You are on page 1of 18

1.

AMALIA FITRIANI
2. DWI YULIA M.S
3. INDAH PUSPITASARI
4. NANANG EKO
5. SASKHA ANANDA
6. YODDY ILMIAR

.Definisi Bursitis adalah peradangan pada bursa yang disertai rasa nyeri. Bursa adalah kantong datar yang mengandung yang memudahkan pergerakan normal dari beberapa sendi pada otot dan mengurangi gesekan.

.

dan alekranon bursitis pada pelajar. Pergeseran yang berulang-ulang dapat menyebabkan bursitis akibat gesekan (friction bursitis) dimana dinding bursa menebal dan dapat terjadi efusi pada bursa. .Etiologi bursitis adalah cedera ringan berulang. biasanya berhubungan dengan kegiatan kerja. Bursitis juga dapat berhubungan dengan jenis pekerjaan tertentu seperti prepatela bursitis pada lutut pembantu rumah tangga.

KLASIFIKASI Bursitis Akut Bursitis Kronis .

Biasanya panggul teraba hangat dan kulit meliputi trokanter mayor terlihat kemerahan. Penderita mengeluh nyeri panggul. dengan nyeri lokal di posterolateral prominensia ( menonjol di atas permukaan ) trokanter. Gejala utama bursitis dan tendinitis panggul ialah nyeri lokal yang meliputi trokanter mayor dan nyeri saat melakukan rotasi ekstrem atau abduksi panggul.PATOFISIOLOGi gluteus minimus pada insersinya di dalam trokanter mayor adalah penyakit tersering panggul pada usia pertengahan dan lanjut.Karena nyeri di bokong dan panggul keatas berhubungan dengan penyakit tulang belakang daerah lumbal. biasanya menjadi lebih hebat pada eksuserbasi dan beralih ke sisi lateral paha. . Inflamasi di daerah insersi otot tersebut biasanya juga meliputi burse trokanter yang terletak di sub cutan.

pembengkakan lokal panas meradang Manifestasi Klinis nyeri merah .

PENATALAKSANAAN A. F. Kadang endapan kalsium yang besar di bahu bisa dibuang melalui jarum atau melalui pembedahan. Bursitis kronis diobati dengan cara yang samae. Bursitis akut non-infeksius biasanya diobati dengan istirahat. C. G. Terapi fisik dilakukan untuk mengembalikan fungsi sendi . Bursa yang terinfeksi harus dikeringkan dan diberikan antibiotik. Kortikosteroid bisa disuntikkan langsung ke dalam sendi. D. ibuprofen atau naproksen) Kadang diberikan obat pereda nyeri. dimana untuk sementara waktu sendi yang terkena tidak digerakkan dan diberikan obat peradangan non-steroid (misalnya indometasin. B.

Terlalu banyak suntikan steroid selama waktu singkat dapat menyebabkan cedera pada tendon sekitarnya. . Terjadinya Bursitis kronis 2.Komplikasi 1.

pencegahan .

bisa diambil contoh cairan dari bursa dan dilakukan pemeriksaan terhadap cairan untuk menentukan penyebab dari peradangan. . Jika bursa tampak membengkak. PEMERIKSAAN DIAGNOSTIK Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan pemeriksaan fisik. Daerah di sekitar bursa terasa sakit jika diraba dan pergerakan sendi tertentu menimbulkan nyeri.

rawat :-  Dx. Medis : Bursitis  Tanggal Masuk :-  Tanggal Pengkajian :-   Penanggung Jawab  Nama :-  Umur :-  Pekerjaan :-  Hubungandengan klien : - . Medrec :-  R.Asuhan Keperawatan Penyakit Bursitis Pengkajian :  Nama :-  Umur : biasanya sering terjadi pada orang dewasa dan  masalah memuncak pada umur 40 dan 50 tahun  Jenis Kelamin : tidak mempengaruhi  Status material : tidak mempengaruhi  Agama : tidak mempengaruhi  Pendidikan : tidak mempengaruhi  Pekerjaan : biasanya terkena pada asisten rumah tangga  Suku Bangsa : tidak mempengaruhi  Alamat :-  No.

atau bagian tubuh lainnya yaitu sikut. pinggul. pinggul. C. atau bagian tubuh lainnya yaitu sikut.B. lutut. Biasanya nyeri dirasakan terus menerus akan terasa hebat saat menggerakan bagian yang mengalami peradangan dan akan berkurang apabila mengurangi gerakan atau aktivitas dan beristirhat. Riwayat Kesehatan Sekarang. Keluhan Utama Biasanya pasien mengatakan mengeluh nyeri pada bagian bahu. nyeri menyebar pada daerah sekitar pembekakan atau peradangan. jari kaki. PQRST Biasanya pasien datang ke rumah sakit dengan keluhan nyeri pada bagian bahu. jari kaki. Biasanya nyeri terdapat di skala 4-6 (1-10). dan tumit. dan tumit. lutut. . Nyeri terasa seperti tertusuk tusuk.

. dan bursitis akut yang tidak kunjung sembuh E.D. Riwayat Kesehatan Keluarga Biasanya pasien mengatakan didalam keluarganya tidak ada yang menderita penyakit keturunan seperti diabetes mellitus. remathoid artritis. asma dan hipertensi atau penyakit keturunan yang lainnya. Riwayat Kesehatan Masa Lalu Biasanya pada bursitis kronis pasien pernah mengalami trauma kronis pada bursa.

jari kaki. Pemeriksaan Fisik Tanda-tanda vital System Muskuluskeletal : Biasanya bagian ekstremitas atas dan bawah simetris. lutut. biasanya terjadi kelemahan pada uji kekuatan otot 3-4 (1-5) . terdapat luka atau benjolan dan kemerahan pada bagian bahu atau bagian tubuh lainnya yaitu sikut. dan tumit. dan jumlah jari lengkap.F. pinggul.

jari kaki. meliputi : Data subyektif Data obyektif . atau bagian tubuh lainnya yaitu sikut. pinggul.. dan tumit. terdapat benjolan dan kemerahan pada bagian bahu.System integument Inspeksi : warna kulit sawo matang. Palpasi : turgor kulit normal. Analisa Data. lutut. dan tidak ada edema. J.

K.d peradangan bursa .Diagnosa Keperawatan  nyeri akut b.d peradangan bursa  gangguan hambatan mobilisasi b.