You are on page 1of 11

PENCEMARAN AIR SUNGAI

BENGAWAN SOLO

Gabriella Geraldita
B120141002

Sungai adalah sumber air yang sangat penting fungsinya. sebagai saluran pembuangan air hujan dan air limbah . Manfaat terbesar sungai adalah sebagai bahan baku air minum. sebagai sarana irigasi pertanian . dan bahkan obyek wisata.PENDAHULUAN Air merupakan salah satu kebutuhan pokok yang tidak bisa kita pisahkan dari kehidupan manusia. . mengangkut endapan hasil erosi dan polutan. Sungai sebagai tempat berlangsungnya siklus hidrologi. sungai mengalirkan air dari Daerah Aliran Sungai (DAS) ke laut.

Peternakan terdiri dari sapi. itik dan babi b. batik . alkohol . tekstil . Industri terdiri dari industri tahu .SUMBER PENCEMARAN AIR SUNGAI BENGAWAN SOLO a. Permukiman d. Pertanian c. . ayam.

penurunan konsentrasi oksigen terlarut sebagai hasil proses nitrifikasi yang terjadi di dalam air menyebabkan terganggunya kehidupan biota air. . Senyawa nitrogen yang terkandung dalam kotoran ternak adalah sumber polutan yang memiliki efek polusi yang spesifik.DAMPAK a. dimana kehadirannya dapat menimbulkan konsekuensi penurunan kualitas perairan sebagai akibat terjadinya proses eutrofikasi. Peternakan Limbah ini masih mengandung nutrisi atau zat padat yang potensial untuk mendorong kehidupan jasad renik yang dapat menimbulkan pencemaran.

b. Namun jika berlebihan dapat mencemari air. Pertumbuhan gulma = pencemaran deterjen. . Limbah yang mengandung fosfat ini dapat merangsang pertumbuhan gulma air seperti ganggang dan enceng gondok. Pertanian Pupuk dan pestisida biasa digunakan para petani untuk merawat tanaman.

karena sebagian besar digunakan bakteri untuk proses pembusukkan. Sampah anorganik = menghalagi cahaya matahari sehingga menghambat proses fotosintesis . Permukiman mengandung limbah domestik berupa sampah organik dan sampah anorganik serta deterjen. Sampah organik = berkurangnya oksigen terlarut .c.

d. Bila dibiarkan dalam air limbah yang berwarna coklat kehitaman dan berbau busuk ini akan mengakibatkan sakit pernafasan. . diare. Limbah padat belum dirasa dampaknya karena dimanfaatkan untuk makanan ternak. Apabila dialirkan ke sungai dapat menyebabkan penyakit gatal. kimia. Industri . tetapi limbah cair akan mengakibatkan bau busuk dan bila dibuang langsung ke sungai menyebabkan tercemarnya sungai.Tahu limbah saat pembuatan tahu maupun saat pencucian kedelai. Limbah cair yang dihasilkan akan mengalami perubahan fisika. dan penyakit lainnya. dan hayati yang akan menghasilkan zat beracun atau menciptakan media untuk tumbuhnya kuman.

Zat warna tekstil merupakan gabungan dari senyawa organik tidak jenuh. . Pencemaran ini berupa pencemaran debu yang dihasilkan dari penggunaan mesin berkecepatan tinggi dan limbah cair yang berasal dari tumpahan dan air cucian tempat pencelupan larutan kanji dan proses pewarnaan. Tekstil . dan auksokrom sebagai pengaktif kerja kromofor dan pengikat antara warna dengan serat. .Batik Salah satu sumber limbah adalah industri batik rumahan. . Pencemaran ini berasal dari zat kimia sebagai pewarna. kromofotor.

. Alkohol Industri kimia seperti alkohol dalam proses pembuatannya membutuhkan air sangat besar. air sisa pencucian peralatan. endapan CaSO4. Limbah cair selain dari proses produksinya juga. . limbah padat berupa onggokan hasil perasan. mengakibatkan pula besarnya limbah cair yang dikeluarkan ke lingkungan sekitarnya. gas berupa uap alkohol.

.SOLUSI  Menggunakan pestisida untuk tanaman diharapkan se-efisien mungkin atau tidak berlebihan  Berlaku bijak dengan tidak membuang limbah rumah tangga yang dihasilkan ke sungai  Limbah industri sebelum dibuang ke tempat pembuangan / dialirkan ke sungai / selokan hendaknya dikumpulkan di suatu tempat yang di sediakan. kemudian diolah atau di netralisir kandungan berbahayanya agar bila terpaksa harus dibuang ke sungai tidak menyebabkan terjadinya pencemaran air.