You are on page 1of 15

Metabolisme obat dan

variabilitasnya diantara pasien
dalam respon obat
K E LO M P O K 1

Aa ringga BILAL APRINALDI
Angga nurdiana DEDE YULIASIH
Ai siti nurlaela DESSY AMALIA D
D I A H R O H M AT U T S A N I
Ai herlina
D I C K Y FA Z A R
Alissa maulida
D I TA M A R T I N A
Annisa nurfauziah
YUSFI AZHAR
Aulia nuraeni
Cantianur

. tanda * yang di ikuti hurup dan a ( varian genetik) CYP2D6*1a . subfamili.CYP P-450 memiliki family.CYP P-450 dapat memetabolisme bahan kimia yang berada pada makanan serta obat-obata.CYTOCHROME P-450 . isoform.CYP P-450 berperan penting dalam biosintesis .CYP P-450 dapat mengubah atau mengurangi aktivitas farmakologi suatu obat .

• Tempat Metabolisme CYP P-450 dihati di retikulum endiplasma. Organ lainnya seperi epitel usus . Dan keluarga CYP3. CYP2.CYTOCHROME P-450 • gen sitokrom P-450 memiliki 57 sitokrom Telah teridentifikasi. namun yang terlibat pada metabolisme obat CYP1.

dimana ia menyumbang hampir 50% enzim sitokrom P-450.Metabolisme obat oleh CYP3A • CYP3A terdapat melimpah di epitel usus dan dihati. . Aktivitas CYP3A dipengaruhi beberapa faktor Pemberian obat dan Interaksi obat dapat mengurangi aktivitas CYP3A melalui penghambatan atau dapat meningkatkan aktivitas metabolisme melalui induksi. CYP3A ini melibatkan reaksi oksidasi dan biasanya digunakan untuk terapetik.

INTERAKSI OBAT YANG MELIBATKAN INHIBISI CYP3A Penghambatan metabolisme satu obat oleh penyebab lain menyebabkan peningkatan konsentrasi obat dalam plasma. Sehingga dapat menimbulkan efek samping. .

Fenoldipine dan jus jeruk bali .

selanjutnya enzim CYP3A4 dihati memetabolisme obat tersebut sehingga hanya 15% dosis yang dapat diberikan bioakumulasi dan akhirnya mencapai sirkulasi sistemik dan memberikan efek. Jus jeruk bali secara selektif menghambat CYP3A dalam enterosit dengan meningkatkan bioavailbilitas oral fenoldipin sehingga dalam penyerapannya menjadi 95% dosis memasuki vena porta dan dimetabolisme di hati oleh CYP3A4 sehingga menjadi 45% dosis yang dapat diberikan bioakumulasi dan akhirnya mencapai sirkulasi sistemik dan memberikan efek. Enzim CYP3A4 yang ada dalam enterocyte epitel intestinal mematabolisme fenoldipin selama penyerapan hanya 30% dosis diberikan memasuki vena vorta . .

INTERAKSI OBAT YANG MELIBATKAN INHIBISI CYP3A Interaksi antara felodopin dengan jus jeruk bali menyebabkan menurunkan tekanan darah. peningkatan denyut jantung. dibandingkan dengan pemberian air. peningkatan efek samping vasodilatasi. . karena pemberian jus jeruk bali ini menghambat langsung CYP3A4 dengan penghancuran `enzim CYP3A4 oleh phytochemicals dalam jus jeruk bali.

Interaksi obat yang melibatkan penghambatan CYP3A .

Sehingga dapat mengakibatkan dosis obat yang efektif sebelumnya menjadi tidak efektif. .INTERAKSI OBAT YANG MELIBATKAN INDUKSI CYP3A Metabolisme substrat CYP3A sangat dipengaruhi oleh perlakuan agen penginduksi. Pasien yang memakai kontrasepsi oral dengan obat penginduksi (rifamycins) akan mengakibatkan obat kontrasepsi tidak memberikan efek sehingga terjadi kehamilan.

. Adanya perbedaan ekspresi genetik antara tiap individu akan dapat memberikan respon yang berbeda terhadap nasib obat dalam tubuh.Genetik polimorfisme dalam metabolisme obat Polimorfisme genetik adalah adanya variasi genetik yang menyebabkan perbedaan aktivitas dan kapasitas suatu enzim dalam menjalankan fungsinya.

penghambatan cyp2d6 mungkin berakibat pada hilangnya efikasi analgesik.Metabolisme obat CYP2D6 CYP2D6 merupakan contoh polimorfisme genetik. Salah satu induksi metabolisme cyp2d6 ini seperti pada kodein. Salah satunya dari faktor gen seperti warna kulit. . cepat. dan ultra cepat. Yang memiliki 78 varian dan diantaranya teridentifikasi yang berakibat pada tidak aktifnya enzim dan sebagian mengurangi aktivitas katalitik enzim. Setiap individu akan berbeda-beda proses metabolimenya. Proses metabolisme ini dibagi 3 golongan yaitu lambat.

Seperti pada penyakit ulkus peptikum yang disebabkan oleh bakteri helicobacter pylori dimana cyp2c19 ini berikatan dengan PPI (omeprazol) dengan mengabsorpsi lebih cepat sehingga membantu mengobati proses sekresi asam lambung yang dikombinasi dengan obat antibiotik. . Metabolisme obat CYP2C19 CYP2C19 ini berperan pada metabolisme yang terkait pada asam lambung(PPI) .

. Metabolisme CYP2C9 CYP2C9 berperan penting terutama dalam peningkatan terhadap obat yang termasuk kedalam golongan antikoagulan. dimana alel ini juga akan berpengaruh terhadap metabolisme obat. Cyp2c9 berpengaruh terhadap alel pada manusia.

. Variabilitas dari metabolisme obat yang terjadi dalam tubuh akan berbeda pada setiap individu yang dipengaruhi faktor genetik dimana metabolisme ini dapat terjasi secara lambat.KESIMPULAN CYP P-450 Berperan penting dalam metabolisme obat. cepat dan ultra cepat.