You are on page 1of 11

KESEHATAN, KESELAMATAN KERJA &

LINGKUNGAN HIDUP

Oleh
ZOELFAN OEMRY SYAMS.,S.Farm

SISTEM PELAYANAN KESEHATAN DI INDONESIA  Sistem kesehatan adalah suatu jaringan penyedia pelayanan kesehatan (supply side) dan orang-orang yang menggunakan pelayanan tersebut (demand side) di setiap wilayah.  WHO mendefinisikan sistem kesehatan sebagai seluruh kegiatan yang mana mempunyai maksud utama untuk meningkatkan dan memelihara kesehatan. serta negara dan organisasi yang melahirkan sumber daya tersebut. . dalam bentuk manusia maupun dalam bentuk material.

pembiayaan kesehatan.  penyediaan sumberdaya stewardship/ regulator .FUNGSI SISTEM KESEHATAN Pelayanan kesehatan.

. dokter praktek swasta dan lain- lain.PELAYANAN KESEHATAN INDONESIA  dapat diperoleh mulai dari tingkat puskesmas. Salah satu penilaian dari pelayanan kesehatan dapat kita lihat dari pencatatan rekam medis atau rekam kesehatan. rumah sakit.  Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dibutuhkan tenaga kesehatan yang trampil dan fasilitas rumah sakit yang baik.

4. Dari pencatatan rekam medis dapat mengambarkan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan pada pasien. Instruksi diagnostik dan terapeutik dengan tanda tangan dokter yang berwenang. 7. 5. 3. Catatan Pengamatan atau observasi. 1. 8.Kejadian-kejadian yang menyimpang. pendidikan. Laporan pemeriksaan Fisik. Riwayat Penyakit. 2. 6. penelitian dan akriditasi rumah sakit. .  Yang harus dicatat dalam rekam medis mencakup hal-hal seperti di bawah ini. juga meyumbangkan hal penting dibidang hukum kesehatan. Identitas Penderita dan formulir persetujuan atau perizinan. Ringkasan riwayat waktu pulang. Laporan tindakan dan penemuan.

1. yaitu merupakan catatan mengenai hasil pemeriksaan. Rekam medis mengandung dua macam informasi yaitu. Informasi yang tidak mengandung nilai kerahasiaan suatu hal yang harus diingat bahwa berkas catatan medik asli tetap harus disimpan di rumah sakit dan tidak boleh diserahkan pada pasien. pengacara atau siapapun. mengenai hal tersebut ada kewajiban simpan rahasia kedokteran. . 2. Informasi yang mengandung nilai kerahasiaan. pengamatan mengenai penderita. pengobatan. diagnosis.

UNDANG-UNDANG KESEHATAN DI INDONESIA  Hukum kesehatan mencakup segala peraturan dan aturan yang secara langsung berkaitan dengan pemeliharaan dan perawatan kesehatan yang terancam atau kesehatan yang rusak. Hukum kesehatan mencakup penerapan hukum perdata dan hukum pidana yang berkaitan dengan hubungan hukum dalam pelayanan kesehatan. .

bidang kebidanan (3). b.SUBYEK-SUBYEK HUKUM DALAM SISTEM HUKUM KESEHATAN a. bidang farmasi (2). bidang perawatan (4). dokter gigi. bidang kesehatan masyarakat. menengah dan rendah. (1). . dll. Tenaga kesehatan sarjana yaitu: dokter. Tenaga kesehatan sarjana muda. apoteker dan sarjana lain di bidang kesehatan.

FAKTOR PENYEBAB KESALAHAN DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN ATAU PENILAIAN  PENGETAHUAN  PENGALAMAN  PENGERTIAN  CONTOH: kejadian tindakan malpraktek Malpraktek adalah suatu tindaka praktek yang buruk. . dengan kata lain adalah kelalaian dokter dalam melaksanakan profesinya. apabila hal tersebut diadukan kepada pihak yang berwajib. maka akan diproses secara hukum dan pihak pengadilan yang akan membuktikan apakah tuduhan tersebut benar atau salah.

Upaya ini akan mendorong dokter untuk senantiasa bersikap hati-hati.  Penyusunan protokol pelayanan kesehatan.  Pengetahuan pengawasan perilaku etis. . misalnya petunjuk tentang “informed consent”.UPAYA-UPAYA UNTUK MENCEGAH TERJADINYA KELALAIAN DALAM MENJALANKAN PROFESI  Meningkatkan kemampuan profesi para dokter untuk mengikuti kemajuan ilmu kedokteran atau menyegarkan kembali ilmunya. sehingga dapat melakukan pelayanan medis secara profesional.

No 574/ Men. 2. Kes/SK/X/2001 tentang Susunan organisasi dan Tata Kerja Departemen Kesehatan. Keputusan Menteri Kesehatan RI. Undang-undang Nomor 25 Tahun 1999 tentang perimbangan keuangan antara pemerintah pusat dan daerah. SKep Men Kes RI No 99a/Men. 5. (http://eprints.Kes /SK/III/1982 Tentang berlakunya Sistem Kesehatan Nasional.id/6253/1/Kebijakan_Kesehatan) .KEBIJAKAN KESEHATAN DI INDONESIA  1. 3. 6. Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2000 tentang kewenangan pemerintah dan kewenangan Propinsi sebagai Daerah Otonom. Keputusan Menteri Kesehatan RI. TAP MPR RI VII tahun 2001 tentang Visi Indonesia Masa Depan. No 1277/Men.Kes. 7.undip. 4. Undang-undang No 23 Tahun 1992 tentang pokok-pokok kesehatan.ac. `/SK/IV/2000 tentang Pembangunan Kesehatan Menuju Indonesia sehat tahun 2010.