You are on page 1of 8

DI SUSUN OLEH

DIKDIK TAUFIQ N.
1A
34403515039

.  Antropologi adalah studi tentang umat manusia yang berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat tentang manusia dan perilakunya. dan untuk memperoleh pengertian yang lengkap mengenai keanekaragaman manusia. Antropogi berasal dari kata anthropos yang berarti manusia. dan logos yang berarti ilmu.

 David Hunter: anthropologi adalah ilmu yang lahir dari keingintahuan yang tidak terbatas tentang umat manusia.  Koentjaraningrat: Anthropologi adalah ilmu yang mempelajari umat manusia pada umumnya dengan mempelajari aneka warna. Havilland: Antropologi adalah studi tentang umat manusia. berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat tentang manusia dan perilakunya serta untuk memperoleh pengertian yang lengkap tentang keanekaragaman manusia. William A. bentuk fisik .

2. B. Antropologi Budaya 1. Somatologi adalah ilmu yang mempelajari keberagaman ras manusia dengna mengamati ciri-ciri fisik. Antropologi Fisik 1.Prehistori adalah ilmu yang mempelajari sejarah penyebaran dan perkembangan budaya manusia mengenal tulisan 2.Etnolinguistik antrologi adalah ilmu yang mempelajari suku-suku bangsa yang ada di dunia / bumi. . 3.Paleoantrologi adalah ilmu yang mempelajari asal usul manusia dan evolusi manusia dengan meneliti fosil-fosil.Etnopsikologi adalah ilmu yang mempelajari kepribadian bangsa serta peranan individu pada bangsa dalam proses perubahan adat istiadat dan nilai universal dengan berpegang pada konsep psikologi.A.Etnologi adalah ilmu yang mempelajari asas kebudayaan manusia di dalam kehidupan masyarakat suku bangsa di seluruh dunia. 4.

 Teori Fungsionalisme Pandangan fungsional atas kebudayaan menekankan bahwa setiap pola tingkah-laku. memerankan fungsi dasar di dalam kebudayaan yang . dan di satu tempat yang tertentu. setiap kepercayaan dan sikap yang merupakan bagian dari kebudayaan suatu masyarakat. anggapan bahwa ada suatu hukum (aturan) universal yang mengendalikan perkembangan semua kebudayaan manusia. Teori Evolusi Deterministrik Teori ini di kembangkan oleh Edward Burnet Tylor (1832-1917) dan Lewis henry Morgan (1818-1889). setiap kebudayaan mengalami evolusi melalui jalur dan fase-fase yang sudah pasti. yaitu pada waktu makhluk manusia baru saja muncul di dunia ini.  Teori Difusi Kebudayaan manusia itu pangkalnya satu.

sejak saat dalam perkembanganya permukaan bumi ini mulai terkena pengaruh Negara-negara Eropa Barat. pada mas ini mulai muncul tulisan-tulisan ataupun berupa karangan yang menyusun bahan etnhografi tersebut berdasarkan cara berikir evolusi masyarakat. Fase Kedua Masa ini berlangsung pada pertengahan abad ke- 19.1. Afrika dan Amerika. 2. sekitar akhir abad 15 hingga awal abad 16 orang eropa mulai mengelilingi wilayah wilayah dikawasan Asia. Fase pertama Fase ini terjadi sebelum tahun 1800. .

maupun mengenai ketajaman dari metode-metode ilmiahnya .Pada fase ini ilmu antropologi mengalami masa perkembangannya yang paling luas. sebagian besar negara-negara penjajah di Eropa masing-masing berhasil untuk mencapai kemantapan kekuasaannya di daerah-daerah jajahan di luar eropa. Fase Keempat Fase ini kira-kira sesudah 1930.Pada permulaan abad ke-20.Hal ini termasuk bertambahnya bahan pengetahuan yang jauh lebih teliti.3. Fase Ketiga Fase ini berlangsung pada permulaan abad ke- 20. 4.

Antropologi menjadi empat fase sebagai berikut: Fase Pertama (Sebelum tahun 1800-an) Fase Kedua (tahun 1800-an) Fase Ketiga (awal abad ke-20) Fase Keempat (setelah tahun 1930-an) .atau para misionaris karena perbedaan cara hidup antara masyarakat Eropa dan masyarakat di luar Eropa.Antropologi pada masa perkembangan awalnya tidak dapat dipisahkan dengan karya-karya para penulis yang mencatat gambaran kehidupan penduduk atau suku bangsa di luar Eropa. Pada saat itu. kehidupan penduduk di luar Eropa dipandang menarik oleh para penjelajah.