You are on page 1of 10

Disusun Oleh

:
Engellita Maneking

.Pengertian Global Positioning System (GPS) merupakan sebuah alat atau sistem yang dapat digunakan untuk menginformasikan penggunanya dimana dia berada (secara global) dipermukaan bumi yang berbasis satelit. Data dikirim dari satelit berupa sinyal radio dengan data digital.

Navy TIMATION NAVigation System with Timing And dan proyek U. Kongres Amerika Serikat.S. dibiayai. namun kemudian sistem ini bebas digunakan oleh semua pengguna . Sistem ini merupakan bawah tanggung jawab Joint sistem penentuan posisi berbasis Program Office (JPO) satelit. Air Force 621B di Ranging GPS. Sejarah GPS • Sistem ini dirancang oleh Jabatan • GPS dikembangkan pertama kali Amerika Serikat sejak tahun 1973. dilaksanakan. penggunaan sistem ini ditujukan bagi pihak Sistem GPS pada awalnya merupakan tentara Amerika Serikat saja system navigasi ketentaraan yang tetapi setelah diluluskan pada dirancang. sebagai NAVSTAR Global Positioning Sistem ini adalah hasil gabungan System (GPS) juga dikenal sebagai program U. laut. • Tujuan utama GPS adalah untuk mewujudkan sistem penentuan posisi di darat. dan dikelola oleh Jabatan Pertahanan penggunaan sistem penentuan Amerika Serikat (DoD) posisi ini terbuka untuk umum. Pada awalnya. posisi dan navigasi. dan udara bagi pihak tentara Amerika Serikat dan sekutunya.S. dan sekaligus merupakan • Satelit GPS yang pertama telah tonggak revolusi bidang pengukuran diluncurkan pada tahun 1978.

GPS TERDIRI DARI 3 BAGIAN: • Space SEGMEN (Angkasa) • Ground SEGMEN (Permukaan Bumi) • User SEGMEN (Pengguna GPS) .

Untuk perhitungan jarak. GPS “triangulation” menghitung lokasi user memerlukan akurasi waktu yang tinggi. dengan menggunakan perhitungan 3. dapat melakukan perhitungan dan menentukan posisi user dan menampilkan dalam peta elektronik. Untuk mengukur travel time. GPS mengukur jarak menggunakan GPS reciever mengambil informasi itu travel time sinyal radio. selama 12 jam di dalam orbit yang akurat dia mengirimkan sinyal informasi ke 2. 4. Memakai perhitungan “triangulation” Satelit GPS berputar mengelilingi bumi dari satelit. Terakhir harus menggoreksi delay berapa jarak satelit. bumi. . Untuk perhitungan “triangulation”. terima. sinyal waktu perjalanan di atmosfer Dengan perhitungan jarak GPS reciever sampai diterima reciever. Dari informasi itu diketahui 5. kita harus GPS reciever membandingkan waktu tahu dengan pasti posisi satelit dan sinyal di kirim dengan waktu sinyal di ketingian pada orbitnya. dengan tepat.Cara Kerja Global Positioning System (GPS) Cara kerja GPS secara sederhana ada 5 langkah. yaitu : 1.

Bearing Menandai suatu posisi tertentu pada GPS. Route diset ke Utara. A menemui halangan sehingga Arah perjalanan yang sedang ditempuh dengan harus memutar ke selatan terlebih menggunakan GPS. Contohnya.maka dikatakan telah melakukan lokasi di posisi B yang letaknya di marking. Waypoint 5. saat menuju ke posisi B 4. Kumpulan waypoint yang ingin seseorang 7. yaitu (longitude ). Waypoint terdiri ketinggian. Biasanya digambarkan dahulu. Utara. maka heading A pada saat itu berupa garis pada display GPS. Elevation Istilah yang digunakan oleh GPS untuk suatu Istilah pada GPS untuk menentukan lokasi yang telah ditandai. Arah/posisi yang ingin dituju. Jika menandai lokasi menjadi Contohnya. . Istilah-istilah yang Penting pada GPS Beberapa istilah penting yang penting untuk diketahui yang berhubungan dengan GPS : 1. adalah selatan. Sebuah waypoint biasa menggunakan alat klasik digambarkan dalam bentuk titik dan simbol ‘barometer’ atau menggunakan sesuai dengan jenis lokasi. ke dalam GPS. Heading tempuh secara berurutan dan dimasukkan Arah aktual yang sedang dijalankan. maka bearing A dikatakan telah 3. A ingin menuju ke suatu waypoint. Track tadi. Mark 6. 2. perhitungan satelit. Ada dua jenis pengukur dari koordinat lintang (latitude ) dan bujur ketinggian pada GPS.

.

.

. karena memakai jam atom yang jauh lebih presesi di banding dengan jam bisaa. Tracking Membantu untuk memonitoring pergerakan obyek dan membantu memetakan posisi tertentu. Lokasi Digunakan untuk menentukan dimana lokasi suatu titik dipermukaan bumi berada. Navigasi Membantu mencari lokasi suatu titik di bumi 3. dan perhitungan jaringan terdekat 4. Manfaat Penggunaan Global Positioning System ( GPS ) 1. 2. Timing Dapat dijadikan dasar penentuan jam seluruh dunia.

TERIMA KASIH  .