You are on page 1of 5

Kualitas Manusia dan Hak untuk diakui

sebagai warga negara
Berdasarkan pada Hoffman (1985: 83), ada setidaknya
empat kategori dari orang-orang yang dieksklusikan yang
mungkin mengklaim kewarganegaraan: Manusia yang
distigmatisasikan, manusia yang terganggu, calon
manusia dan kuasi

Menurut Hoffman 4 kategori manusia ini tidak mendapat
hak untuk diakui sebagai warga dikarenakan kualitas dari
kategori manusia tersebut yang tidak mampu untuk
mendapatkan hak dan melakukan kewajiban-
kewajibannya sebagai warga Negara

. yakni Ius Soli dan Ius Sanguinis Kedua istilah itu berasal dari bahasa Latin. Ius artinya hukum atau dalil.Menurut Heater ada dua cara untuk menentukan asas kewarganegaraan . sedang sanguinis berasal dari kata sanguis yang artinya darah. Soli berasal dari kata solum yang artinya negeri atau tanah.

seorang warga negara mempunyai kedudukan khusus terhadap negaranya. menekankan pada aspek anggota suatu negara. dan sebagai anggota suatu negara.Koerniatmanto hak dan kewajiban yang berkaitan dengan warga negara. Warga Negara adalah anggota suatu negara. Ia mempunyai hubungan hak dan kewajiban yang bersifat timbal balik terhadap negara. .

. Seseorang dengan keanggotaan yang disebut dengan warga negara.Daryono Kewarganegaraan adalah keanggotaan seseorang di dalam satuan politik tertentu (secara khusus adalah Negara) yang dengannya akan membawa hak untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan politik.

agama maupun sebagainya. suku. ras. hak itu sifatnya universal sebab dipunyai tanpa adanya perbedaan kelamin. Hak untuk diakui sebagai warga negara yang sederajat adalah merupakan HAM dalam bidang politik.Pengertian HAM menurut Miriam Budiarjo HAM adalah hak yang dimiliki setiap orang yang dibawa sejak lahir ke dunia. . budaya.