PERAWATAN PASIEN INFEKSI

DIRUANG INFEKSI KHUSUS RAWAT
INAP ANAK

PENGERTIAN DIRUANG INFEKSI KHUSUS • Adalah Perawatan terhadap pasien infeksi yang mudah menular ke pasien lain seperti pasien campak. TBC pada anak umur di atas 15 tahun . hepatitis. difteri. cacar. parotitis.

TUJUAN • Mencegah penularan penyakit ke pasien lain .

KEBIJAKAN • Pelaksanaan perawatan pasien infeksi diruang infeksi khusus di Ruang Infeksi di Rumah Sakit Kepresidenan RSPAD Gatot Soebroto • Dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Ka RS Kepresiden Gatot Soebroto Nomor : 043/A/91/IX/2016 tanggal 7 september 2016 tentang pencegahan dan pengendalian infeksi di RS Kepresidenan RSPAD Gatot Soebroto .

Gunakan APD sesuai transmisi dengan menggunakan masker dan sarung tangan 4.PROSEDUR/ TEKNIS PELAKSANAAN 1. Lakukan prosedur kebersihan tangan dengan benar sebelum dan sesudah kontak dengan pasien . Pengunjung atau petugas kesehatan harus di batasi 3. Pasien harus dipisah dari pasien lainnya atau di ruang khusus 2.

Bila kondisi pasien sudah teratasi bisa dilakukan diruang biasa ( infeksi ) . perawatan gigi dan cuci tangan wajib dilakukan 9. Personal hyegine pasien seperti mandi.5. Minimalisir mobilisasi pasien keluar ruangan. Setiap melakukan tindakan keperawatan pada pasien harus dilakukan tehnik aseptik 6. Minimalisir potensi penularan dari lingkungan ke pasien saat pembersihan ruangan yaitu dengan general cleaning 7. apabila diperlukan pasien keluar ruangan harus menggunakan masker 8.

Instalasi rawat Inap 2. UNIT TERKAIT 1. Instalasi rawat Jalan .