You are on page 1of 14

Mahmudah, 2015

Dasar dasar akuntansi biaya

LOGO

Perbedaan utama akuntansi manajemen dan LOGO akuntansi keuangan Akuntansi manajemen Akuntansi keuangan Tujuan informasi Membantu manajer mengambil Mengkomunikasikan keputusan utk memenuhi tujuan posisi keuangan organisasi organisasi kpd stakeholder Pemakai utama Manajer organisasi Pemakai eksternal Fokus dan Berorientasi masa depan Berorientasi masa lalu penekanan Aturan Pengukuran dan laporan internal Lap keu harus disajikan pengukuran dan tdk hrs sesuai standar GAAP sesuai GAAP pelaporan Rentang waktu bervariasi Lap keu tahunan dan dan jenis kuartalan laporan .

LOGO Analisis rantai nilai 1. produksi 4. Desain produk. pemasaran 5. Layanan pelanggan . distribusi 6.Penelitian dan pengembangan 2. jasa dan proses 3.

LOGO Faktor kunci keberhasilan 1 Biaya dan efisiensi 2 kualitas 3 waktu 4 inovasi .

3 panduan penting yg akan membantu LOGO manajemen 1 2 3 Pendekatan biaya Pertimbangan Biaya yang berbeda manfaat perilaku dan teknis untuk tujuan berbeda .

. yg mrp by yg diprediksi atau diramalkan (by masa depan). yg dibedakan dari biaya yg dianggarkan (budgeted cost). Biaya aktual (actual cost) adalah by yang terjadi (by historis atau masa lalu). LOGO Biaya dan terminologi biaya Biaya (cost) sebagai sumber daya yang dikorbankan (sacrificed) atau dilepaskan (forgone) untuk mencapai tujuan tertentu.

Mengalokasikan akumulasi by yg mempunyai hub tdk langsung dengan objek by . Menelusuri akumulasi by yg mempunyai hub langsung dgn objek by 2. LOGO Pembebanan biaya 1.

Biaya langsung dari objek biaya 2. Biaya tidak langsung dari objek biaya Faktor2 yg mempengaruhi klasifikasi biaya langsung/tidak langsung: 1. Desain operasi . LOGO By langsung dan by tdk langsung Penelusuran by dan alokasi by 1. Materialitas suatu biaya 2. Ketersediaan teknologi pengumpulan informasi 3.

LOGO Pola perilaku biaya Biaya variabel: secara total berubah seiring dengan perubahan tingkat aktivitas atau volume yang terkait. sekalipun terjadi perubahan yang besar atas tingkat aktivitas atau volume terkait. Biaya tetap tdk akan berubah secara total selama periode waktu tertentu. .

Perusahaan sektor jasa menyediakan jasa kepada pelanggannya. perdagangan dan jasa Perusahaan sektor manufaktur membeli bahan serta komponen dan mengubahnya menjadi berbagai barang jadi Perusahaan sektor perdagangan membeli dan kemudian menjual produk berwujud tanpa mengubah bentuk dasarnya. . LOGO Perusahaan sektor manufaktur.

LOGO Jenis jenis persediaan 1 2 3 Persediaan bahan Persediaan brg Persediaan langsung dlm proses barang jadi .

LOGO Klasifikasi by manufaktur  Biaya bahan langsung: by perolehan semua bahan yang pada akhirnya akan menjadi bagian dari objek biaya dan yg dapat ditelusuri ke objek by dengan cara ekonomis.  By tenaga kerja manufaktur langsung: meliputi kompensasi atas seluruh tenaga kerja manufaktur yang dapat ditelusuri ke objek biaya dgn cara yang ekonomis  By manufaktur tdk langsung: seluruh biaya manufaktur yang terkait dengan objek biaya (brg dlm proses dan kemudian brg jadi) namun tidak dapat ditelusuri ke objek biaya dengan cara ekonomis. .

. Biaya periode: semua biaya yang dicantumkan pada laporan laba rugi selain hpp. LOGO Biaya persediaaan (inventoriable costs) Biaya persediaan: semua biaya produk yang dianggap sebagai aktiva dalam neraca ketika terjadi dan selanjutnya menjadi harga pokok penjualan ketika produk itu dijual.

com ilmu LOGO .themegallery. Setiap orang adalah guru dan setiap tempat adalah kelas yang penuh dengan www.