You are on page 1of 10

KEWIRAUSAHAN

Oleh;
Djamila Abbas, SE, MM

berbudi luhur. memiliki keagungan watak dan berdiri sendiri  Robert Hisrich(1985). Entrepreneur is the process of creating something different with value by devoting the neccesary time dan effort. teladan. Entrepreneur (wirausaha)  Istilah wirausaha berasal dari kata entrepreneur (bahasa perancis) yang diterjemahkan dalam bahasa inggris dengan arti between taker atau go-between (perantara). berani. assumsing the accompanying finacial.  Wiarausaha dalam bahasa sangsekerta artinya manusia unggul. berjiwa besar. psyhological and risk and receiving the resulting rewards of monetary and personal stasfication .

.Keuntungan menjadi wiarusaha  Terbuka peluang untuk mencapai tujuan yang dikehendaki.  Terbuka peluang untuk mendemonstrasikan kemampuan serta potensi seseorang secara penuh  Terbuka peluang untuk memperoleh manfaat dan keuntungan secara maksimal  Terbuka peluang untuk membantu masyarakat dengan usaha-usaha konkrit  Terbuka kesempatan menjadi bos.

Kelemahan  Memperoleh pendapata yang tidak pasti. dan memikul berbagai resiko  Bekerja keras dan waktu/jam kerjanya panjang  Kualitas kehidupannya masih rendah sampai usahanya berhasil. banyak keputusan yang harus dibuat walaupun dia kurang menguasai permasalahan permasalahan yang di hadapinya. . sebab harus berhemat  Tanggung jawabnya besar.

Model Proses Kewirausahaan ( Bygrave) Inovation (inovasi) Triggering Event (Pemicu) Implementation (Pelaksanaan) Growth (Pertumbuhan) .

Menilai Peluang Membuka Usaha baru. Uncertainty Opportunity Enterpreneur Fits & Gaps Uncertainty Uncertainty Resources Uncertainty . the entreprenur (and management team) and the resources needed to start the company and make it growth. Tiga komponen utama yang harus diteliti untuk membuka usaha baru (Bygrave): There are three crucial componets for a succeful new business: the oppurnuty.

Berorientasi ke masa depan . Kepemimpinan 5. Pengambil resoko 4. Keorisinilan 6.Sifat-sifat Yang Perlu dimiliki Wirausaha (BN. Percaya diri 2. 1993:63) 1. Marbun. Berorientasi tugas dan hasil 3.

Capacity for hard work (mau kerja keras) 2.Jalan menuju Wirausaha Sukses (Murpy and Peck. Penampilan baik (good appearance) 4. Mau menambah ilmu pengetahuan (college education) 7. 1980:8) 1. Pandai membuat keputusan (making sound decision) 6. Pandai berkomunikasi (ability to communicate) . Yakin ( self confidance) 5. Ambisi untuk maju (ambition drive) 8. Bekerjasama dengan orang lain (getting thing done with and through people) 3.

tapi melalui jalan panjang. ia akan balik belajar cepat ini pengalaman yang sanggat berharga. coba ini. maju terus.  Entrpreneur adalah orang yang action-oriented.  Jangan takut gagal.  Gantungkan cita-cita setinggi langit.  Walaupun kelihatannya lucu. tapi mimpi besar ini memacu motivasi dan visinya. apa yang terjadi jika begini. Semboyan Entrepreneur agar kreatif  Entrepreneur selalu mimpi ide baru. .  Jangan malu mulai dari yang kecil. buat sesimpel mungkin. sesuaikan dan kerjakan. selalu awas dalam melihat peluang. pengalaman dari yang kecil membentuk fondasi kuat melalui kerja keras dan dedikasi sabar. sukses tidak muncul dalam satu malam. tidak mau berhenti.tembak yang paling atas. selalu bertanya mengapa tidak. pantang menyerah. memiliki “intelegent failure” ia punya kecerdasan kegagalan. dan belajar dari kegagalan.

maka hendaklah kalian berusaha.” Dalam berbisnis ada unsur Luck: Luck is where preparation and oppurtunity meet (nasib baik adalah titik temu antara berdoa dan berusaha) . “ dan menjunjung tinggi “ jujur dalam berbisnis. kejujuran adalah modal hidup. Motto yang penting ditanamkan “ Sesungguhnya Allah telah mewajibkan kalian berusaha.