You are on page 1of 21

Dra. Daroe Iswatiningsih, M.

Si

Profil
Daroe Iswatiningsih
 Lahir 48 tahun
yang lalu di
Surabaya
 Pendidikan TK-
SMA
diselesaikan di
Surabaya
 Menjadi
mahasiswa S1,
S2 di Malang
Tahun 1984;
1993
 Saat ini studi
S3 di UM
 Berkeluarga ,
3 anak
 Email:
urad25@yahoo
.co.id

...Aduuuh Belajar Apa lagi?? Kan sudah belajar BI cukup lama!!!  SD = 6 tahun  SMP = 3 tahun  SMA = 3 tahun  PT = berapa semester ya.

Apa saja yang dipelajari di PT  BI sebagai MPK (Mata kuliah Pengembangan Kepribadian)  Mata kuliah yang membekali mahasiswa untuk lebih membangun karakter atau pribadi yang unggul  Pribadi atau karakter yang unggul: bertanggung jawab. jujur. berfikir cermat dan logis. disiplin. santun.  “Bahasa cermin pikiran dan pribadi seseorang” “Bahasa menunjukkan bangsa” . sistematis.

Apa yang Anda lihat?  Coba deskripsikan?  Adakah perbedaan dengan hasil deskripsi teman lain? .

Hasil deskripsi gambar  ……………………………  ……………………………  ……………………………  ……………………………  …………………………… .

Bagaimana dengan gambar ini?  Ada berapa wajah yang tampak oleh Anda?  Coba deskripsi kan? .

) . Kedudukan dan fungsi BI  Ejaan dan tanda baca  Kalimat efektif  Paragraf  Kutipan. Opini. Resensi. Skripsi. Makalah. dll.Ruang lingkup BI  Sejarah. Teknnik mengutip  Implementasi dalam Tulisan Ilmiah (Laporan.

Contoh permasalahan BI  Banyak anak-anak yang kurang memperhatikan disiplin waktu saat belajar.  Masyarakat kita cenderung shock terhadap perkembangan IT dimana mereka terbelenggu dengan keberadaannya. .  Tiada hari tanpa kebakaran yang terjadi di jakarta.  Bagi siapa saja menemukan STNK N 1457 AB akan diberikan imbalan memadai.

atau ada rekomendasi pimpinan)  Hadir 80% dari seluruh tatap muka.  Menyerahkan tugas 1 sebelum UTS dan tugas 2 sebelum UAS  Mengikuti UTS dan UAS  Penilaian bersifat portofolio (berdasarkan tugas-tugas terbaik yang dikum[pulkan) .Syarat Perkuliahan  Mahasiswa memprogram MK (nama tercantum.

Fenomena Belajar BI di Tingkat Menengah Saat ini  Hasil UAN/UN  nilai BI kalah dengan nilai mapel lain atau cenderung rendah  Banyak siswa mengatakan belajar BI sulit  Guru lebih mengajar aspek kognitif/ hafalan daripada praktik  Guru kurang kreatif dalam mengajar BI (kurang menuntun siswa untuk berkarya)  Kemampuan berkomunikasi lisan kurang dikembangkan .

Fenomena Pembelarajaran BI di PT  Belajar BI dianggap sama sepeti di SMA  Matakuliah MKDU / matakuliah pendukung  Jumlah peserta banyak  Hanya ditempuh 1 smt dan 2 sks  Merasa penting saat menulis skripsi atau ikut PKM  Persepsi mahasiswa terhadap BI rendah .

Fakta  Kesadaran masyarakat akan hukum masih dirasa rendah.anak sekolah yang kurang sejahtera hidupnya di negeri ini. . Karena masyarakat belum tahu banyak tentang proses hukum. pemerintah perlu meningkatkan anggaran pendidikan.  Kita perlu waspada terhadap janji – janji seseorang yang mancalonkan diri untuk jabatan tertentu.  Banyak anak .Untuk itu.  Umumnya setelah mereka terpilih apa yang di janjikan menguap begitu aja.

harap pelan2  Masjid d jual 1 juta/ meter  Tibalah acara inti yakni pembukaan seminar oleh bapak pembentu dekan 1. . Waktu dan tempat saya persilakan.Tulisan di Jalan-jalan/ Pernyataan Lisan  Dilarang buwang sampah disini!  Rumah dikontrakan  Area Bebas Rokok  Banyak anak2 kecil.

 Bagaimana Anda bersikap kritis?  Bagaimana Anda turut membina dan mengembangkan BI? .

Lahir di surabaya 48 tahun yang lalu. Setelah menyelesaikan pendidikan menengah maupun perguruan tinggi. . Ayah seorang TNI dan ibu seorang ibu rumah tangga biasa. Sejak itu pula keinginan untuk menetap di Malang semakin kuat hingga mendapatkan jodoh dan bekerja sebagai dosen. merek bertempat tinggal menyebar di wilayah Jawa Timur.Contoh Deskripsi Diri Sederhana  Saya Daroe Iswatiningsih. Kami hidup tujuh bersaudara.  Pendidikan TK hingga SMA saya tempuh di Surabaya. tepatnya tahun 1984. Adapun sejak kuliah lebih berminat tinggal di kota dingin Malang.

. selalu berdoa agar diberi sehat. Oleh karena itu.  Saya menyukai kegiatan tulis-menulis. pernah diikutkan short course selama 3 bulan di Cina oleh Kemendiknas tahun 2010. Berbuat yang terbaik serta bermanfaat bagi orang lain merupakan hal terindah yang saya rasakan. Selain itu. Berbagai pengalaman yang saya peroleh tersebut dapat diterapkan dalam pembelajaran serta memotivasi mahasiswa untuk meraih yang lebih. yakni mengajar. meneliti dan mengabdi. Namun demikian. Kegagalan tentunya pernah terjadi pada setiap orang. Sebagai tenaga pengajar di PT. namun janganlah menjadikan keputusasaan dan keterpurukan. Adapun kegiatan di masyarakat aktif di PKK dan pengajian. berbagai prestasi juara menulis pernah saya peroleh sejak tahun 2006-2009. aktivitas di kedua lingkungn tersebut saat ini agak berkurang karena kesibukan saya sebagai mahasiswa S3 di UM. kkeuatan dan keberuntungan senantiasa saya panjantkan di setiap akhir ibadah. khususnya untuk tujuan lomba.  Hidup adalah karunia Allah yang patut kita syukuri. aktivitas yang saya tekuni sangat terkait dengan Tri Darma Perguruan Tinggi. Untuk itu.

dengan menggunakan BI yang baik dan benar)  Kemampuan Lisan (memaparkan. karya tulis ilmiah.Belajar BI di PT  Kemampuan Tulis (makalah. sistematis dan mudah dipahami)  Terdapat keseimbangan antara kemampuan berbahasa Indonsia secara lisan an tulian . menyampaikan isi makalah atau karya tulis dengan bahasa yang runtut.

tanah air Indonesia  Kami putera dan puteri Indonesia berbangsa satu. bangsa Indonesia  Kami putera dan puteri Indonesia berbahasa satu. bahasa Indonesia .SUMPAH PEMUDA  Kami putera dan puteri Indonesia bertanah air satu.

dsb)  Satu halaman kertas A4  Sedikitnya 3 paragraf  Perhatikan penulisan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar  Minggu depan dibahas di kelas . sosial. tujuan hidup dan cita-cita. latar belakang pendidikan. aktivitas yang ditekuni.Tugas Penjajagan  Buat deskripsi diri masing- masing (nama. minat. prestasi yang pernah dicapai.

berusahalah untuk dapat memahami satu sama lain .Setiap orang memiliki sudut pandang yang berbeda Perbedaan bukan menjadi pangkal perseteruan tapi.