You are on page 1of 55

PELATIHAN OSCE

SKIN INTEGUMEN

1. Herpes Zoster (Cacar ular)
2. Scabies (Buduk)
3. Kusta (Lepra)

1. Herpes Zoster (Cacar ular)
Kasus:
Seorang laki-laki 45 tahun datang dengan
keluhan timbul gelembung-gelembung berisi cairan
bergerombol disertai nyeri pada dada dan puggung
kiri sejak 4 hari lalu. Awalnya kemerahan, menjadi
gelembung berisi cairan jernih, dan sebagian keruh.
2 hari sebelum keluhan timbul, pasien demam dan
nyeri pada dada dan punggung kiri yang hilang
timbul.

TUGAS!
1. Anamnesis
2. Pemeriksaan fisik
3. Efloresensi kulit
4. Diagnosis
5. Diagnosis banding
6. Pemeriksaan penunjang
7. Pengobatan
8. Edukasi pasien

Anamnesis
Penting: Sapa, salam, senyum, dan perkenalkan diri.
“Selamat pagi pak, perkenalkan saya dokter ….”
a. Identitas:
- Nama: “nama anda siapa/ dengan bapak siapa?”
- Umur: “umurnya berapa pak ….?”
- Agama: “maaf pak, agama anda apa?”
- Pendidikan: “pendidikan terakhirnya apa pak ….?”
- Pekerjaan: “pekerjaan bapak sebagai apa?”
- Alamat: “bapak tinggal dimana?”

….
b. Keluhan utama:
“Ada keluhan yang dirasakan pak ….?”
“sejak kapan?”
“lokasinya dimana saja?”
“ada nyeri?” ada gatal?” ada panas?” “ada rasa baal?”
“bisa diceritakan awalnya seperti apa?”

c. Keluhan tambahan: “Selain itu. ada hal lain yang dirasakan?” “sejak kapan terjadi?” “apakah berbarengan dengan keluhan pertama tadi?” . ….

d. Riwayat penyakit sekarang: “Apakah sekarang anda sedang mempunyai penyakit?” atau “dalam waktu dekat ini. apakah anda punya penyakit?” “penyakit apa?” sejak kapan?” sakitnya seperti apa?” “hal apa yang memperberat?” “penyakit tersebut diobati?” oleh siapa?” “sembuh atau tidak sekarang?” . ….

Riwayat penyakit dahulu: “Sebelumnya anda pernah sakit apa?” atau “dulu pernah sakit pak. …. sakit apa?” “berapa lama?” “penyakit tersebut diobati?” oleh siapa?” “sembuh atau tidak?” . d.

d. Riwayat penyakit keluarga: “Riwayat dari keluarga. ada yang pernah sakit seperti ini?” “keluarga anda ada yang mengalami keluhan seperti anda?” “sekarang bagaimana?” keluarga anda tersebut sudah sembuh?” . ….

…. d. Riwayat pengobatan: “Sebelum datang kesini. apa pernah diobati?” “diobati oleh siapa?” “diberi obat apa?” bagaimana reaksinya?” .

…. Riwayat alergi: “Sebelumnya makan apa?” apakah ada alergi makanan?” “apakah ada alergi obat?” . d.

d. kebersihan badan anda baik atau tidak?” “sehari berapa kali mandi?” “mandinya dimana?” menggunakan sabun atau tidak?” . …. Riwayat kebiasaan: “Maaf pak.

Meminta Izin dan menjelaskan tujuannya: “Baik pak. Termometer. selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan fisik.Penlight.Martil refleks beserta jarum dan kuas halus .Tensimeter. luv . Fungsinya untuk mengetahui keadaan umum dan menilai keadaan yang anda keluhkan tadi. hal ini penting untuk mengetahui penyakit yang anda alami. Fisik 1. Px. . “Apakah anda setuju?” 2. Stetoskop. Mempersiapkan alat: .

Vesikel.Nyeri . Bula dan Pustul .Eritematosus dan Edematous .Tekstur . Mengukur Vital Sign: Tensi. dan Suhu 2. 1. Respirasi. Nadi.Krusta Palpasi: . ….Kedalaman . boleh saya lihat keluhan bapak tadi?” Keluhan Utama : gelembung berisi cairan Distribusi: dada dan punggung kiri (biasanya melingkar) Inspeksi -> Efloresensi Kulit: . Menilai predileksi: “Maaf pak.

ada kemungkinan penyakit lain seperti cacar air (varisela) dan herpes simpleks. Kemungkinan anda menderita penyakit “CACAR ULAR” atau dalam bahasa medis disebut “HERPES ZOSTER” Akan tetapi. . Diagnosis & Diagnosis Banding Berdasarkan keluhan yang anda sampaikan. dan pemeriksaan fisik yang telah dilakukan.

Px.Biopsi kulit . Penunjang Untuk itu ada pemeriksaan lanjutan yang dapat dilakukan seperti: .Pemeriksaan Tzanck .Pemeriksaan lab darah .

. Pengobatan Untuk obat yang diberikan yaitu Asiklovir 5x800 mg sehari dan biasanya selama 7 hari. Untuk demam: Antipiretik : Parasetamol Untuk daya tahan tubuh: Isoprinosin Pengobatan luar diberikan Bedak (+ menthol) untuk mencegah pecahnya gelembung & mengurangi gatal.

. Edukasi pasien Kebersihan badannya harus lebih baik dan untuk sementara jaga kontak dengan keluarga.

kulit pasien juga timbul bintil-bintil kecil pada daerah ketiak. Selain gatal. Skabies (Gudik) Kasus: Seorang laki-laki 28 tahun datang dengan keluhan gatal-gatal pada daerah ekstremitas atas. 2. gatal dirasakan terutama pada malam hari. . siku dan pergelangan tangan.

TUGAS! 1. Efloresensi kulit 4. Diagnosis banding 6. Pemeriksaan fisik 3. Pemeriksaan penunjang 7. Diagnosis 5. Anamnesis 2. Edukasi pasien . Pengobatan 8.

” a. salam. perkenalkan saya dokter …. agama anda apa?” . Anamnesis Penting: Sapa.?” .Agama: “maaf pak.Pekerjaan: “pekerjaan bapak sebagai apa?” .Pendidikan: “pendidikan terakhirnya apa pak ….?” . senyum.Nama: “nama anda siapa/ dengan bapak siapa?” . dan perkenalkan diri.Umur: “umurnya berapa pak …. “Selamat pagi pak. Identitas: .Alamat: “bapak tinggal dimana?” .

…. Keluhan utama: “Ada keluhan yang dirasakan pak …. b.?” “sejak kapan?” “lokasinya dimana saja?” “ada nyeri?” ada gatal?” ada panas?” “ada rasa baal?” “bisa diceritakan awalnya seperti apa?” .

…. ada hal lain yang dirasakan?” “sejak kapan terjadi?” “apakah berbarengan dengan keluhan pertama tadi?” . c. Keluhan tambahan: “Selain itu.

d. apakah anda punya penyakit?” “penyakit apa?” sejak kapan?” sakitnya seperti apa?” “hal apa yang memperberat?” “penyakit tersebut diobati?” oleh siapa?” “sembuh atau tidak sekarang?” . Riwayat penyakit sekarang: “Apakah sekarang anda sedang mempunyai penyakit?” atau “dalam waktu dekat ini. ….

Riwayat penyakit dahulu: “Sebelumnya anda pernah sakit apa?” atau “dulu pernah sakit pak. sakit apa?” “berapa lama?” “penyakit tersebut diobati?” oleh siapa?” “sembuh atau tidak?” . d. ….

…. d. ada yang pernah sakit seperti ini?” “keluarga anda ada yang mengalami keluhan seperti anda?” “sekarang bagaimana?” keluarga anda tersebut sudah sembuh?” . Riwayat penyakit keluarga: “Riwayat dari keluarga.

apa pernah diobati?” “diobati oleh siapa?” “diberi obat apa?” bagaimana reaksinya?” . …. d. Riwayat pengobatan: “Sebelum datang kesini.

d. Riwayat alergi: “Sebelumnya makan apa?” apakah ada alergi makanan?” “apakah ada alergi obat?” . ….

…. kebersihan badan anda baik atau tidak?” “sehari berapa kali mandi?” “mandinya dimana?” menggunakan sabun atau tidak?” . Riwayat kebiasaan: “Maaf pak. d.

luv . Meminta Izin dan menjelaskan tujuannya: “Baik pak. Termometer .Martil refleks beserta jarum dan kuas halus .Penlight. “Apakah anda setuju?” 2.Tensimeter. Px. Fisik 1. Mempersiapkan alat: . selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan fisik. Stetoskop. hal ini penting untuk mengetahui penyakit yang anda alami. Fungsinya untuk mengetahui keadaan umum dan menilai keadaan yang anda keluhkan tadi.

Tekstur .Erosi. pergelangan tangan Inspeksi -> Efloresensi Kulit: . Urtika. Kunikulus / terowongan Akibat garukan: . Mengukur Vital Sign: Tensi. …. Respirasi. dan Suhu 2. Vesikel. siku. dan Krusta Palpasi: .Nyeri . 1. Menilai predileksi: “Maaf pak.Kedalaman lesi . Nadi. Ekskoriasi.Papul. boleh saya lihat keluhan bapak tadi?” Keluhan Utama : gatal pada ekstremitas atas dan timbul bintil-bintil Distribusi: ketiak.

ada kemungkinan penyakit lain seperti dermatitis. dan prurigo. Diagnosis & Diagnosis Banding Berdasarkan keluhan yang anda sampaikan. Kemungkinan anda menderita penyakit “GUDIK/ BUDUK” atau dalam bahasa medis disebut “SKABIES” Akan tetapi. dan pemeriksaan fisik yang telah dilakukan. .

Biopsi eksisional dengan pewarnaan H.Pemeriksaan lab darah .Biopsi / pemeriksaan irisan kulit .E . Px. Penunjang Untuk itu ada pemeriksaan lanjutan yang dapat dilakukan seperti: .

Pengobatan 1. Emulsi benzil-benzoas . Sulfur presipitatum / belerang endap 4. Permetrin 5% dalam krim 2. Krotamiton 10% dalam krim / losio 3.

karena penularannya sangat mudah dan untuk sementara jaga kontak langsung maupun tidak langsung dengan keluarga dan orang sekitar. . Edukasi pasien Utamakan kebersihan badan dan lingkungan.

Kusta (Lepra) Kasus: Seorang laki-laki 30 tahun datang dengan keluhan bercak-bercak putih di punggung dan kedua lengan sejak 6 bulan lalu. . Pasien merasa pertumbuhan bercak tersebut tidak terlalu cepat dan juga merasa ada nyeri di daerah leher sebelah kiri. 3. Keluhan tidak gatal. tetapi kadang-kadang disertai kesemutan. Pasien sering mandi di sungai dan tidak memakai sabun.

Efloresensi kulit 4. Diagnosis 5. Pemeriksaan fisik 3. Pemeriksaan penunjang 7. Anamnesis 2. Edukasi pasien . Diagnosis banding 6. Pengobatan 8. TUGAS! 1.

salam. Identitas: .Pendidikan: “pendidikan terakhirnya apa pak ….?” .?” . “Selamat pagi pak.Nama: “nama anda siapa/ dengan bapak siapa?” .Agama: “maaf pak. perkenalkan saya dokter …. agama anda apa?” . Anamnesis Penting: Sapa.Alamat: “bapak tinggal dimana?” . dan perkenalkan diri.” a.Umur: “umurnya berapa pak ….Pekerjaan: “pekerjaan bapak sebagai apa?” . senyum.

Keluhan utama: “Ada keluhan yang dirasakan pak …. ….?” “sejak kapan?” “lokasinya dimana saja?” “ada nyeri?” ada gatal?” ada panas?” “ada rasa baal?” “bisa diceritakan awalnya seperti apa?” . b.

Keluhan tambahan: “Selain itu. c. …. ada hal lain yang dirasakan?” “sejak kapan terjadi?” “apakah berbarengan dengan keluhan pertama tadi?” .

…. apakah anda punya penyakit?” “penyakit apa?” sejak kapan?” sakitnya seperti apa?” “hal apa yang memperberat?” “penyakit tersebut diobati?” oleh siapa?” “sembuh atau tidak sekarang?” . Riwayat penyakit sekarang: “Apakah sekarang anda sedang mempunyai penyakit?” atau “dalam waktu dekat ini. d.

…. sakit apa?” “berapa lama?” “penyakit tersebut diobati?” oleh siapa?” “sembuh atau tidak?” . d. Riwayat penyakit dahulu: “Sebelumnya anda pernah sakit apa?” atau “dulu pernah sakit pak.

ada yang pernah sakit seperti ini?” “keluarga anda ada yang mengalami keluhan seperti anda?” “sekarang bagaimana?” keluarga anda tersebut sudah sembuh?” . Riwayat penyakit keluarga: “Riwayat dari keluarga. d. ….

Riwayat pengobatan: “Sebelum datang kesini. apa pernah diobati?” “diobati oleh siapa?” “diberi obat apa?” bagaimana reaksinya?” . d. ….

…. Riwayat alergi: “Sebelumnya makan apa?” apakah ada alergi makanan?” “apakah ada alergi obat?” . d.

…. kebersihan badan anda baik atau tidak?” “sehari berapa kali mandi?” “mandinya dimana?” menggunakan sabun atau tidak?” . d. Riwayat kebiasaan: “Maaf pak.

. “Apakah anda setuju?” 2.Kapas. Px. sekarang akan dilakukan pemeriksaan fisik untuk menilai keadaan yang anda keluhkan tadi. luv . Stetoskop. Termometer. tabung air panas dan dingin .Martil refleks beserta jarum dan kuas halus . Meminta Izin dan menjelaskan tujuannya: “Baik pak.Tensimeter. hal ini penting untuk mengetahui penyakit yang anda alami. Fisik 1. Mempersiapkan alat: .Penlight.

1.Papul .Tekstur .Kedalaman lesi . Respirasi. Nadi. …. boleh saya lihat keluhan bapak tadi?” Keluhan Utama : bercak-bercak putih Distribusi: punggung dan kedua lengan Efloresensi Kulit: . dan Suhu 2.Makula hipopigmentasi .Eritema . Menilai predileksi: “Maaf pak.Nyeri . Mengukur Vital Sign: Tensi.Nodul Palpasi: .

Pemeriksaan Kekuatan otot . 3. 4. Tes Sensibilitas: menggunakan kapas. …. jarum dan tabung panas + dingin. Pemeriksaan Saraf tepi 5.

ada kemungkinan penyakit lain seperti Kusta Multibasiler (MB) . Diagnosis & Diagnosis Banding Berdasarkan keluhan yang anda sampaikan. Kemungkinan anda menderita penyakit “KUSTA” atau disebut juga “LEPRA” tipe Pausibasiler (PB) Akan tetapi. Tinea korporis atau dapat juga Vitiligo. . dan pemeriksaan fisik yang telah dilakukan.

Penunjang Untuk itu ada pemeriksaan lanjutan yang dapat dilakukan seperti: .Pemeriksaan Histopatologik .Pemeriksaan BTA .Tes Lepromin . Px.

Rifamfisin 600 mg/bulan .DDS 100 mg/hari .DDS 100 mg/hari . Pengobatan PB : .Lampren 300 mg / sebulan sebulan dan 50 mg/hari selama 12 – 18 bulan .rifamfisin 600 mg/bulan selama 6 -9 bulan MB : .

karena penularannya sangat mudah dan untuk sementara jaga kontak langsung maupun tidak langsung dengan keluarga dan orang sekitar. . Edukasi pasien Utamakan kebersihan badan dan lingkungan.

Tidak gugup 3. Percaya diri 2. PROFESIONALISME 1. Urutan secara sistematis 4. Bereskan alat kembali setelah digunakan .

SUKSESKAN OSCE 2012 Sampai jumpa….. SEKIAN Terima kasih atas perhatiannya. . semoga bermanfaat….