You are on page 1of 12

VSI | Vertical Speed

Indicator
By. Ngatursa Sitepu, ST

atau berada dalam indikasi Nol. Jika dikalibrasi dengan benar.Indikator kecepatan yang menunjukkan apakah pesawat terbang naik. turun. Tingkat Pendakian atau Penurunan diindikasikan pada satuan Feet per Menit. Indikator akan menunjukan Nol. .

.

Juga dikenal Rate of Climb and Descent Indicator (RCDI) . .Instrumen yang menunjukkan tingkat pendakian atau penurunan pesawat terbang. atau pada pita di samping EFIS EADI. Menggunakan sistem Pitot-Static untuk menentukan kecepatan vertikal dan menggambarkan hasilnya pada instrumen skala jarum dan melingkar konvensional.

Yang pertama adalah indikasi Konvensional sedangkan pada instrumen kedua.Dua indikasi khas VSI digambarkan di bawah ini. kecepatan vertikal ditunjukkan pada skala di kanan paling ekstrem instrumen .Electronic Attitude Direction Indicator (EADI) .

Gerakan kapsul diterjemahkan ke dalam gerakan jarum dengan sistem mekanis. Jika pesawat naik (atau turun). Nosel membatasi jalan udara sehingga ada penundaan waktu antara perubahan tekanan statis dan tekanan yang dialami. tekanan di dalam kapsul akan turun (meningkat) sedangkan dalam kasus akan menurun (kenaikan) pada tingkat yang lebih rendah karena adanya nosel.VSI sederhana. sementara kasusnya juga terhubung ke sistem itu melalui nosel yang dikalibrasi. . kapsul barometrik terkandung dalam kotak tertutup. Kapsul diberi tekanan statis dari sistem pitot-static.

.

Jika tingkat penerbangan dilanjutkan. Adalah instrumen tekanan diferensial. Tekanan diferensial terbentuk antara tekanan statis seketika di diafragma dan tekanan statis yang terjadi. Indikator kecepatan vertikal memiliki kalibrasi 100-ft dengan angka setiap 500 kaki Meskipun indikator kecepatan vertikal beroperasi dari sumber tekanan statis. tekanan menyamakan kedudukan dan diafragma dalam waktu enam sampai sembilan detik dan penunjuk kembali ke tingkat nol pendakian. .

Jika dikalibrasi dengan benar. atau berada dalam tingkat penerbangan. . Tingkat pendakian atau turunan ditunjukkan pada kaki per menit (fpm). menunjukkan apakah pesawat terbang naik. turun. VSI menunjukkan nol pada tingkat penerbangan. Prinsip Kerja VSI disebut Vertical Velocity Indicator (VVI).

VSI menampilkan dua jenis informasi yang berbeda: — Informasi Tren menunjukkan indikasi langsung Kenaikan atau penurunan laju pendakian atau penurunan pesawat.Perbedaan tekanan stabil pada Rasio pasti. jarum menunjukkan tingkat perubahan ketinggian. . — Informasi Tingkat menunjukkan tingkat perubahan ketinggian yang stabil.