You are on page 1of 26

ANATOMI

SISTEM
PERKEMIHAN
PADA LAKI-LAKI

Pengertian Sistem Urologi
Sistem urologi adalah suatu sistem tempat
terjadinya proses penyaringan darah sehingga
darah bebas dari zat-zat yang tidak
dipergunakan oleh tubuh dan menyerap zat-zat
yang masih dipergunakan oleh tubuh. Zat-zat
yang tidak dipergunakan oleh tubuh larut
dalam air dan dikeluarkan berupa urin.

Tiap-tiap ginjal mempunyai panjang 11. dikelilingi oleh lemak dan jaringan ikat di belakang peritoneum.5 cm. retroperitoneal primer kiri dan kanan kolumna vertebralis. Ginjal Ginjal terletak dalam rongga abdomen. tebal 2.25 cm.Organ-organ Sistem Urologi pada Laki-Laki 1. ginjal kiri lebih panjang daripada ginjal kanan. bentuknya seperti kacang . berat ginjal pada laki-laki dewasa 150-170 gram. lebar 5-7 cm.

asam basa. sistem pengaturan hormonal dan metabolism . ekskresi sisa metabolism.ginjal berfungsi untuk mempertahankan homeostatis dengan mengatur volume cairan. keseimbangan osmotic.

Ginjal terdiri dari 2:  Bagian dalam (internal) medulla. Substansia medularis terdiri dari pyramid renalis jumlahnya antara 8-16 buah yang mempunyai basis sepanjang ginjal. sedangkan apeksnya menghadap ke sinus renalis .

melengkung sepanjang basis pyramid yang berdekatan dengan sinus renalis. Substansia kortekalis berwarna cokelat merah. Substansia ini tepat dibawah tunika fibrosa. konsistensi lunak dan bergranula. bagian didalam diantara pyramid dinamakan kolumna renalis . Bagian luar (eksternal) korteks.

.

Ureter Ureter terdiri dari dua buah saluran.5 cm.2. dengan penampang 0. masing- msing bersambung dari ginjal ke kandung kemih (vesika urinaria). mempunyai 3 jepitan di sepanjang jalan. Ureter pada pria terdapat didalam visura seminalis bagian atas dan disilangi oleh duktus deferens dan dikelilingi oleh pleksus vesikalis . panjang 25-30 cm.

Lapisan ureter terdiri dari :  Dinding luar jaringan ikat (jaringan fibrosa)  Lapisan tengah (otot polos)  Lapisan sebelah dalam (mukosa) .

. berjalan pada bagian dinding lateral dari kavum pelvis sepajang tepi anterior dari insisura iskiadika mayor dan tertutup oleh peritoneum. ditutupi oleh fasia subserosa.  Pars pelvis ureter. psoas mayor.Pembagian ureter menurut tempatnya :  Pars abdominalis ureter. sebelah media anterior M. Dalam kavum abdomen ureter teretak di belakang peritoneum.

.

Bentuk kandung kemih seperti kerucut yang dikeliligi oleh oto yang kuat Dinding kandung kemih terdiri dari lapisan sebelah luar (peritoneum).3. dan lapisan mukosa (lapisan bagian dalam). tunika submukosa. Vesika Urinaria Vesika urinaria (kandung kemih) dapat mengembang dan mengempis seperti balon karet. . tunika muskularis (lapisan otot). terletak di belakang simfisis pubis di dalam rongga panggul. Pembuluh limfe vesika urinaria mengalirkan cairan limfe kedalam nodi limfatik iliaka interna dan eksterna.

 Verteks. dan prostat.  Korpus. vesika seminalis. bagian ini terpisah dari rectum oleh spatium rectovesikale yang terisi oleh jaringan ikat duktus deferen.Bagian vesika urinaria terdiri dari :  Fundus yaitu. yaitu bagian antara vertex dan fundus. bagian yang mnacung kea rah muka dan berhubungan dengan ligamentum vesika umbilikalis . bagian yang menghadap kea rah belakang dan bawah.

.

5-20 cm . panjangnya 17. Uretra Uretra merupakan alus sempit yang berpangkal pada kandung kemih dan fungsinya yaitu menyalurkan urine keluar.4. Uretra pria mulai dari orifisium uretra interna di dalam vesika urinaria sampai orifisium uretra eksterna pada penis.

Bentuk salurannya seperti kumparan yang bagian tengah lebih luas. berjalan mengarah ke bawa dan kedepan diantara apeks glandula prostate dan bulbus uretra .Uretra pria terdiri dari 1. 2. Uretra pars membranasea Saluran uretra ini yang paling pendek dan paling dangkal. Uretra prostatika merupakan saluran terlebar dan panjangnya 3 cm.

panjangnya kira-kira 2.Pars membranasea menembus diafragma urogenitalis.5 cm di bawah belakang semfisis pubis. . Di depan saluran ini terdapat vena dorsalis penis yang mencapai pelvis diantara ligamentum treansversal pelvis dan ligamentum arquarta pubis.

panjangnya kira-kira 15 cm mulai dari pars membranesae sampai diafragma urogenitalis .3. Uretra pars kavernosus merupakan saluran terpanjang dari uretra. terdapat didalam korpus kavernosus utara ke orifisium deperfisialis.

Kedua sisi ditutup oleh dua bibir kecil. berupa sebuah cela vertical.4. Orifisium uretra eksterna merupakan bagian erector yang paling berkontraksi. panjangnya 6 mm ke dalam uretra bermuara glandula uretralis dan dibagi dalam 2 bagian : .

Orifisium dari lacuna ini menyebar ke depan sehingga dengan mudah menghalangi ujung kateter yang dilalui sepanjang saluran . Lacuna yang lebih besar di permukaan atas disebut lacuna magna. Glandula yang terdapat di bawah tunika mukosa di dalam korpus kavernosus uretra (glandula pars uretralis).  Lacuna bagian dalam epitelium.

.

Panjang vesikula sekitar 5 cm. Saluran vesikula seminalis bermuara ke kelenjar prostat dan vas deferens. Ketiga bersatu membentuk saluran ejakulasi . Kelenjar ini dapat menyekresikan cairan untuk membentuk air mani. Vesikula Seminalis Vesikula seminalis adalah pasangan kelenjar yang terletak di bagian belakang- bawah kantung kemih dari pria. Sekitar 70% dari cairan mani manusia berasal dari vesikula seminalis.5.

.

Tambahan…. Ginjal manusia ketika berdiri lokasinya yaitu lurus dengan siku-siku .

Tanga yang posisi diatan menekan ke bawah untuk meraba ginjal Jika ginjal mengalami masalah maka ginjal akan teraba dan jika ginjal normal maka tdak akan teraba . Tangan kiri berada di belakang dan tangan kanan berada dia atas (kuadran IV) 3. Posisikan pasien terlentang 2. Cara palpasi ginjal 1.

TERIMA KASIH .