You are on page 1of 9

KEPEMIMPINAN

KELOMPOK 4

PENGERTIAN Proses mengarahkan dan mempengaruhi individu atau kelompok dalam kegiatan yang berhubungan dengan tugas untuk mencapai tujuan organisasi atau kelompok .

GAYA KEPEMIMPINAN OTORITER / Telling BIROKRASI / Selling GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS / Participating BEBAS / Delegating .

dan di mana pekerjaan itu harus dilakukan. . kapan harus dilaksanakan pekerjaan itu. pengawasan dilakukan secara ketat.Rendah Hubungan Pemimpin memberikan perintah khusus. Kepemimpinan Otoriter Ciri-Ciri Tinggi Tugas . bagaimana cara mengerjakan. dan pimpinan menerangkan kepada bawahan apa yang harus dikerjakan.

Kepemimpinan Birokrasi Ciri-ciri Tinggi Tugas dan Hubungan pemimpin menerangkan keputusan. dan pemimpin mulai melakukan komunikasi dua arah. . pemimpin masih banyak melakukan pengarahan. pemimpin memberikan kesempatan untuk penjelasan.

sama membuat keputusan . pemimpin dan bawahan bersama. Kepemimpinan demokratis Ciri-ciri Tinggi hubungan – rendah tugas pemimpin dan bawahan saling memberikan gagasan.

Pemimpin lepas tangan terhadap tugas dan keputusan. . Kepemimpinan Delegasi / bebas Ciri-ciri Rendah hubungan – rendah Tugas Pemimpin melimpahkan pembuatan keputusan dan pelaksanaan kepada bawahan.

Pendekatan dalam kepemimpinan Pendekatan Pendekatan Pendekatan Pendekatan sifat kekuasaan perilaku Situasi .

TERIMAKASIH .