You are on page 1of 15

MANAJEMEN

KEBIDANAN

By : Yulia Paramita

INDONESIA penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran  Lawrence A.R. pelaksanaan dan pengendalian . F seni memperoleh sesuatu/hasil melalui orang lain  G. PENGERTIAN MANAJEMEN  KAMUS B. Holey dan Macy P. pergerakan. pengorganisasian. Terry suatu proses yang khas yang terdiri dari perencanaan.

Organizing c. Planning b. Coordinating e. Controlling . Commanding d. FUNGSI MANAJEMEN HERRY FAYOL a.

WILLIAM SRIEGAL a. planning b. controlling . planning b. organizing c. GEORGE R. FUNGSI MANAJEMEN 2. organizing c. TERRY a. actualing d. controlling 3.

temuan2. DEFINISI Suatu metode berpikir dan bertindak secara sistematis dan logis dalam memberi asuhan kebidanan agar menguntungkan kedua belah pihak baik klien maupun pemberi asuhan Proses pemecahan mx yang digunakan sebagai metode untuk mengorganisasikan pikiran dan tindakan berdasarkan teori ilmiah. keterampilan dalam rangkaian pengambilan keputusan yang berfokus pada klien .

Manajemen kebidanan Dikembangkan oleh Helen Varney dalam buku Varney’s Midwifery edisi ketiga tahun 1997 yang menggambarkan proses manajemen asuhan kebidanan yang terdiri dari 7 langkah .

TAHAP – TAHAP MANAJEMEN KEBIDANAN VARNEY Tahap manajemen kebidanan dimulai dari PENGUMPULAN DATA EVALUASI .

1. PENGUMPULAN DATA DASAR  ANAMNESIS PEMERIKSAAN FISIK HEAD TO TOE INSPEKSI PALPASI PERKUSI AUSKULTASI PEMERIKSAAN PENUNJANG ADL .

keluarga .tenaga kesehatan . 1.observasi .kx/px . PENGUMPULAN DATA DASAR  DIKUMPULKAN DARI : . penunjang .wawancara .individu lain  DIPEROLEH DENGAN CARA : .hasil pemfis/hasil pem.

2. INTERPRETASI DATA DASAR • anamnesa • pemfis diagnosa • masalah • kebutuhan Pengumpulan • Ds data • Do .

2. INTERPRETASI DATA DASAR Diagnosis kebidanan merupakan diagnosis yang ditegakkan bidan dalam lingkup praktik kebidanan dan memenuhi standar nomenklatur diagnosis kebidanan .

IDENTIFIKASI DIAGNOSA DAN MASALAH POTENSIAL Mengidentifikasi masalah potensial berdasarkan diagnosa masalah yang sudah diidentifikasi . 3.

MELAKSANAKAN PERENCANAAN (IMPLEMENTASI) . IDENTIFIKASI KEBUTUHAN YANG MEMERLUKAN PENANGANAN SEGERA 5. MERENCANAKAN ASUHAN YANG MENYELURUH (INTERVENSI) 6. 4.

EVALUASI S : SUBJEKTIF O : OBJEKTIF A : ASSESSMENT P : PLANING . 7.