You are on page 1of 24

KOMUNIKASI EFEKTIF

oleh:
TITIN OCTAVIA

KOMUNIKASI
Komunikasi adalah bagian
penting dari mempengaruhi
orang lain untuk memperoleh
apa yang kita inginkan.
Kemampuan berkomunikasi
menunjukkan kemampuan
mengirimkan pesan dengan
jelas, manusiawi dan efisien,
dan menerima pesan-pesan
secara akurat
(D.B.Curtis,1992)
Dari semua pengetahuan dan
ketrampilan yang anda miliki,
pengetahuan dan ketrampilan
komunikasi termasuk di
antara yang paling penting
dan berguna (J.A Devito,1997)

UNSUR KOMUNIKASI PESAN PESAN/ MESSAGE SALURAN KOMUNIKATOR UMPAN BALIK KOMUNIKAN SIAPA mengatakan APA lewat SALURAN apa kepada SIAPA dengan akibat BAGAIMANA .

Fungsi Komunikasi  Mencapai pengertian satu sama lain  Membina kepercayaan  Mengkoordinir tindakan  Merencanakan strategi  Melakukan pembagian pekerjaan  Berbagi rasa .

Pengertian 2. Pengaruh pada sikap 4. Tindakan . Tubbs & Sylvia Moss)  Minimal menghasilkan 5 hal: 1. Kesenangan 3. Hubungan yang makin baik 5. Komunikasi Efektif (Steward L.

4 TUJUAN KOMUNIKASI  MENGINFORMASIK  MENYENTUH EMOSI AN  Nada suara dan pilihan  Berita kata menarik/bermanfaat  Ungkapkan perasaan  Data relevan dengan Anda kebutuhan  Tidak terlalu banyak  MENGGERAKAN kata UNTUK BERTINDAK  Apa yang Anda  MENGHIBUR inginkan dari lawan  Humor dapat bicara? mengurangi  Tunjukkan tindakan ketegangan yang diharapkan dengan jelas .

Komponen Komunikasi IDE /GAGASAN KOMUNIKATOR PESAN MEDIA Panca indra PENERIMA .

Siapa Faktor komunikasi Pesan Media Tempat Situasi .

Hambatan Komunikasi  Latar belakang  Bahasa  Sikap  Waktu  Lingkungan .

KESALAHAN UMUM DALAM KOMUNIKASI PENGIRIM PESAN PENERIMA PESAN  Cepat-cepat berbicara  Tidak memperhatikan tanpa menyusun ide  Merumuskan jawaban  Terlalu banyak gagasan.  Mengabaikan bukan pesan pengetahuan pendengar keseluruhan  Tidak merumuskan  Menilai benar salah pesan sesuai sudut sebelum paham pandang penerima . tidak berhubungan sebelum mendengar lengkap  Pernyataan terlalu pendek  Memperhatikan detail.

Keterampilan Komunikasi  Mendengarkan  Bertingkah laku asertif  Menyelesaikan konflik  Membaca situasi  Melakukan persuasi .

tetapi umumnya kita memiliki ketrampilan yang buruk. Mendengarkan adalah ketrampilan yang sangat penting. . Waktu yang digunakan untuk mendengarkan Penelitian Rankin (1928) Penelitian Barker (1980) 45 % mendengarkan 53 % mendengarkan 30 % berbicara 17 % membaca 16 % membaca 16 % berbicara 9 % menulis 14 % menulis Mendengarkan proses aktif menerima rangsangan (stimulus) telinga.

nilai diri)  Faktor kawan atau lawan  Mendengar yang diharapkan (hanyut dalam pesan pembicara. kebutuhan.Hambatan-hambatan mendengar  Sibuk dengan diri sendiri  Sibuk dengan masalah- masalah eksternal  Asimilasi (kecenderungan merekonstruksi pesan sedemikian hingga sesuai dengan sikap. prasangka. . tidak mendengar apa yang dikatakan melainkan mendengarkan apa yang kita harapkan).

KETERAMPILAN VERBAL  Nada suara  Volume suara  Kecepatan suara  Kejelasan pengucapan kata-kata  Pemilihan kata  Bahasa dan logat .

.

tidak bosan. MENANGKAP FEEDBACK: (KOMUNIKASI NONVERBAL)  Kontak mata  Anggukan dan gelengan kepala  Eskpresi wajah  Menghadap pada pembicara  Isyarat antusias. dan tidak cemas  Tidak melakukan hal lain  Menggurangi gangguan dari luar .

gunakan gaya bahasa yang sesuai untuk mempertahankan minat. yakinkan mereka dengan argumentasi. dan gunakan ekspresi bicara untuk memaku pesan di hati mereka” . KOMUNIKASI EKSPRESIF  Isi pesan  Gaya bahasa  Argumentasi  Eskpresi “Tariklah minat lawan bicara ke dalam isi pembicaraan.

 Munculkan Kesan  Arahkan fokus  Inklusif  Spesifik (tepat sasaran)  “Katakanlah apa yang perlu dikatakan sejelas mungkin” .

Cara Menambah Daya Tarik KOMUNIKASI  Senyum  bukankah senyum juga ibadah?  Pusatkan perhatian pada kekhawatiran. masalah dan hasrat pendengar  Antar dengan pokok-pokok yang akan dibahas  Ajukan pertanyaan  Baca umpan balik pendengar (tatapan)  Jangan pernah meremehkan kepekaan pendengar . kebutuhan.

Etika Berkomunikasi  Diam dan Menyimak  Tidak Memotong Pembicaraan  Tidak meninggalkan lawan bicara  Tidak menepis pembicaraan lawan  Tidak berusaha menunjukkan bahwa kita lebih pandai .

Lima Respon Empatik  Mengulangi kata demi kata  Mengatakan kembali isi  Merefleksikan perasaan  Mengatakan kembali isi serta merefleksikan perasaan  Melihat kapan empati tidak diperlukan .

anda merasa bahwa…  Yang saya tangkap adalah bahwa…  Jadi.. “saya……” . anda…. Ungkapan menunjukkan pengertian  Nampaknya.  Anda pasti merasa……  Apa yang anda sampaikan tampaknya seperti.  Sependengaran saya. menurut penglihatan anda….

Kiat Komunikasi Efektif  Gunakan umpan balik  Saluran komunikasi yang banyak  Mengenali siapa penerima pesan  Komunikasi tatap muka  Menyadari dampak bahsa tubuh  Menanggapi isi pembicaraan  Sopan dan wajar  Menghormati semua orang  Mengendalikan emosi  Dll .