You are on page 1of 19

GEMA CERMAT PEDAS OBAT

(GERAKAN MASYARAKAT CERDAS MENGGUNAKAN
OBAT TENTANG PENGETAHUAN DASAR OBAT)

Octaviana Putri G (201410410311194)
Dwi Ayu Permatasari (201410410311168)
Kurnia Winda Susanti (201410410311189)
Nelly Agustin (201310410311086)
 

Pembimbing :
Ika Ratna Hidayati, S.Farm., M.Sc., Apt.

Dikarenakan jarak dari Kota Pasuruan terbilang sangat jauh kurang lebih sekitar 25 km.LATAR BELAKANG Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 menunjukkan bahwa 35.2% rumah tangga menyimpan obat untuk swamedikasi. Desa Jatigunting. Kecamatan Wonorejo. . Kabupaten Pasuruan menjadi salah satu wilayah dimana pengetahuan tentang kesehatan terutama tentang obat-obatan sangat minim. sehingga untuk mendapatkan obat serta pelayanan kesehatan yang layak sulit didapatkan.

Ketika membeli obat msyarakat hanya sekedar meminumnya tanpa melihat efek samping. Akibatnya sering terjadi penggunaan obat yang salah . obat keras atau masuk dalam kategori jamu. cara pemakaian. cara penyimpanan bahkan tidak tahu cara membaca expired date (tanggal kadaluarsa).Warga di Desa Jatigunting kebanyakan hanya sekedar tahu itu obat tanpa memperhatikan apakah itu obat bebas.

Wonorejo Kab.Solusi dari kami? Melakukan kegiatan penyuluhan tentang pengetahuan obat di Desa Jatigunting Kec. Pasuruan .

Target Luaran Mensuskseskan program GEMA CERMAT yang dicanangkan Kemenkes Menambah pengetahuan masyarakat tentang pengetahuan dasar obat Menghasilkan video sosialisasi pengetahuan tentang obat Membuat permainan yang berbasis pengetahuan tentang obat Membuat buku saku tentang pengetahuan obat sebagai bahan sosialisasi .

METODE Penyuluhan Tentang Gema Cermat Permainan (tolak ukur) Video pembelajaran Pelatihan Penggunaan Obat .

PELAKSANAAN Diskusi dengan dosen Diskusi dengan Diskusi dengan kepala pembimbing tenaga kesehatan desa Proses pengerjaan bersama kelompok Pemberian materi .

PELAKSANAAN Permainan dan buku saku Pelatihan cara penggunaan obat Pemutaran Video .

PELAKSANAAN Diskus i .

. PELAKSANAAN Penyebaran informasi Pemantuan dan lewat kegiatan yang ada pendampingan selama di desa oleh peserta menyebarluaskan Tujuan untuk mengedukasi bukan hanya masyarakat desa tapi juga pengguna Mengupload video dan internet artikel dan menyebarluaskannya.

Hasil Pretest Dan Posttest .

Potensi Hasil Sosial Manfaat Publikasi Artikel dan video Peduli terhadap kesehatan semua Ekonomi Pendidikan Menurunkan jumlah pembelian obat Mendidik masyarakat sekitar .

RENCANA TAHAPAN BERIKUTNYA Monitoring Pembuatan laporan .

Lampiran .

.

.

LINK : https://www.com/watch?v=-8LRhjPc2iI .youtube.