You are on page 1of 9

PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM

PROSES PERKEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MASA DEPAN

DOSEN PEMBIMBING N.HENDRA WIRAWA, MT

DI SUSUN OLEH SULAIMAN
INSTITUT ILMU KEISLAMAN ZAINUL HASAN GENGGONG
KRAKSAAN –PROBOLINGGO
TAHUN AJARAN 2016-2017

. KATA PENGANTAR Syukur Alhamdulillah penulis sampaikan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmatnya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas dengan judul “Tinjauan Hukum teknologi Terhadap Praktek pemamfaatan Informasi teknologi tepat pada waktunya.Shalawat serta salam juga penulis sampaikan kepada Nabi Muhammad SAW semoga kita bisa meneladani sikap Beliau.

1 1.1 kesimpulan……………………………………………………………………5   .2 Cara menangapi kebutuhan tuntutan teknologi………….1 Pemamfaatan teknologi informasi……………………………….2 rumusan masalah…………………………………………………………………………….3 tujuan penelitian……………………………………………………………………………….3 Upaya mendidik dalam mengntisipasi………………………….4   BAB III PENUTUP  3.2   BAB II PEMBAHASAN  2. DAFTAR ISI   BAB I PENDAHULUAN 1.………1 1.4  2.3  2.1 latar belakang………………………………………………………………………….

2 Rumusan masalah  1.  Dengan demikian.  lingkungan hidup. BAB I  PENDAHULUAN  1. suara.  Peserta didik yang dimaksud adalah seseorang yang sedang berkembang memiliki potensi tertentu dengan bantuan pendidik (guru). jelaskan yang di maksud dengan pemamfaatan teknologi informasi dan macam macamnya?  2. maka sebagai bangsa yang baik harus tetap menjaga bidang pendidikan agar tidak terpengaruh oleh dampak negatif dari era globalisasi. bagaimana konsep pemamfaatan teknologo informasi dalam proses perkembangan pendidikan peserta didik di masa depan  .  Menurut William & Sawyer dalam (Abdul Kadir & Terra CH. sudah seharusnya pendidikan menjadi wahana strategis bagi upaya mengembangkan segenap potensi individu dan membentuk karakter yang baik pada peserta didik. misalnya bidang ekonomi. baik pengaruh positif maupun pengaruh negatifnya.Tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan ilmu teknologi dan informasi yang semakin pesat berdampak pada bidang pendidikan. ia mengembangkan potensinya tersebut secara optimal.  Perkembangan ilmu teknologi dan informasi berpengaruh besar pada dunia pendidikan. teknologi informasi didefinisikan sebagai teknologi yang menggabungkan komputer dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi.1 latar Belakang  Pemamfaatan teknologi informasi dalam proses perkembangan pendidikan karakter pesrta didik di masa depan.   1. yang membawa data. 2003). dan video.  Mengingat bahwa pendidikan sangatlah penting untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). dan pendidikan.  Kekuatan gelombang globalisasi yang paling kuat dan menonjol daya dobraknya akibat perkembangan IPTEKS.

yaitu melibatkan aspek pengetahuan (cognitive). seperti banyak metodologi yang dikembangkan ketika proses belajar. Pengaruh tersebut muncul karena adanya interaksi timbal balik dalam proses kegiatan belajar mengajar. 1    1. Pendidikan karakter adalah pendidikan budi pekerti plus. Berikut ini akan dibahas cara- cara pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan  .3 Tujuan penelitian  penulisan mengambil judul makalah ini agar penulis khususnya dan membaca umumnya dapat lebih mengetahui tentang Pemanfaatan teknologi informasi yang digunakan dalam dunia pendidikan mampu membentuk peserta didik yang berkualitas dan berpendidikan. perasaan (feeling). Dampak negatif tersebut bisa dicegah jika setiap pendidik mampu mengetahui bagaimana cara pemanfaatan teknologi informasi dengan tepat. sehingga terciptanya pendidikan yang berkarakter. Proses timbal balik antara pendidik dan peserta didik ini juga berpengaruh besar pada perubahan sistem pendidikan.  Cara pemanfaatan teknologi informasi tidak menutup kemungkinan adanya dampak negatif bagi peserta didik. dan tindakan (action).

 Untuk mengantisipasi keadaan tersebut dalam masyarakat masa depan maka perlu diupayakan agar setiap anggota masyarakat melek iptek.  Telah dikemukakan kalau globalisasi perkembangan iptek yang cepat tersebut adalah peluang dan tantangan.  Untuk mengantisipasi keadaan tersebut dalam masyarakat masa depan maka perlu diupayakan agar setiap anggota masyarakat melek teknologi informasi.  .  Perkembangan Iptek yang makin cepat dalam era globalisasi merupakan salah satu ciri utama dari masyarakat masa depan. yakni memiliki gagasan yang tepat serta mengetahui terminology beserta maksudnya yang lazim digunakan tanpa harus menjadi pakar iptek tersebut. bergantung pada kesiapan bangsa beserta kondisi sosial budayanya untuk menerima limpahan informasi atau teknologi.  Telah dikemukakan kalau globalisasi perkembangan IPTEKS yang cepat tersebut adalah peluang dan tantangan. yakni memiliki gagasan yang tepat serta mengetahui terminology beserta maksudnya yang lazim digunakan tanpa harus menjadi pakar IPTEKS tersebut.  Globalisasi perkembangan IPTEKS tersebut dapat berdampak positif maupun negative.  Globalisasi perkembangan iptek tersebut dapat berdampak positif maupun negative. bergantung pada  kesiapan bangsa beserta kondisi sosial budayanya untuk menerima limpahan informasi atau teknologi. 2 • BAB II  PEMBAHASAN 2.1 Pemanfaatan teknologi informasi dalam proses perkembangan pendidikan karakter di masa depan Perkembangan IPTEKS yang makin cepat dalam era globalisasi merupakan salah satu ciri utama dari masyarakat masa depan.

 Perubahan fungsi guru pada era globalisasi yang kini hanya menjadi mediator. motivator. dapat diketahui bahwa ciri masyarakat masa depan lebih banyak membutuhan layanan professional dalam berbagai bidang kehidupan manusia. bahkan perlu inovatif.3 Upaya pendidikan dalam mengantisipasi masa depan Berbicara mengenai perkiraan masyarakat masa depan.2 Cara menanggapi kebutuhan atau tuntutan peningkatan layanan professional dalam berbagai segi kehidupan manusia  Perkembangan iptek yang makin cepat serta perkembangan arus informasi yang semakin cepat dan padat. Peran guru yang semakin bergeser menimbulkan beberapa perubahan dalam proses belajar mengajar.  2. dan fasilitator mempengaruhi perubahan proses kegiatan belajar karena guru dituntut untuk memiliki sikap keterbukaan untuk perbaikan.  Sehubungan dengan kecenderungan permasalahan manusia yang bersifat holistic dan memerlukan penanganan multidisiplin maka tuntutan mutu layanan professional tersebut semakin tinggi  2. seperti berikut. sehingga terjadi kegiatan belajar mengajar yang optimal. .  Berdasarkan penelitian kami terdapat beberapa alasasan mengapa perubahan peran guru yang mampu mempengaruhi proses kegiatan belajar mengajar. maka anggota masyrakat masa depan semakin luas pengetahuannya serta daya kritis yang semakin tinggi. secara tersirat telah pula membicarakan tentang tantangan-tantangan yang dihadapi manusia masa depan dan pendidikan masa depan Dalam penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar diperlukan situasi dimana murid dan guru dapat berinteraksi dengan baik.  Dari hal tersebut.

 Guru diharapkan mampu mengembangkan kemampuanya dalam mengajar.  Guru di harapkan juga lebih dewasa dalam bersikap dan berpikir agar mempunyai daya kompetensi dan psikilogis yang stabil. . utamanya dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran di sekolah.

. Pengaruh tersebut muncul karena adanya interaksi timbal balik dalam proses kegiatan belajar mengajar. seperti banyak metodologi yang dikembangkan ketika mengajar- belajar.1 KESIMPULAN  Pemanfaatan teknologi informasi yang digunakan dalam dunia pendidikan mampu membentuk peserta didik yang berkualitas dan berpendidikan. Proses timbal balik antara pendidik dan peserta didik ini juga berpengaruh besar pada perubahan sistem pendidikan. 4  BAB III PENUTUP  3.