You are on page 1of 24

Biogenic, Chemical and

Volcanogenic Sediments
Novalia Ena A. (135090701111013)
Geophysics, University of Brawijaya

Outline
Batugamping
Mineral Evaporit
Rijang
Sedimentasi Fosfat
Sedimentasi Batu Besi
Endapan Karbon (Organik)
Batuan Sedimen Vulkaniklastik

.Sedimentasi Biogenik : batuan yang terendapkan akibat adanya aktivitas biologi (biota dan hewan laut) Sedimentasi Kimia : batuan yang bereaksi dengan kimia dalam menghasilkan evaporit yang merupakan endapan dari air berkonsentrasi garam Sedimentasi Vulkanik : hasil endapan dari erupsi vulkanik yang menghasilkan debu-debu yang mengendap di lingkungan darat atau laut.

.

. Secara mineralogi kalsium karbonat berupa kalsit. dan siderite. aragonite. Batugamping Batugamping terbentuk dari material yang membentuk endapan kalsium karbonat. dolomite.

.

Gasthrophoda. Foraminifera. Cnidaria yang memiliki mineral kalsit maupun aragonit di cangkangnya.Biomineralised sedimentasi karbonat Hewan Pembentuk Karbonat Karbonat dapat terbentuk oleh Mollusca. .

. Bagian atas permukaan dari cyanobacteria berlaku sebagai jebakan yang menyebabkan karbonat yang berbutir halus terjebak dan menimbulkan kubah datar yang disebut stromatolites.Tumbuhan Pembentuk Karbonat Karbonat dapat terbentuk oleh Algae dan Cyanobacteria.

Lalu butiran karbonat yang mengandung beberapa fragmen ini tersementasikan. yaitu tubuh kalsium karbonat menyerupai bola (<2mm) -Pisoid. yaitu fragmen material kalsium karbonat yang sebagian besar telah terlitifkasi dan kemudian hancur dan mengalami proses sedimentasi kembali (reworked) membentuk klastik yang bergabung ke dalam sedimen. yaitu tubuh kalsium dengan bentuk yg tidak beraturan -Oncoid. -Aggragate. . -Intraclast. yaitu partikel bulat yang terbentuk dari butiran hals kalsium karbonat yang tidak tumbuh dengan cara yang sama seperti ooid.Penyusun non-biogenik batugamping -Ooid. yaitu tubuh kalsium yang mempinyai lapisan dalam yang tidak beraturan -Peloid. yaitu clasts dari kalsium karbonat yang terlitifikasi berasosiasi dengan karang yang mana bagian kerangka karang rusak oleh ombak atau badai dan mengalami proses sedimentasi kembali.

Klasifikasi Batugamping .

Gipsum terendapkan di permukaan di semua kondisi kecuali kondisi yang sangat kering dan gipsum juga dapat terdehidrasi menjadi anhidrit ketika tertimbun . Gipsum dan Anhidrit Mineral evaporit yang sering ditemukan dalam batuan sedimen adalah kalsium sulfat. Mineral Evaporit Mineral ini adalah mineral-mineral yang terbentuk oleh pengendapan larutan karena ion-ion menjadi lebih terkonsentrasi ketika air menguap. Gipsum adalah bentuk hydrous dari mineral. Anhidrit tidak memiliki air dalam struktur kristalnya dan terbentuk oleh pengendapan langsung dalam garis pantai yang ada pada daerah kering atau sebagai hasil ubahan gipsum .

Halit mungkin terdapat sebagai lapisan kristalin tebal atau sebagai kristal individu yang memiliki kubus simetri jelas. Juga terdapat mineral-mineral lain bergantung pada senyawa kimia yang mempengaruhinya .Halit Halit terendapkan dalam air laut ketika air laut telah terkonsentrasi hingga kurang dari 10 % volume asli.

Rijang Rijang adalah batuan sedimen silika berbutir halus. . Organisme yang terakumulasi pada umumnya Radiolaria. Pada dasar laut dan danau kerangka siliceous berakumulasi dan menjadi siliceous ooze.

Fosfor adalah unsur yang sangat esensial yang ada dalam kehidupan dan disetiap makhluk hidup. Sedimentasi Fosfat Endapan sedimen fosfat disebut phosphorites. . Fosfor banyak ditemukan di endapan laut dangkal di paparan benua Biogenik fosfor dapat dilihat dari adanya nodul.

Batulempung yang kaya akan sidriteberasosiasi dengan pengendapan dalam kondisi penurunan air tawar. limonit dan purite. Sedimentasi Batu Besi Mineral yang terkandung dalam batu besi yaitu magnetit. hematit. seperti pada non-saline marshes: di mana ion sulfat tersedia dari air laut dari sulfida besi membentuk preferensi untuk karbonat besi. Secara garis besar sedimentasi batu besi terbentuk dalam kondisi laju sedimentasi karbonat lebih rendah. . goetit.

yang biasanya yaitu siltstone dan rijang.Banded Iron Formation (BIFs) adalah formasi batu besi yang berumur precambrian. . BIFs terdiri dari laminasi atau perlapisan tipis dari sedimen yang kaya hematit dan material lain.

maka terbentuklah tanah gambut.2% untuk batugamping.05% untuk batupasir). >0. mires. anaerobic. delta bagian atas dan dataran pantai. Endapan Karbon(Organik) Sebuah endapan dikategorikan sebagai endapan karbon jika mengandung proporsi material organik yang tinggi dari rata-rata (>2% untuk batulempung. Material organik terdekomposisi dari tumbuhan atau hewan yang sudah mati dan diawetkan dalam kondisi oksigen terbatas. swamp. . >0. Endapat gambut yang tebal berasosiasi dengan dataran banjir sungai. bog. Endapan kaya organik modern Pada waktu yang lama vegetasi yg mati tersebut terawetkan lalu didukung dengan kondisi basah. Gambut yang terbentuk hari ini dalam jumlahbesar dikarenakan zona iklim dari daerah rawa subarctic ke rawa bakau di daerah tropis. dan .

Batubara Jika 2/3 dari batuan adalah material organik maka dapat disebut batubara. tumpul -Fusain: hitam. brittle -Durain: hitam atau abu-abu. tekstur arang -Clarain: cerah. Batubara yang paling ekonomis hanya mengandung <10% material non- organik. mengkilap. berlapis . Batubara gampang dikenali karena warnanya yang hitam dan densitasnya yang rendah. Yang dapat dibagi menjadi 4 tipe yaitu: -Vitrain: cerah. Untuk menilai bagus atau tidaknya batubara dinlihat dari dull banded. tekstur butir. hitam.

.

.Oil shale dan Tar Sand Oil shale adalah batulempung yang mengandung banyak materi organik yang bisa diisi oleh fluida atau gas apabila dipanaskan. Material organiknya berasal dari algae yang sudah berubah menjadi kerogen pada saat proses diagenesis.

Tar sand adalah sedimen klastik yang tersaturasi denga hidrokarbon dan terekspos ke reservoir permukaan. . Minyak yang terdapat di tar sand biasanya sangat kental (bitumen) dan mungkin padat. dikarenakan komponen hidrokarbon yang lebih ringannya mengalami kehilangan kedalaman akibat biogradasi dekat permukaan.

yang membentuk lava yang mengalir dari celah (fissure) dalam gunungapi. Tipe batuan vulkaniklastik Basaltik. Tapi jumlah abu yang sedikit.Sedimentasi Batuan Vulkaniklastik Selama erupsi. yang disemburkan dari lubang (vent) sebagai debu volkaniklastik yang jatuh sebagai endapan vulkaniklastik. hingga material partikel halus. menghasilkan lava dengan volume yang besar. Silica. dari batuan leleh. menghasilkan magma yang lebih explosive dengan jumlah material batuan yang dikeluarkan lebih besar. . gunungapi menghasilkan sejumlah material.

Nomenclature batuan vulkaniklastik .

TERIMA KASIH .