pengeluaran karbondioksida (CO2). PERNAPASAN/RESPIRASI Definisi : Proses pengambilan oksigen. dan menghasilkan energi yang dibutuhkan tubuh) Pertukaran gas antara sel dengan lingkungannya .

ALAT DALAM SISTEM PERNAPASAN .ALAT.

RONGGA HIDUNG merupakan tempat masuknya udara pernapasan (pertama kali) Terdapat rambut-rambut hidung dan mukus Udara mengalami perlakuan sbb : Penyaringan penghangatan .1.

2. FARING merupakan persimpangan antara saluran makanan (esofagus) dan saluran respirasi (trakhea) Tiga bagian Faring : 1. Laringofaring (membuka ke arah laring) Anatomi Faring . Orofaring (membuka ke arah rongga mulut) 3. Nasofaring (daerah faring yang membuka ke arah rongga hidung) 2.

glotis akan menutup oleh jaringan penutup bernama epiglotis saat ada makanan yang lewat Laring juga di sebut sebagai kotak suara karena memiliki pita suara . LARING Terletak di bawah faring. dan merupakan pangkal tenggorok Tersusun oleh tulang rawan Fungsi : menyalurkan udara dari faring ke trakhea Terdapat glotis (bagian atas laring). 3.

4. TRAKEA •Lapis luar terdiri atas jaringan ikat. . •Lapis tengah terdiri atas otot polos dan cincin tulang rawan. •Lapis terdalam terdiri atas jaringan epitel bersilia yang menghasilkan banyak lendir yang berfungsi untuk menangkap benda- benda asing yang akan masuk ke paru-paru bersama udara pernapasan.

Jumlahnya sepasang.5. seperti pada trakea. BRONKUS Bronkus merupakan cabang batang tenggorok. Dinding bronkus terdiri atas 3 lapis. otot polos. menuju ke paru-paru kanan dan kiri. perbedaannya adalah bahwa dinding trakea jauh lebih tebal dan cincin tulang rawan pada bronkus tidak berbentuk lingkar sempurna . yaitu jaringan ikat. dan jaringan epitel.

Sel-sel epitel bersilia pada bronkiolus berubah menjadi sisik epitel. BRONKIOLUS Bronkiolus adalah percabangan kecil-kecil dari bronkus.6. Pada bronkiolus ini sudah tidak terdapat cincin tulang rawan Bronkiolus akan berakhir pada alveolus .

PARU-PARU DAN ALVEOLUS Paru-paru manusia berjumlah sepasang kanan dan kiri. paru-paru kiri ada 2 gelambir. Di dalam paru-paru terdapat kantong udara sebagai tempat difusi gas yaitu alveolus Permukaan alveolus dilingkupi kapiler darah sehingga memungkinka terjadinya difusi gas . Setiap paru-paru dibungkus oleh selaput pembungkus paru-paru yang dikenal dengan pleura Paru-paru kanan ada 3 gelambir.7.

MEKANISME PERNAPASAN DADA DAN PERUT Pernapasan Dada Udara Udara Keluar Tulang rusuk masuk terangkat karena kontraksi otot Tulang rusuk antar tulang rusuk turun karena Otot antartulang rusuk berelaksasi Volume Volume Rongga Dada Rongga Dada Membesar Mengecil INSPIRASI EKSPIRASI .

Perut diafragma Kontraksi. Otot Kontraksi. mendatar Diafragma Volume Rongga melengkung Dada Membesar ke rongga dada. Volume rongga dada mengecil EKSPIRASI INSPIRASI Animasi .Pernapasan Perut Udara Udara Keluar masuk Otot Diafragma Otot Diafragma Relaksasi.

setelah komplementer inspirasi biasa. Volume cadangan • Udara sebanyak 1500 cc yang dapat diembuskan ekspirasi/ lagi pada ekspirasi maksimum dengan suplementer mengerutkan otot perut kuat-kuat. MACAM-MACAM VOLUME UDARA PERNAPASAN • Udara yang dihirup dan dihembuskan dalam Volume tidal keadaan biasa (500 cc) Volume cadangan • Udara sebanyak 1500 cc yang masih dapat dihirup inspirasi / lagi dengan cara inspirasi yang maksimum. • Udara sebanyak 1000 cc yang tidak dapat Udara residu dihembuskan lagi. dan menetap pada paru-paru .

3. 6. 4. Batang tenggorokan memiliki dua cabang yang disebut …. Tempat terjadinya pertukaran oksigen dengan karbondioksida pada paru-paru adalah …. Gelembung paru-paru disebut ….1. Pernapasan yang terjadi karena gerakan tulang-tulang rusuk disebut …. Bagian dari hidung yang berfungsi sebagai jalan keluar masuknya udara adalah …. 5. 8. Bagian dari hidung adalah …. Alat pernapasan manusia adalah …. 9. . 2. bronkus bercabang lagi. Di dalam paru-paru. Bagian tenggorokan yang berguna untuk menghubungkan batang tenggorokan dengan paru-paru adalah …. yaitu … 7.

rambut hidung. bronkus 6. bronkiolus 7. hidung. paru-paru 2. lubang hidung. tenggorokan. bronkus 5. pernapasan dada . lubang hidung 4. alveolus 9. selaput lendir. alveolus 8.1. 3.