You are on page 1of 10

BAHASA PEMROGRAMAN

Kelompok 5

 KETUA : Efraim Christian Wanandy (1761009)
 SEKRETARIS : Viny Cornelia (1763007)
 ANGGOTA : Marthinus Sidang (1761004)
Christian Kevin Jiwono ( 1763001 )

Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Pengertian bahasa pemrograman Bahasa pemrograman. atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer. .

Klasifikasi menurut tingkatan oBahasa tingkat rendah (low level language) o Bahasa tingkat tinggi (high level language) o Bahasa gerenarasi keempat (4 GL) .

• Low-level programming language Tingkat bahasa pemrograman ini disebut “rendah” bukan karena posisinya berada di bawah. Merupakan bahasa ini menggunakan pengkodean yaitu kode angka 0 dan 1. Contoh : bahasa biner . Melainkan karena kurangnya abstraksi (penggambaran kode intruksi) antara bahasa natural dengan bahasa mesin.

• High-livel programming language High-level programming language yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia dan instruksi yang bersifat simbolik. ||. }. >>. <<. &&. contohnya {.dll . ?.

and.• Very high-level programming language Very high-level programming language yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata- kata bahasa manusia. for. end. or.dll . if. contoh : begin. while.

Klasifikasi menurut generasi • Generasi ke-1: machine language • Generasi ke-2: assembly language • Generasi ke-3: high level programming language • Generasi ke-4: 4 GL (fourth-generation language) • Generasi ke-5: Programming Language Based Object Oriented & Web Development .

Generasi ke-1: machine language Bahasa yang berorientasi pada mesin. Bahasa Assembly adalah bahasa pemrograman yang menggunakan instruksi yang sama seperti pada bahasa mesin. Bahasa Mesin adalah bahasa tingkat rendah yang hanya dipahami oleh komputer. Program disusun menggunakan bahasa mesin/kode mesin. Generasi ke-2: assembly language Bahasa pemrograman yang menggunakan bahasa rakitan / Assembly. . tetapi instruksi dan variable yang digunakan mempunyai nama sehingga mempermudah proses pemrograman.

.Generasi ke-3: high level programming language Bahasa pemrograman yang menggunakan pendekatan prosedural. Contoh : WRITE (untuk menampilkan kelayar) Generasi ke-4:4 GL (fourth-generation language) Bahasa generasi ke-4 disebut juga dengan Very High Level Language atau Problem Oriented Language (bahasa yang berorientasi pada masalah) karena memungkinkan pemakai menyelesaikan masalah dengan sedikit penulisan kode pemrograman dibandingkan dengan bahasa prosedural. Instruksi program ditulis menggunakan kata-kata yang biasa digunakan oleh manusia.

Generasi ke-5 : Programming Language Based Object Oriented & Web Development Merupakan bahasa pemrograman yang ditujukan untuk menangani kecerdasan buatan (artificial intelligence) (AI). . AI adalah disiplin dari ilmu komputer yang mempelajari cara komputer meniru kecerdasan manusia.