KAIDAH PENULISAN

SOAL
PILIHAN GANDA

Oleh Hj. Mulyanis
Mulyanis & Tika Tika Hatikah 1

KAIDAH PENULISAN SOAL PG
1. Soal harus sesuai dengan indikator
2. Pengecoh harus berfungsi
3. Setiap soal harus mempunyai satu jawaban yang benar
4. Pokok soal harus dirumuskan secara jelas dan tegas.
5. Pokok soal jangan memberi petunjuk ke arah jawaban
yang benar.
6. Pokok soal jangan mengandung pernyataan yang
bersifat negatif ganda.
7. Pilihan jawaban harus homogen dan logis ditinjau dari
segi materi.
8. Panjang rumusan pilihan jawaban harus relatif sama
9. Pilihan jawaban jangan mengandung pernyataan “Semua
pilihan jawaban di atas salah/benar”.
10. Pilihan jawaban yang berbentuk angka atau waktu harus
disusun berdasarkan urutan besar kecilnya nilai angka
atau kronologis waktunya.

Mulyanis & Tika 2

1. Soal harus sesuai dengan
rumusan indikator

Mulyanis & Tika 3

siswa dapat melengkapinya dengan Frasa ajektiva Mulyanis & Tika 4 .CONTOH Disajikan kalimat yang belum lengkap.

ramai sekali e. sangat kotor Mulyanis & Tika 5 . agak landai d. indah sekali c.Pantai Tirtamaya… Frase adjektiva yang tidak tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah…. sangat rindang b. a.

Kesalahan terletak pada Penggunaan kata Tidak pada pokok soal (tidak sesuai dengan) bunyi indikator Mulyanis & Tika 6 .

Pokok soal harus dirumuskan singkat. jelas. dan tegas Mulyanis & Tika 7 . 2.

Dia menundukkan kepalanya. e. c. b. Belikan gudang garam. Dewi malam telah muncul. Mulyanis & Tika 8 . d. Angin berbisik di telingaku. a. Si kumis sudah datang.Kalimat berikut yang berupa majas adalah...

Kesalahan terletak pada tidak jelasnya jenis majas yang ditanyakan pada pokok soal Mulyanis & Tika 9 .

Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban harus pernyataan yang diperlukan saja Mulyanis & Tika 10 . 3.

. hasutan e. tarikan b.. pengertian Mulyanis & Tika 11 . a. bujukan d.Kata motivasi berasal dari bahasa Inggris. dorongan c. Sinonim kata motvasivi dalam kalimat “Motivasi masyarakat pedesaan ikut program KB sangat tinggi” adalah..

4. Pokok soal tidak menunjuk pada kunci jawaban Mulyanis & Tika 12 .

pidato Mulyanis & Tika 13 . a. tadi pagi b. KW KT Subjek kalimat tersebut adalah….Kami mendengarkan pidato S P O tadi pagi di radio. kami d. mendengarkan e. di radio c.

Pokok soal tidak bersifat negatif ganda Mulyanis & Tika 14 . 5.

c. kecuali… a. Kain mahal itu daripada sutera.Semua penggunaan daripda dalam kalimat berikut tidak benar. d. Mulyanis & Tika 15 . Kami melaporkan daripada itu. e. Ani lebih pintar daripada Tina. Benda ini terbuat daripada baja. Daripada kunjungan dilaporkan. b.

*logis. 6. dan *berfungsi Mulyanis & Tika 16 . Pilihan jawaban harus: *homogen.

tetapi miskin. sekarang saya sabar. Bersabar. c. Kalimat yang bermajas sejenis dengan kalimat tersaji adalah… a. d. Dalam termangu aku mengenang dirimu. Mulyanis & Tika 17 e. Sudah lama saya tidak bertemu dengannya. Dia menagis haru di tengah kegembiraannya b. besabar.Dia kaya. Semuanya serba mahal di zaman .

Panjang-pendek tingkat kerumitan atau kesederhanaan pilihan jawaban relatif sama dengan pengecoh Mulyanis & Tika 18 . 7.

sistem pengajaran bahasa d.keluarga atlit e.apotek b.Penulisan kata serapan yang tepat terdapat pada…. a.antri Mulyanis & Tika 19 .aktip c.

8. Pilihan jawaban tidak boleh menggunakan pernyataan semua jawaban benar /salah Mulyanis & Tika 20 .

mengambing hitamkan b.penghancur leburan d. a.semua pilihan jawaban salah Mulyanis & Tika 21 .Penulisan kata berikut yang benar….salahgunakan c.memutar balikkan e.

angka Diurut dari yang kecil ke besar atau sebaliknya Mulyanis & Tika 22 . Pilihan jawaban berupa 9.

a.Rp.00.500.Rp.600.Rp800.700.- c.00 b.900 Mulyanis & Tika 23 .Rp.00 e.- d.Penulisan nilai uang yang betul adalah….Rp.

10. Hindari pengulangan kata atau kelompok kata Yang sama Di awal pilihan jawaban Mulyanis & Tika 24 .

a. seperti aur dengan tebing d.Samin sekarang kaya. tetapi sombong… Lanjutan kalimat tersebut yang berupa adalah…. seperti menggantang asap c. seperti langit dan bumi . seperti kacang lupa kulitnya b. seperti ular kepala dua Mulyanis & Tika 25 e.

11. Setiap soal hanya satu jawaban yang benar Mulyanis & Tika 26 .

generalisasi b. yang mendapat 9 sepuluh orang. deduksi-induksi Mulyanis & Tika 27 . Setelah diperiksa ulangan Bahasa Indonesia kelas IPA. silogisme c. nilai 8 lima belas orang. deduksi d. yang lain nilai 7. Penalaran paragraf tersebut adalah…. induksi e. a.

12. umumnya. Rumusan soal tidak menggunakan kata sebaiknya. atau kadang-kadang Mulyanis & Tika 28 .

pembuka surat Mulyanis & Tika 29 e. a. Kalimat tersebut umumnya digunakan untuk…. isi surat c. saya mengucapkan terima kasih.Atas perhatian Saudara. perihal surat . penutup surat b. alamat surat d.

13. Butir soal tidak mengacu/tidak bergantung kepada jawaban soal sebelumnya Mulyanis & Tika 30 .

Anak itu banyak bicara. lapang suara d. Ungkapan yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah….lapang dada c.mulut manis e.panjang lidah Mulyanis & Tika 31 .besar mulut b. a.

e. Bahasa menunjukkan bangsa.Peribahasa yang maksudnya sama dengan ungkapan jawaban soal nomor… a. Mulyanis & Tika 32 . Tak ada gading yang tak retak. Tong kosong nyaring bunyinya.lain di hati. Mulutmu harimaumu. Lain di mulut. c. b. d.

KAIDAH PENULISAN SOAL URAIAN Mulyanis & Tika 33 .

Mulyanis & Tika 34 . SOAL URAIAN SOAL URAIAN adalah soal yang jawabannya menuntut peserta tes untuk mengorganisasikan gagasan atau hal-hal yang telah dipelajarinya dengan cara mengemukakan gagasan tsb dalam bentuk tulisan.

peta. grafik. gambar. atau yang sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca Rumusan kalimat soal komunikatif Butir soal menggunakan bahasa Indonesia yang baku Tidak menggunakan kata/ungkapan yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian Tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat/tabu Rumusan soal tidak mengandung kata/ungkapan yang dapat menyinggung perasaan siswa Mulyanis & Tika 35 . KAIDAH PENULISAN SOAL URAIAN Soal sesuai dengan indikator Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan sudah sesuai Materi yang ditanyakan sesuai dengan tujuan pengukuran Isi materi yang ditanyakan sesuai dengan jenjang jenis sekolah atau tingkat kelas Menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban uraian Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal Ada pedoman penskorannya Tabel.

Sekian. Selamat mencoba semoga sukses Mulyanis & Tika 36 .