBUK TEMPAT HIDUP CACING INI MANUSIA .

KONSENTRASI BELAJAR BERKURANG 3. NG CAMBUK DAN TAMBANG) . TIDAK BERGAIRAH 2. DAN ANEMIA (CACI 6. PERUT SERING SAKIT DAN TIDAK NAFSU MAKAN 4. BAGAIMANA GEJALANYA ? 1. DIARE BERCAMPUR DARAH (CACING CAMBUK) 5.

PENULARAN .

PENCEGAHAN DAN PENGOBATAN  MANDI 2X SEHARI  POTONG KUKU  MENCUCI TANGAN SEBELUM MAKAN DAN SETELAH BERMAIN  MEMAKAI ALAS KAKI  BAB DI JAMBAN PENGOBATAN : KE PUSKESMAS ATAU RUMAH SAKIT TERDEKAT MENDAPATKAN OBAT CACING (ALBENDAZOLE) .

DITULATKAN OLEH NYAMUK ANOPHELES . MALARIA PENYAKIT YANG DISEBABKAN OLEH PARASIT DARAH YAITU PLASMODIUM YANG MERUSAK SEL DARAH.

MENGGIGIL.DAN HINGGA KOMA) . GEJALA MALARIA a. PUCAT KARENA ANEMIA c. BADAN MERAS LEMAS d. SERTA SAKIT KEPALA b. DIARE. DEMAM. MALARIA BERAT (KEJANG-KEJANG.

CEPAT LELAH  PERTUMBUHAN ANAK-ANAK TERGANGGU  PADA IBU HAMIL (KEMATIAN PADA JANIN ATAU BB BAYI LAHIR RENDAH)  PEMBULUH DARAH TERSUMBAT . BAHAYA MALARIA  LEMAH. LESU.

PENULARAN .

TEMPAT BERKEMBANG BIAK .

PENCEGAHAN .

MAKAN TERLEBIH DAHULU SEBELUM MINUM OBAT 4. PENGOBATAN 1. OBAT DIMINUM SESUAI PETUNJUK DOKTER 3. JANGAN TERLAMBAT KE RUMAH SAKIT . BAWA PUSKESMAS ATAU RUMAH SAKIT 2.

DAN KERA YANG DITULARKAN KE MANUSIA MELALUI GIGITAN. RABIES PENYAKIT MENULAR PADA ANJING. KUCING. .

TANDA HEWAN RABIES .

ANGIN. TINDAKAN • BERSIHKAN DENGAN AIR MENGALIR DAN SABUN TANDA-TANDA MANUSIA RABIES : SELAMA 10-15 MENIT 1. & SINAR • LUKA YANG SUDAH DIBERSIHKAN DAN KERING DIBERINOBAT MERAH ATAU ALKOHOL 70% 2. JIKA HEWAN MATI 4. AIR MATA DAN LIUR KELUAR BERLEBIHAN • SEGERA KE PUSKESMAS ATAU RUMAH SAKIT • HEWAN YANG MENGGIGIT JANGAN DIBUNUH DULU 3. KEMATIAN HARUS DATING KE RUMAH SAKIT LAGI UNTUK VAKSINASI • PATUHI NASEHAT DOKTER . KEJANG DAN LUMPUH TETAPI DIPANTAU SELAMA 2 MINGGU. TAKUT AIR. SUARA.

GELISAH 5. PANAS 2-7 HARI 2. DEMAM BERDARAH PENYAKIT YANG DITULARKAN AEDES AEGEPTHY. HARI KE 2/3 SAKIT ULU HATI 3. HARI KE 4-5 PANAS TURUN 4. GEJALA : 1. KAKI DINGIN DAN BANYAK MENGELUARKAN KERINGAT . DISEBABKAN VIRUS DENGUE.

CIRI-CIRI NYAMUK AEDES AEGEPTHY .

PENULARAN .

PENCEGAHAN .

. FLU BURUNG PENYAKIT MENULAR YANG DISEBABKAN VIRUS INFLUENZA TIPE A (H5N1) YANG DITULARKAN UNGGAS KE MANUSIA .

JENGGER BENGKAK MEMBIRU 3. OTOT DADA. DAN PAHA . MENGANTUK 5. HIDUNG KELUAR CAIRAN 4. KEMERHAN PADA KAKI. MATI MENDADAK 2. GEJALA PADA UNGGAS 1.

PENULARAN .

SESAK 8. GEJALA 1. BATUK 2. NYERI OTOT 6. INFEKSI SELAPUT MATA 7. SAKIT KEPALA 5. NYERI TENGGOROKAN 4. LEMAS . GANGGUAN SALURAN PENCERNAAN 9. PILEK 3.

TINDAKAN .

PENCEGAHAN .