You are on page 1of 64

SUPER 5S

BAGI SETIAP INDIVIDU

PUSPROTEK-1

KAIZEN

?
Kaizen
dan
Inovasi
2

KAIZEN
BERTAHAP TETAPI DIRENCANAKAN SECARA
TERUS MENERUS

PUSPROTEK-3

Seiton. Seiketsu.Jenis-jenis Program Kaizen yang diintegrasikan kedalam Lingkungan kerja 5S Seiri. Seiso. Shitsuke KSS Kaizen Suggestion System QCC QC Circle TQC Total Quality Control TPM Total Productive Maintenance JIT Just In Time .

. Dan ini sebagai dasar peningkatan produktivitas. maka akan terjadi perubahan.  Ketika perusahaan berhasil menerapkan 5 S. barang yang sering digunakan ditempatkan dekat pemakainya dan selalu dibersihkan . Apa itu Super 5S ?  Super 5S sebagai awal dari kesehatan. . Misalnya. setiap barang yang tidak diperlukan dipindahkan dari lingkungan kerja. kenyamanan dan lingkungan kerja yang produktive bagi semua orang.

yaitu: Seiri. sehingga menjadi kebiasaan yang baik. Setelah motivasi 5 S dijadikan sebagai budaya /platform. Seiketsu dan Shitsuke. Apa itu Super 5S ? (lanjt)  5S adalah 5 kata dalam bahasa Jepang. .  Shitsuke mendidik orang untuk membiasakan diri dalam melaksanakan butir-butir 5 S. Seiton.  Keberhasilan penerapan program 5S terletak pada orang yang melaksanakan program 5 S secara disiplin. Olehkarena itu Shitsuke merupakan kata kunci dalam 5 S. Seiso.

Konsep 5 S pertama kali dikenalkan tahun 1986 kepada perusahaan-perusahaan Singapore. and Mexico. Korea. Hungary. Bulgaria. PUSPROTEK-7 . Menyusul kemudian Malaysia. Columbia. Sri Lanka. Thailand. China. Poland. Uruguay. India. Sejak itu banyak perusahaan yang berhasil menerapkan 5 S. Brazil. Konsep 5S di luar Perusahaan Jepang  Di luar Jepang. Costa Rica. Russia.

Konsep 5S di luar Perusahaan Jepang (lanjt)

 5S sangat populer di Jepang, termasuk di negara-negara
lainnya. Hal ini disebabkan alasan sbb:
 Tempat kerja menjadi lebih bersih dan dikelola lebih baik.

 Hasilnya visible oleh setiap orang baik yang ada di dalam

maupun di luar.
 Hasil yang visible akan meningkatkan motivasi dan

gagasan baru.Orang menjadi lebih disiplin secara natural.
 Operasi kerja menjadi lebih mudah dan aman, baik di

level shop-floor maupun office.
 Orang menjadi lebih peduli terhadap kebersihan

lingkungan kerja.
 Menghasilkan image baik bagi perusahaan yang
PUSPROTEK-8
mengakibatkan bisnis lebih maju.

5S
Pengertian, ?
Philosopis dan
Kekuatan dari
SUPER 5S
PUSPROTEK-9

Super 5S adalah program partisipasi terus menerus
oleh seluruh karyawan perusahaan

 Super 5S melibatkan seluruh
karyawan perusahaan/ Organisasi. 5S?

 Super 5 S adalah pendekatan sangat
efektif untuk meningkatkan motivasi
karyawan dan peningkatan
produktivitas serta lingkungan kerja.

morale) Organisasi/Perusahaan yang menerapkan Super 5 S selalu berhasil dalam hal:  Produksi meningkat 5S?  Kualitas konsisten  Biaya efektif  Penyampaian tepat waktu  Tempat kerja aman  Moral karyawan tinggi PUSPROTEK-11 . safety. delivery. Kontribusi Super 5S terhadap PQCDSM (product. quality. cost.

Orang menjadi lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan kerja. 2. Menghasilkan image baik bagi perusahaan yang mengakibatkan bisnis lebih maju. 3. Orang menjadi lebih disiplin secara natural. 7 alasan Super 5S is menjadi popular: 1. 7. 6. Hasilnya visible oleh setiap orang baik yangada di dalam maupun di luar. baik di level shop-floor maupun office. 5S? 5. Operasi kerja menjadi lebih mudah dan aman. . 4. Tempat kerja menjadi lebih bersih dan dikelola lebih baik. Hasil yang visible akan meningkatkan motivasi dan gagasan baru.

baik industri manufaktur maupun jasa. meliputi perusahaan kecil maupun perusahaan yang skala besar. . kenyamanan.  Dapat diterapkan pada semua jenis usaha.  Philosopi 5 S mudah dimengerti oleh 5S? setiap orang dan terminologinya mudah dimengerti. 4 alasan mengapa Super 5S mendapat perhatian dari semua pihak  Kompatibel. dan lingkungan kerja yang tertata baik.  Setiap orang mengidamkan kebersihan.

. Pengertian Seiri Seiri Seiton Shitsuke Seiketsu Seiso Seiri adalah pemilahan dan menyisihkan barang- barang yang tidak dipakai dari tempat kerja.

yaitu: pemilahan barang yang berguna dan tidak berguna  Barang berguna => Disimpan  Barang tidak berguna => Dibuang . Penjelasan 5S • 1S – Seiri Seiri merupakan langkah awal implementasi 5S.

maka akan semakin efisien tempat kerja tersebut.Dalam langkah awal ini dikenal istilah Red Tag Strategy. Barang-barang dengan label merah kemudian disingkirkan dari tempat kerja. Semakin ramping (lean) tempat kerja dari barang-barang yang tidak dibutuhkan. yaitu menandai barang- barang yang sudah tidak berguna dengan label merah (red tag) agar mudah dibedakan dengan barang-barang yang masih berguna. .

PUSPROTEK-17 . Pengertian Seiton Seiri Seiton Shitsuke Seiketsu Seiso Seiton adalah menyusun barang- barang yang dipakai ke dalam order yang baik sehingga dapat memudahkan jika akan digunakan.

yaitu: penataan barang yang berguna agara mudah dicari. dan aman. 2S Seiton Seiton adalah langkah kedua setelah pemilahan. serta diberi indikasi. .

Dikenal istilah Signboard Strategy. yaitu menempatkan barang-barang berguna secara rapih dan teratur kemudian diberikan indikasi atau penjelasan tentang tempat. Signboard strategy mengurangi pemborosan dalam bentuk gerakan mondar-mandir mencari barang. nama barang. . dan berapa banyak barang tersebut agar pada saat akan digunakan barang tersebut mudah dan cepat diakses.

. sehingga lantai bersih. mesin dan peralatan bebas debu. Pengertian Seiso Seiri Seiton Shitsuke Seiketsu Seiso Seiso artinya membersihkan tempat kerja.

termasuk tempat kerja dan lingkungan serta mesin. yaitu: pembersihan barang yang telah ditata dengan rapih agar tidak kotor. . 3S Seiso Seiso adalah langkah ketiga. baik mesin yang breakdown maupun dalam rangka program preventive maintenance (PM).

Sebisa mungkin tempat kerja dibuat bersih dan bersinar seperti ruang pameran agar lingkungan kerja sehat dan nyaman sehingga mencegah motivasi kerja yang turun akibat tempat kerja yang kotor dan berantakan .

produktif dan menyenangkan melalui pengulangan-pengulangan Seiri- Seiton-Seiso. Pengertian Seiketsu Seiri Seiton Shitsuke Seiketsu Seiso Seiketsu artinya memelihara tempat kerja yang bersih. .

dan diperiksa secara teratur dan berkala. 4S Seiketsu Seiketsu adalah langkah selanjutnya. seiton. diimplementasikan ke seluruh anggota organisasi. dan seiso harus distandarisasi. Standar-standar ini harus mudah dipahami. Keadaan yang telah dicapai dalam proses seiri. yaitu: penjagaan lingkungan kerja yang sudah rapi dan bersih menjadi suatu standar kerja. .

sehingga menjadi suatu kebiasaan malahan menjadi aturan yang harus dipatuhi oleh setiap individu di tempat kerja. PUSPROTEK-25 . Pengertian Shitsuke Seiri Seiton Shitsuke Seiketsu Seiso Shitsuke artinya melatih orang untuk biasa bekerja dengan lingkungan kerja yang baik.

Saling menghormati 3. Malu melakukan pelanggaran 4. Disiplin terhadap standar 2. Senang melakukan perbaikan . yaitu penyadaran diri akan etika kerja: 1. 5S Shitsuke Shitsuke adalah langkah terakhir.

JEPANG INDONESIA INGGRIS 5S 5R 5S 5P 5K 5S 1S Seiri Ringkas Sortir Sisih Pemilahan Ketertiban Sort 2S Seiton Rapi Susun Susun Penataan Kerapihan Set in Order 3S Seiso Resik Sapu Sasap Pembersihan Kebersihan Shine 4S Seiketsu Rawat Standarisasi Sosoh Penjagaan Kelestarian Standardize 5S Shitsuke Rajin Swa-disiplin Suluh Penyadaran Kedisiplinan Sustain .

. Suksesnya 5S terletak pada sejauhmana orang melakukan 5S sebagai suatu kebiasaan (habit) bukan paksaan sehingga inisiatif perbaikan akan muncul dengan sendirinya.

. Hal penting untuk pelaksanaan program 5S • Membutuhkan keterlibatan/partisipasi semua orang dalam organisasi dari level atas sampai l evel bawah. •Membutuhkan komitmen manajemen untuk memastikan kegiatan 5S dilakukan setiap hari dan dianggap sebagai prioritas. •Merubah perspektif semua orang dalam organisasi bahwa 5S lebih dari sekedar program kebersihan maupun housekeeping management.

bulanan. .• Menerapkan 5S secara konsisten untuk perubahan budaya. dan surprise audit) untuk menilai performance. • Menggunakan sistem visual display untuk mengkomunikasikan aktivitas 5S secara efektif. • Membutuhkan edukasi tentang konsep dan keuntungan aktivitas 5S. • Melakukan audit 5S secara teratur (mingguan.

Namun 5S membuat pekerjaan lebih mudah. namun terus menerus.• 5S tidak sulit untuk dipahami. kebulatan tekad. • 5S akan mengurangi pemborosan waktu kerja kita. sedikit demi sidikit. • 5S memerlukan kegigihan. . • 5S akan meningkatkan produktifitas kerja dan mutu yang lebih baik. dan memerlukan usaha yang terus menerus. tapi 5S sangat sulit untuk dilaksanakan dengan benar. • 5S akan membuat kita bangga atas pekerjaan kita. •5S mungkin tidak akan memberikan hasil yang dramatis.

ILUSTRASI .

.

Sekumpulan angka. huruf dan simbol simbol .

.1S – Seiri Melakukan Red Tag Strategy. memberikan tag merah untuk huruf dan simbol-simbol yang mungkin kelak berguna.

.

2S – Seiton Memasang beberapa rak. mengorganisir angka-angka sehingga angka-angka tersebut terletak dari kanan ke kiri dan bawah ke atas .

titik. dan koma karena mengganggu visibilitas terhadap angka-angka .3S – Seiso Membersihkan rak dari bercak-bercak.

Tata letak angka diurutkan sesuai standar umum .4S – Seiketsu Memasang rak yang distandarkan untuk menjaga urutan angka yang sudah tertata rapi.

5S Shitsuke .

5S – Shitsuke Keempat tahapan diatas perlu didukung oleh SHITSUKE atau disiplin terhadap standar agar apa yang telah dicapai tidak kembali ke keadaan sebelumnya namun terus meningkat tiada henti kearah yang semakin baik. gambar sebelah manakah yang paling cepat di-identifikasi angka yang hilang tersebut? . Terdapat dua angka yang hilang selain angka 16.

3 (tiga) kelas kondisi lingkungan kerja  Lingkungan kerja kelas 3: – Banyak orang yang membuang sampah sembarangan dan tidak ada seorangpun yang membersihkannya.  Lingkungan kerja kelas 1: – Tidak ada seorangpun yang membuang sampah sembarangan dan terdapat semua orang selalu membersihkan secara periodik.  Lingkungan kerja kelas 2: – Banyak orang yang membuang sampah sembarangan dan terdapat sekelompok orang yang membersihkannya. .

4 Kunci keberhasilan Super 5S 1 Adanya komitmen dari top manajemen serta ditunjang oleh top manajemen 2 Super 5S dimulai dengan pelatihan dan pendidikan 3 Super 5S dilaksanakan dengan partisipasi aktip dari seluruh karyawan 4 Siklus pengulangan 5S cycle dilakukan untuk mencapai standar yang tinggi .

Kebersihan lingkungan kerja yang dikelola baik. dapat meningkatkan produktivitas serta rasa aman dalam bekerja. PUSPROTEK-44 .

KOTAK ALAT 5S Alat Promosi Alat Implementasi Alat Evaluasi Berita 5S Penerapan 5S Pedoman 5 S 5S DAY Apa artinya Seiton? (satu bulan) Here is a need for Here is Seiton penyusunan a need for Here is barang yang dianggap SEIRI penting. sehingga SEITON a need for mudah digunakan SEISO Poster 5S Study Banding 5S CEO’s Inspeksi Seiri Seiton Shitsuke Seiketsu Seiso 5S Banners Dokumen untuk peningkatan 5S Checklists Kita terapkan 5S 5S Badges Kompetisi 5 S antar Departmen Selamat atas ! SUPER 5S Keberhasilan Department A dalam menerapkan 5S Department B dengan baik Department C Department D PUSPROTEK-45 .

5S merupakan dasar bagi Peningkatan Produktivitas PUSPROTEK-46 . Seiri Sisihkan Barang yang tidak berguna Seiton pada lingkungan kerja dan pindahkan Susun barang yang berguna dan disimpan dengan baik. dan menyenangkan dengan cara terus menerus melakukan Bersihkan lingkungan Seiri-Seiton-Seiso kerja anda. sehingga mudah jika digunakan Shitsuke Seiketsu Latih pekerja untuk bekerja lebih baik dan manjadi Pelihara lingkungan kebiasaan melaksanakan Kerja. sehingga lantai. mesin dan peralatan bebas debu. sehingga produktif Seiso aturan di tempat kerja.

SUPERSEITON •FIFO – Dorong keluar •Disimpan di Tempat barang •Perpindahan barang (sliding) A A A A A A B B B B B B C C C C C C D D D D D D E E E E E E •Sebelum kegiatan 5S PUSPROTEK-47 .

•Siapkan tempat •Mencocokan nama SUPERSEITON A1 A2 A3 A4 A5 A6 A7 A1 A2 A3 A4 A5 A6 A7 B1 B2 B3 B4 B5 B6 B7 B1 B2 B3 B4 B5 B6 B7 C1 C2 C3 C4 C5 C6 C7 C1 C2 C3 C4 C5 C6 C7 PUSPROTEK-48 .

SEITON SUPER 1 2 3 4 5 6 7 8 9 101112 •Penyimpanan Seiri •Tidak ada file di lantai •Tidak ada barang di lantai PUSPROTEK-49 .

SUPER SEITON 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 •Waktu pencarian 30 detik •Beri label pada tempat yang tersedia •Identifikasi menggunakan warna 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 PUSPROTEK-50 .

•Kesesuaian labels SUPER SEITON •Open/Close separation CLOSED OPEN 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 * 2* * * * 5 1* * 3* 4* * 6 7 8 9 10 6 7 8 9 10 6* * 8* * * * * 7 * * 9 * 10 11 12 13 14 15 11 12 13 14 15 * 11 * 12 * * * 15 * * * 13 * 14 * 16 17 18 19 20 16 17 18 19 20 * * * 18 * * 20 * 16 * 17 * * 19 * PUSPROTEK-51 .

SUPER SEITON •Satu tempat untuk satu jenis •Efektif dalam penggunaan tempat CL10-40 CL15-20 CL20-20 BL20-50 BL20-20 BL30-20 BLH20-40 BLH20-20 BLH25-20 PUSPROTEK-52 .

SEITON SUPER DINGIN PANAS DINGIN PANAS •Gantung selang pada tempatnya •Identifikasi dengan warna •Permukaan lantai bersih PUSPROTEK-53 .

1 PUSPROTEK-54 .

5 PUSPROTEK-55 .

6 PUSPROTEK-56 .

26 PUSPROTEK-57 .

27 PUSPROTEK-58 .

28 PUSPROTEK-59 .

35 PUSPROTEK-60 .

80 PUSPROTEK-61 .

83 PUSPROTEK-62 .

90 PUSPROTEK-63 .

Selamat menerapkan di Tempat Kerja Anda. PUSPROTEK-64 .Sekian Presentasi Super 5 S Terima kasih Atas perhatiannya.