Persiapan Presentasi

1. Mengatur alur cerita
presentasi
2. Mendesain slide presentasi
3. Pelaksanaan presentasi

Merancang outline / urutan presentasi . Tentukan hal-hal utama/penting (Mind mapping) 3. min 3x 2. Baca keseluruhan paper. Mengatur alur cerita presentasi 1.1.

Hubungkan berbagai ide tersebut dengan bebas 6.Mulai dengan pokok pikiran utama 2.Free-flowing 3.Biarkan dan tampung berbagai ide 5.Gunakan keywords 4.Rehat sejenak .Mind Mapping 1.

Urutan topik presentasi 1. Pemasalahan dan hasil penelitian terdahulu (what). Introduction. solusi canggih yang diusulkan (how) 2. how. why. Hasil yang diperoleh 4. Konklusi/ Simpulan dan rencana yang akan datang dari penelitian . Detil pemecahan masalah (metoda) 3. The Big Picture: what. motivasi dan kepentingan (why and why should we care). and why we should care (motivation). Pembahasan dan komparasi dengan hasil peneliti lainnya 5.

Urutan presentasi Ide / topik utama Detil Pekerjaan & Pembahasan Simpulan .

Menyimpulkan poin-poin utama 3.2. OK ada space yang tidak terpakai 4. Merancang susunan slide 2. Sebuah gambar identik ribuan kata 5. Mendesain slide presentasi 1. Jumlah slide dan waktu presentasi .

Tampilkan “road-map” presentasi 2. Berbicara pada audiens 5. Didahului dengan latihan . Ulangi poin-poin penting 3. Jelaskan dalam bahasa sendiri 4. Pelaksanaan presentasi 1.3.

Berlatih dengan teman/kolega.Jangan langsung presentasi kepada audiens 2. Minta tanggapan mereka 4.Berlatih di depan kaca (catat aktivitas dan waktu) 3.Berlatih 1.Melihat presentasi orang lain dan catat hal yang baik dan yang “buruk” .

“Hibur” audiens dengan beberapa joke. anekdot. 4. jangan minta maaf Ambil nafas.Menjadi public speaker yang efektif (powerpoint = alat bantu).Jangan berbicara monoton. senyum. 3.Jika ada kesalahan. Perlihatkan enthusiasme dan energi pada suara anda. 5.Berpakaian rapi.Penampilan 1. cerita dsb (jangan berlebihan). sopan dan menarik. dan lanjutkan. 2. .

Menarik nafas dalam setiap pergantian slide • Menurunkan “kecepatan” pada pergantian slide ataupun pada saat tanya jawab . Gugup (nervousness) Bagaimana mengatasinya ? (1) • Pada saat “blank” lihat ke slide • Menarik nafas dalam (dan dzikir). akan membuat tenang.

poin-poin penting) • “Mengisi waktu” memberikan kesempatan pada audiens untuk bertanya/ berdialog dengan audiens • Bersiap dalam menjawab pertanyaan: tidak harus semua pertanyaan dijawab. Gugup (nervousness) Bagaimana mengatasinya ? (2) • Membawa catatan (kalimat versi sendiri. .