You are on page 1of 35

DOKTER KELUARGA

DALAM PELAYANAN PRIMER

Prof.Dr.H.Gusbakti, MSc,PKK,AIFM,DK

Pendahuluan
Pelayanan primer yang handal 􀃠
MMR dan IMR rendah 􀃠
Sintas (harapan hidup) tinggi 􀃠
Hemat biaya kesehatan
Dokter = “Basic medical doctor (BMD)” =
“Basic primary care doctor (BPCD)”
Yang diperlukan:
“Advanced primary care doctor” = “Family
Doctor”
Waktu pendidikan dokter terbatas 􀃠
Tidak mungkin mencapai “Family Doctor”

Pelayanan primer:
From the perspective of practice, primary care
can be define by its clinical tsks:
• Medical diagnosis and treatment
• Psychological diagnosis and treatment
• Personal support of patients of all
backgrounds in all stages of illness
• Communication of information about
diagnosis, treatment and prognosis and
• Prevention and care of chronic disease and
disability through risk assessment, health
education, early disease detection, and
behavioral change
(Stoeckle JD, in Primary care Medicine, Gorol AH, May LA, Mulley
AG, eds. JB Lippincott Company, Philadelphia, 5rd ed, 2006)

Empati. DK  DPP yang mumpuni  Pengalaman Praktik (perilaku.Dokter Keluarga (DK) Dr. Ilmu. Keterampilan. dan Kinerja) Tambahan Ilmu (belajar mandiri atau formal) Tambahan Keterampilan (belajar mandiri atau formal) Tetap sebagai DPU Menerapkan Pendekatan Kedokteran Keluarga Gelar DK adalah penghargaan atas peningkatan profesionalisme di ranah pelayanan primer .

Ada dua DK: 1. Dokter (Basic Medical Doctor) yang menerapkan pendekatan kedokteran keluarga (tanpa gelar) 2. Dokter Pelayanan Primer mumpuni yang menerapkan pendekatan KedokteranKeluarga (dengan gelar) Gelar DK sebagai penghargaan atas pencapaian profesionalisme tertinggi di ranah pelayanan kesehatan primer Gelar DK gelar profesi bukan akademis .

Prinsip-prinsip pelayanan/ pendekatan kedokteran keluarga adalah memberikan/ mewujudkan: Pelayanan yang holistik dan komprehensif Pelayanan yang kontinu Pelayanan yang mengutamakan pencegahan Pelayanan yang koordinatif dan kolaboratif Penanganan personal bagi setiap pasien sebagai bagian integral dari keluarganya .

dan lingkungan tempat tinggalnya Pelayanan yang menjunjung tinggi etika dan hukum Pelayanan yang sadar biaya Pelayanan yang dapat diaudit dan dapat dipertangungjawabkan . Prinsip-prinsip pelayanan/ pendekatan kedokteran keluarga adalah memberikan/ mewujudkan: Pelayanan yang mempertimbang kan keluarga. lingkungan kerja.

 “Family medicine gives more care than cure”  Kesinambungan primer – sekunder  Mekanisme saling kontrol  Meningkatkan kerjasama profesional 8 .

Prinsip dasar pelayanan DK Continuity of care Comprehensiveness Coordination of care Prevention first Family involvement Community consideration 9 .

bukan penyakitnya  Dalam sakit dan sehat  Saat rawat jalan & inap  Kepercayaan pasien meningkat 10 .Prinsip dasar pelayanan DK  Continuity of care  Dari konsepsi sampai mati  Untuk pasiennya.

Prinsip dasar pelayanan DK  Pertanyaan:  Apakah anda menggunakan riwayat pasien sebelum mengambil keputusan?  Apakah anda menjelaskan kepada pasien pentingnya tindak lanjut?  Apakah anda merunding tujuan terapi jangka panjang sekalipun pada penyakit akut?  Apakah anda menyelenggarakan rekam medis yang memadai? 11 .

organ. sosial. dan pelayanan  Mencakup semua teknologi yang diperlukan 12 . golongan usia.Prinsip dasar pelayanan DK  Comprehensiveness  Pasien dilayani secara holistik. biologis. dan psikologis  Memberikan lebih dari yang dikeluhkan  Mencakup semua jenis penyakit.

Prinsip dasar pelayanan DK  Pertanyaan:  Apakah rekam medis dapat dimanfaatkan?  Apakah terdapat petanda bahwa dokter memahami betul masalah pasiennya?  Apakah dokter yakin bahwa pasiennya akan membeli obat yang diresepkan?  Apakah dokter yakin bahwa terapi yang diberikan benar-benar merupakan yang terbaik untuk pasien ybs? 13 .

Prinsip dasar pelayanan DK  Coordination of care  Pelayanan yang komprehensif memerlukan koordinasi yang baik  Koordinasi terapi perlu dilakukan dengan:  Dokter spesialis  Kantor tempatnya bekerja  Keluarganya dan atau lingkungannya  Pihak pendana  Dokter yang lain 14 .

Prinsip dasar pelayanan DK  Pertanyaan:  Apakah anda yakin bahwa catatan anda dalam rekam medis terbaca dan jelas untuk dokter yang lain?  Apakah anda yakin bahwa keluarganya akan membantu upaya penyembuhan?  Apakah anda yakin bahwa dokter yang anda rujuki ada di tempat?  Apakah anda yakin bahwa pasien paham dan menjalani semua anjuran? 15 .

Yang terkait rawat-inap  Memberikan data lengkap kepada dokter spesialis rujukan atau konsulan  Pemantauan pasien di tempat rujukan  Meyakinkan pasien bahwa diperlukan konsultasi dan atau rujukan  Menjelaskan kepada pasien berbagai tindakan yang akan dilakukan di tempat rujukan  Fasilitasi proses rawat inap 16 .

 Tindakan terbaik untuk tahap awal  Obat terbaik untuk tahap awal  Kapan saat terbaik untuk dirujuk  Cara merujuk 17 .Simpulan  Peran DK dalam perawatan sangat diperlukan  Kerja sama profesional sangat diperlukan  Perlu disepakati “SOP” tentang manajemen penyakit dan pasien oleh Dk dan DSp.

serta SKN 18 . Pengelolaan dalam DK  Seperti apa sebenarnya Klinik DK?  Klinik dokter praktik biasa  Apakah harus besar dan megah?  Tidak perlu  Lalu apa pedomannya?  Silahkan baca  Dapat dijabarkan dari:  Definisi. tugas. wewenang dan kewajiban. wawasan.

Pemeliharaan dan peningkatan kesehatan 7.Selia bestari (peer review) 9.Perawatan sehari 3. klinik.Penelitian 8. . penyakit.Pencegahan penyakit 6.Kunjungan rumah 4.Rekam medis yang memenuhi syarat untk manajemen pasien.Perawatan di rumah 5.Pengobatan 2.sebuah klinik dokter keluarga harus dapat menyelenggarakan • Pelayanan konsultasi • Pelayanan rawat jalan • Pelayanan kedaruratan • Fasilitas penunjang pembuatan diagnosis 1.Program jaga mutu 10.

Pelayanan di Klinik DK  Pelayanan komprehensif dengan pendekatan holistik  Pelayanan yang kontinu  Pelayanan yang mengutamakan pencegahan  Pelayanann yang koordinatif dan kolaboratif  Penanganan personal bagi setiap pasien sebagai bagian integral dari keluarganya  Pelayanan yang mempertimbangkan keluarga. dan lingkungan tempat tinggalnya  Pelayanan yang menjunjung tinggi etika dan hukum  Pelayanan yang sadar biaya  Pelayanan yang dapat diaudit dan dapat dipertangungjawabkan 20 . lingkungan kerja.

Klinik DK  Kelas A (Ideal)  Pelayanan rawat jalan  Pelayanan rawat inap sehari  Pendidikan dan pengembangan  Konsultasi dan rujukan 21 .

Klinik DK  Kelas B (Optimum)  Pelayanan rawat jalan  Pelayanan rawat inap sehari  Pendidikan dan pengembangan 22 .

Klinik DK  Kelas C (minimum)  Pelayanan rawat jalan  Pelayanan rawat inap sehari 23 .

Langkah awal  Sangat menentukan  Visi dan misi klinik  Kaji kelayakan  Profil konsumen  Situasi lingkungan  Sumber daya manusia  Sumber dana  Profesionalisme 24 .

Langkah awal  Segi legal  Perizinan  Persyaratan  Akreditasi  Etika 25 .

Langkah awal  Segi medis  Cakupan pelayanan  SDM  Pasokan BHP  Epidemiologi 26 .

Langkah awal  Segi sarana  Bangunan  Telekomunikasi  Listrik  Sumber air bersih  Transportasi  Kondisi geografis  Pengolah limbah 27 .

Langkah awal  Segi sosial  Latar belakang budaya  Peta demografi  Budaya  Pekerjaan  Pendidikan  Distribusi usia 28 .

Langkah awal  Segi finansial  Perkirakan titik impas  Bisnis berlandaskan profesionalisme  Berkembang karena profesionalisme  Menguntungan semua pihak  Transparansi 29 .

Langkah awal  Kesejawatan  Kerjasama profesional  Kebersamaan  Saling menghormati. membantu. dan mengontrol  Transparansi 30 . mengingatkan.

dan penugasan  Tingkat dan jenis pendidikan  Wawancara  Rekomendasi  Kontrak kerja yang jelas  Rincian tugas dan wewenang  Mekanisme kontrol   Doctor as Manager 31 . seleksi.Perekrutan.

Pengembangan SDM  Administratif  Petugas medis  Dokter  Perawat  Bidan  Karyawan lain 32 .

and insight determination. and  Observe and reflect hard work  Practice  Pragmatism  Set an example  EQ more than IQ 33 .Mampukah saya menjadi manajer Klinik DK?  Kepemimpinan  Know your self  Good leaders have  Vision  be clear good self awareness  Commitment.

Tindakan antisipatif Konsumen yang makin sadar hak Perkembangan keilmuan Perubahan SKN Otonomi dan desentralisasi Akreditasi dan resertifikasi Persaingan pasar bebas 34 .

THANKS FOR LISTENING .