You are on page 1of 10

ISOLASI GLIKOGEN

KELOMPOK 6

TUJUAN TABEL HASIL ALASAN PENAMBAHAN PRAKTIKUM ISOLASI BAHAN GLIKOGEN METODE FAKTOR KESALAHA LAIN N .

UNTUK MENGETAHUI DAN MEMAHAMI PROSES ISOLASI GLIKOGEN YANG TERDAPAT DALAM HATI (SAPI DAN AYAM) TUJUAN .

Alasan penambahan bahan INDIKATOR HCL KOH KI ETANOL PP MERUSAK MEMBENTU MELARUTK SEBAGAI MEMUTUS JARINGAN K KOMPLEK AN LEMAK INDIKATOR IKATAN DAGING DENGAN PH GLIKOGEN GLIKOGEN & TERJADI MENGHASI PENGURAI LKAN AN WARNA GLIKOGEN MERAH .

PENGGOJOGAN YANG DILAKUKAN SECARA MANUAL DIKARENAKAN MAGNETIK STIRRER YANG TERBATAS SEHINGGA SAMPEL TIDAK TERHOMOGENKAN SECARA KONSTAN. FAKTOR KESALAHAN .

Campuran diaduk dan disentrifugasi dengan kecepatan 3000 rpm selama 5 menit.Metode Lain Isolasi Gikogen Homogenat hati sebanyak 15mL diambil dan ditambahan dengan 19 mL TCA 10%. Campuran dibiarkan hingga Endapannya berfloukolasi dan apabila tidak terjadi penggumpalan sebutir NaCl ditambahkan dan dipanaskan hingga terbentuk endapan . . Suspensi dipindahkan dalam tabung sentrifus dan disentrifugasi dengan kecepatan 3000 rpm selama 3 menit. Setelah itu supernatan didekantasi dan pada ekstrak TCA ditambahkan etanol 95% sebanyak 2 kali volume ekstrak TCA.

Ekstrak glikogen yang didapat disimpan. Kemudian endapan dikeringkan dalam cawan petri dan ditimbang. Supernatan yang dihasilkan dibuang dan pelet dilarutkan dalam 5mL aquades. . Etanol 96% ditambahkan sebanyak 10mL dan campuran disentrifugasi lagi dengan kecepatan 3000 rpm selama 3 menit. Endapan yang terbentuk dicuci dengan 3mL etanol absolut dan 3 mL etil eter.

Tabel Hasil Pengamatan kelompok Sampel Berat glikogen(mg) Hasil kualitatif 1 Hati sapi 166 + 2 Hati sapi 100 + 3 Hati sapi 60 - 4 Hati sapi 100 + 5 Hati sapi 100 + 6 Hati ayam 100 + 7 Hati ayam 100 + 8 Hati ayam 100 + 9 Hati ayam 100 + ( + )= merah kecoklatan .

SEKIAN & TERIMAKASIH .