You are on page 1of 20

Medical neglect

dr. Binsar Silalahi, Sp.F, DFM, SH

Definisi Hukum
• Menurut Hobes: “Where as law, properly is the
word of him, that by right had command over
others”
• Menurut Drs.C.Utrech, SH: “Hukum adalah
himpunan peraturan-peraturan yaitu yang berisi
perintah-perintah dan larangan-larangan yang
mengurus tata tertib suatu masyarakat dan
karena itu harus ditaati oleh masyarakat itu”
• Hukum adalah peraturan yang mengatur perilaku
manusia

Tujuan Hukum • Menciptakan kehidupan bermasyarakat yang tertib dan nyaman. serta adil dan memiliki kepastian hukum .

Traffic Light .

Produk Hukum Presiden/Pemerintah DPR RUU RUU Undang-undang .

Mekanisme Produk Hukum Kebutuhan Masyarakat RUU Pemerintah RUU DPR Masyarakat Undang-undang .

Kebutuhan Masyarakat UU Praktik Kedokteran No 29 tahun 2004 .

keahlian/kewenangan terus menerus ditingkatkan mutunya melalui pendidikan berkelanjutan. dan pemantauan ilmu pengetahuan dan teknologi . pengawasan. pembinaan. UU Praktik Kedokteran No 29 tahun 2004 • Pertimbangan Penyelenggaraan praktik kedokteran harus dilakukan oleh dokter/dokter gigi yang memiliki etik/moral yang tinggi. sertifikasi. registrasi. lisensi.

UU Praktik Kedokteran No 29 tahun 2004 • Tujuan Memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada pasien. dokter. dokter gigi (Pasal 3) .

Physician Patient Relationship Physician Relationship Patient Bioetika Resultaatsverbintenis (contract therapautic) IDI/petugas rumah sakit Penegak Hukum Permintaan keluarga .

such as a physician. veterinarian. intentional wrongdoing. Malpractice may be the result of ignorance. dentist. . or lack of skill or fidelity in the performance of professional duties. Malpraktik (neglece) Malpraktik (Coughlin’s Dictionary of Law): Malpractice is Professional misconduct on the part of professional person. neglect.

Pembuktian Malpraktik Breach of Duty Causation Damage Duty Standard of Competency Standard of Skill Keterangan Standard of Care FK Ahli SOP Informed consent Certificate of Competency STR KKI •KUHP SIP Dinkes Setempat IDI •KUH Perdata .

Keterangan terdakwa . 4. HUKUM • KUHAP 183 Hakim membutuhkan cukup 2 (dua) alat bukti syah dan keyakinannya untuk menentukan bersalah atau tidaknya • KUHAP 184 Alat bukti syah adalah: 1. 2. 3. 5. Keterangan ahli. Petunjuk. Keterangan saksi. Surat.

1366 ganti kerugian • Culpa Lata  KUHP 359/360 kelalaian menyebabkan orang mati dan luka berat .• Culpa Levis  KUH Perdata 1365.

Oleh keluarganya dibawa ke salah satu rumah sakit swasta di Palembang. kasus tersebut dibicarakan. IDI Kotamadya Palembang mendapat pengaduan mengenai kasus diduga malpraktik: 1. Akhirnya Dokter umum tersebut disidangkan di Palembang oleh MKDK. Dirawat beberapa hari. pusing. dan kebetulan keluarganya merupakan tenaga medis. Seorang dokter umum memberi terapi obat pada pasien anak berumur 7-8 tahun yang didiagnosa suspek malaria. Keluarga korban merasa tidak bisa menerima. dan diagnosis yang diambil juga tidak salah. yang meminta pendapat pakar ahli penyakit dalam tropis dan farmakologi. Ternyata menurut IDI cabang Palembang. dirawat dengan diagnosa kerja OD. Selang beberapa jam. obat yang diberikan dokter umum tersebut sudah tepat. . Mereka kemudian mengadakan somasi terhadap dokter tersebut. anak tersebut mengalami mual-mual. kemudian pulang. Sampai ke IDI. Contoh Kasus Dalam 5 tahun belakangan ini. diberi klorokuin dengan dosis tertentu. dan dinyatakan bersalah dengan diberi peringatan lisan.

Setelah dirapatkan beberapa kali oleh IDI. Dokter anak tersebut menanggapi bahwa dia bukanlah seorang ahli tumbuh kembang. dan ternyata tidak bisa lagi terukur dengan audiometer. tetapi dokter anak tersebut menolak. karena sejak kecil anak-anak berobat dengan dokter tersebut. Anak tersebut dianjurkan untuk implan koklea seharga Rp 250Jt. Contoh Kasus 2. Sebuah keluarga. Dokter spesialis anak tersebut bersalah. Orang tua anak tersebut meminta biaya tersebut dibagi dua dengan dokter anak. diadakan usaha damai. Kemudian pasien dikirim ke Jakarta. Kemudian tiba-tiba bapak dan ibu mengetahui bahwa salah seorang anaknya tuli. tetapi tetap dikonsulkan ke ahli THT untuk mengetahui tingkat ketuliannya. . dan digunakan tes yang lebih canggih dan pasien masih dapat mendengar. Kebetulan ayah dari anak tersebut adalah ketua salah satu komisi DPRD kota Palembang. Menurut orang tua. bapak-ibu dan anak-anaknya sudah berobat dengan dokter spesialis anak sejak lama.

Kemudian hal tersebut dilaporkan kepada dokter bedah umum tersebut. pihak keluarga menuntut ganti rugi biaya pengobatan. Kemudian pasien meninggal. Setelah pihak keluarga mengetahui informasi tersebut. hingga pasien diperbolehkan pulang. . dan dilakukan autopsi oleh dokter BS. Dokter bedah umum melakukan operasi apendektomi di salah satu rumah sakit di Palembang. cairan tersebut masih keluar. Kemudian pasien dibawa ke rumah sakit lain dan dinyakatan kanker. Contoh Kasus 3. ternyata dari tempat luka operasi tersebut masih keluar cairan. dan dokter tersebut menganjurkan untuk perawatan luka di rumah. dan didapatkan hasil bahwa kanker sudah memenuhi seluruh rongga perut. Setelah operasi.

dan dokter tersebut kemudian dilaporkan ke IDI cabang Palembang. Dokter SpOG menolong persalinan di salah satu rumah sakit swasta di Palembang saat subuh. Contoh Kasus 4. . Selanjutnya tidak terdengar lagi beritanya. Ternyata bayinya meninggal.

. .Dengan paparan di atas dokter dapat mengantisipasi . maka dokter/dokter gigi dapat mengantisipasinya dengan bantuan pihak asuransi yang telah ikut menjadi peserta aliansi.pencegahan tidak terjadi malpraktik apabila memenuhi duty tersebut di atas.Bila sudah terjadi malpraktik.