You are on page 1of 18

RUANG LINGKUP AKUNTANSI

MANAJEMEN
NAMA KELOMPOK:
1. DICKY ANDREAS
2. REZA EKA PUTERA
3. ULFA HASANAH

Perspektif Akuntansi Manajemen Tujuan Organisasi Akuntansi dan Tujuan Manajemen Akuntansi Manajemen dan Ruang Lingkupnya Peran Tantangan Akuntansi Akuntansi Manajemen Manajemen Perbedaan Akuntansi .

Pengertian . mengukur dan melaporkan informasi ekonomi/keuangan. 1 Perspektif Akuntansi Manajemen Proses pengidentifikasi. untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi manajemen yang menggunakan informasi tersebut di mana titik sentralnya untuk pihak-pihak di dalam organisasi/perusahaan.

AKUNTANSI MANAJEMEN DAN AKUNTANSI KEUANGAN Akuntansi manajemen Akuntansi Keuangan menyediakan informasi Menyediakan informasi untuk manager di dalam untuk pemegang organisasi yang saham. . kreditor dan mengatur dan mengontrol pihak eksternal lainnya operasi organisasi yang berada di luar organisasi.

Informasi akuntansi Prinsip Akuntansi manajemen disajikan Manajemen dalam bentuk Anggaran Membantu manajer dalam mengambil keputusan Laporan Penjualan Laporan Biaya Produksi Informasi akuntansi manajemen untuk mengidentifikasi .menyelesaikan Laporan Biaya Pemasaran masalah. dan mengevaluasi nya .

2. ORGANISASI DAN MANAJEMEN • Sekelompok orang yang Pengertian berkumpul dan menyatu bersama untuk 1 tujuan tertentu • Sekelompok orang Unsur-unsur • • Struktur Organisasi Kerja sama • Tujuan yang ingin dicapai • Sebagian besar organisasi memiliki Sasaran sasaran yaitu membuat suatu produk dan memperoleh keuntungan .

STRUKTUR ORGANISASI Hubungan Lini dan Desentralisasi Staf .

MANAJEMEN Perencanaan Pengarahan and Pemberian Motivasi Pengendalian .

SIKLUS PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN Merumuskan rencana jangka panjang dan Begin jangka pendek (Perencanaan) Membandingkan Pembuatan Menerapkan kinerja yang Keputusan rencana direncanakan dan (Pengarahan dan kinerja aktual Pemberian Motivasi) (Pengendalian) Mengukur Kinerja (Pengendalian) .

3 PERAN AKUNTANSI MANAJEMEN SEBAGAI SUATU TIPE AKUNTANSI SEBAGAI SUATU TIPE INFORMASI Pencatat skor Peran akuntan Penarik perhatian Memaksimalkan manajemen laba Penyedia informasi untuk Persyaratan dan pemecah masalah Kode etik .

JENIS-JENIS INFORMASI AKUNTANSI UNTUK MANAJEMEN (MULYADI 2001:16) Akuntansi Biaya Diferensial (Differential Accounting) Akuntansi Pertanggung Akuntansi Biaya Penuh Jawaban (Full Cost Accounting) (Responsibility Accounting) Manajemen .

4 Fokus kepada pihak-pihak Fokus kepada pihak-pihak Eksternal Internal Penekanan dari Aktivitas masa Penekanan berdampak pada lalu Aktivitas yang akan datang Data objektif dan dapat Penekanan data yang relevan diverifikasi Dibutuhkan Infomasi yang Dibutuhkan Infomasi yang tepat akurat waktu Bersifat Wajib Bersifat Tidak Wajib .

Tantangan Akuntansi 5 Manajemen Total Quality Management Perubahan Just In Time Lingkungan Rekayasa Ulang Proses Bisnis Theory of Constraint .

JUST-IN-TIME (JIT) SYSTEMS Memproduksi dan Menerima mengirimkan Order pesanan produk Mengatur jadwal Melengkapi produksi bahan-bahan Untuk produksi Menerima bahan-bahan Untuk produksi .

TOTAL QUALITY MANAGEMENT Plan Act PELANGGAN Do Definisi : Perbaikan manajemen yang dilakukan secara terus-menerus Check .

untuk menghilangkan langkah-langkah yang tidak diperlukan. dan mengurangi biaya . mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan.REKAYASA ULANG PROSES Pemikiran kembali secara fundamental dan perancangan kembali proses bisnis secara radikal.

.THEORY OF CONSTRAINT SEBUAH PENDEKATAN YANG MENGARAH PADA PENINGKATAN PROSES DENGAN BERFOKUS DI ELEMEN YANG MENGALAMI KENDALA SEHINGGA DAPAT MENGHASILKAN OUTPUT YANG LEBIH MAKSIMAL.

TETAPI KOMPETISI AKAN DATANG DARI SEGENAP PENJURU DUNIA. UNTUK TERUS BERTAHAN. PERUSAHAAN YANG MAMPU BERPRESTASI HARUS BERJUANG UNTUK MENJADI KOMPETITOR DUNIA. PERSAINGAN GLOBAL SEBUAH PERUSAHAAN MUNGKIN SUKSES DI PASARAN LOKAL. CONTOH: PERGERAKAN BEBAS BARANG DAN JASA .