You are on page 1of 13

Kerajaan Demak  Kerajaan Demak adalah Kerajaan Islam Pertama di Indonesia.  Pendiri nya adalah Raden Patah.  Raden Patah merupakan Putra bungsu dari Raden Brawijaya V (Raja terakhir Kerajaan Majapahit.  Kerajaan ini berdiri pada tahun 1500.) .

Merupakan Pendiri sekaligus Raja pertama dari Kerajaan Demak.Aspek Politik Kerajaan Demak Raden Patah . . .Masa pemerintahan : tahun 1500 – 1507.

Aspek Politik Kerajaan Demak •Pati Unus .Masa pemerintahannya: tahun 1507-1521 . Karena pada tahun 1512 dan 1513 Ia menyebrangi Selat Malaka untuk mengusir Portugis.Dikenal dengan nama “Pangeran sabrang Lor”. .

Aspek Politik Kerajaan Demak Pangeran Trenggono  Masa pemerintahannya: tahun 1521-1546  Demak mengalami Kejayaan serta mengalami Kemunduran. .

 Merupakan negara agraris dan penghasil rempah-rempah. . Sebagai Negara Maritim Demak menjalankan pelabuhan Transito. Bercita-cita sebagai Pelabuhan Internasional.

.  Mengadakan kerjasama dengan daerah lain di pantai utara Jawa.  Membentuk Federasi atau Persemakmuran di bawah Demak.Aspek Sosial Kerajaan Demak  Sistem Kehidupan Sosial Masyarakat berdasarkan ajaran agama Islam.

yaitu Sunan Kalijaga.Aspek Kebudayaan Kerajaan Demak Sunan Kalijaga 1. Banyak dipengaruhi para Sunan. Demak adalah Negara THEOKRASI (Agama). . 2.

Perayaan Sekaten (acara peringatan ulang tahun nabi Muhammad s. Seni bangun nya yang terkenal adalah Masjid Demak.w.Aspek Kebudayaan Kerajaan Demak Masjid Demak 3.a. . 4. yang diadakan pada tiap tanggal 5 bulan Jawa Mulud di alun-alun utara Surakarta dan Yogyakarta).

Aspek Agama Kerajaan Demak Wali Songo 1. . Banyak melahirkan Wali Songo. 2. Demak merupakan pusat penyebaran agama Islam.

Banyak berdirinya Masjid Masjid Demak Masjid Kudus .Aspek Agama Kerajaan Demak 3.

.* 3. Pangeran Trenggono pun digantikan oleh Pangeran Prawoto. 2. Pembunuhnya adalah Pangeran Prawoto. terjadi Perang Saudara untuk memperebutkan tahta.Penyebab Keruntuhan Kerajaan Demak 1. Setelah Pangeran Trenggono wafat. *Pangeran Sekar dikenal sebagai Sedo Ing Lepen karena Ia meninggal di sungai. Pengganti Trenggono adalah Pangeran Sekar yang merupakan adik dari Pangeran Trenggono. putra dari Pangeran Trenggono. 4.

Arya Penangsang pun naik tahta. 9. Ia tidak mau memerintah di Demak karena Demak sudah penuh dengan darah saudaranya akibat perang saudara. 8. .Penyebab Keruntuhan Kerajaan Demak 5. 6. 10. Jaka Tingkir pun menang. Lalu Arya Penangsang perang dengan Jaka Tingkir. 7. Jaka Tingkir memindahkan kekuasaan ke Pajang. Kerajaan Demak pun runtuh. Pangeran Prawoto perang dengan Arya Penangsang.