You are on page 1of 16

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Rumusan masalah

Tujuan penelitian

Manfaat penelitian

sebagai pelaku utama. Perkembangan tersebut yang terihat dari cara panen petani yang pada mulanya dilakukan secara tradisional (manual) yang beralih pada penerapan mekanisasi berupa alat dan mesin pertanian (alsintan). tidak dibantu dan dilengkapi dengan sarana produksi yang tepat. oleh karena itu pembangunan sektor pertanian di Indonesia menjadi bagian integral dari Pembangunan Nasional karena menduduki tempat dan peranan yang strategis. Sasaran pembangunan sektor pertanian adalah meningkatkan hasil pertanian yang harus di dukung dengan industri yang kuat. Perubahan sistem panen tersebut merupakan hal yang penting untuk dilakukan mengingat kehilangan hasil yang sering terjadi pada kegiatan pemanenan. Usaha-usaha ke arah itu tidak akan tercapai apabila petani. Latar Belakang Indonesia merupakan negara agraris yang menjadikan sektor pertanian sebagai penopang perekonomian negara. 2009). . Sistem panen dan pasca panen yang di terapkan oleh petani padi saat ini telah mengalami perkembangan yang signifikan. Kehilangan gabah pada pemanenan tradisional diperkirakan sekitar 8% -10% dari hasil produksi per hektar (Irwanto.

Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang. masalah yang akan dianalisis dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut : Apakah dampak positif dan negatif dari penerapan Mekanisasi Pertanian Pada Sistem Panen Usaha Tani Padi Di Kecamatan Tanggetada Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara .

tujuan dari penlitian ini yaitu : Untuk mengetahui apa saja dampak positif dan negatif dari penerapan mekanisasi pertanian pada sistem panen usaha tani padi sawah di kecamatan tanggetada kabupaten kolaka. . Tujuan penelitian Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah.

3. Sumber informasi dan referensi bagi peneliti selanjutnya serta bagi pihak yang membutuhkan. Manfaat penelitian 1. 4. . Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi peneliti (penulis). Sebagai bahan informasi dan masukan bagi petani padi. 2. sehingga menambah ilmu pengetahuan. Sebagai informasi bagi pemerintah serta instansi terkait dalam mekanisasi yang berkelanjutan.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA. LANDASAN TEORI. KERANGKA PIKIR DAN RUMUSAN HIPOTESIS Tinjauan Pustaka Landasan teori Kerangka pikir Rumusan hipotesis .

Tinjauan Pustaka  Penelitian Terdahulu .

.

Landasan teori Pembangunan pertanian  Pengertian dampak  Mekanisasi pertanian .

..lanjutan.  Usaha tani .

Kerangka pikir Usahatani Padi Sawah Mekanisasi Pertanian Panen Padi (combine harvester) sebelum Sesudah Ada perbedaan penerimaan Uji Beda sebelum dan Biaya Paired Sample sesudah mekanisasi Pendapatan Test panen padi analisis Kelayakan: R/C Rasio Layak Tidak layak .

hendaknya dilakukan dengan membuat suatu hipotesis yang merupakan asumsi atau jawaban sementara terhadap permasalahan tersebut (Dekdikbud. U T 1984/1985 ). .Rumusan hipotesis Untuk mendapatkan jawaban yang benar dari suatu permasalahan pada suatu penelitian ilmiah. Maka sesuai dengan permasalahan diatas maka hipotesis penelitian ini dapat diambil berupa : Penerapan mekanisasi pertanian pada sistem panen usaha tani padi memiliki dampak positif yang cukup besar bagi petani padi sawah di kecamatan tanggetada kabupaten kolaka.

BAB III METODOLOGI PENELITIAN .

kabupaten kolaka. 1996 Penelitian ini dilaksanakan di kecamatan tanggeatada. (kerlinger. dan untuk memepermudah penelitian. tetapi data yang dipelajari adalah data dari sampel yang diambil dari populasi tersebut. jumlah sampel yang akan terpilih sebanyak 76 petani dari total tiga desa yang mengembangkan usaha tani padi yaitu desa oneha. sehingga ditemukan kejadian- kejadian relatif pada objek yang di teliti. Metode penetapan jumlah sampel dilakukan dengan menggunakan Sampel acak sederhana (simple random sampling).Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode survey derkriptif dengan pendekatan wawancara dan pengisian kuesioner. Yaitu penelitian yang dilakukan pada populasi besar maupun kecil. setelah observasi awal yang dilakukan oleh penulis yaitu sebagian besar petani telah menggunakan alat panen (combine harvester) dalam kegiatan pemanenan padi. dan desa lamedai. desa lalonggolosua. setiap desa yang berusaha tani padi Jumlah sampel yang diambil sebanyak 25 petani dengan tingkat homogenitas yang tinggi di tinjau dari segi kepemilikan lahan (petani pemilik) dan status profesinya (mata pencaharian utama) sebagai seorang petani padi. pemilihan lokasi didasarkan pada kemampuan peneliti dalam menjangkau lokasi. . Penentapan lokasi di kecamatan tanggeata dilakuka secara sengaja(purposive). mulai bulan januari 2018 sampai dengan bulan maret 2018. Populasi responden penelitian ini adalah petani padi (pemilik-penggarap) yang tersebar di kecamatan tanggetada yang jumlahnya sekitar 319 KK.

yaitu data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk mengetahui dampak dari penerapan mekanisasi pertanian pada sistem panen usaha tani padi di kecamatan tanggetada. Data primer diperoleh melalui pengamatan langsung terhadap lokasi penelitian dan melakukan wawancara dengan responden yang berhubungan dengan penelitian ini sedangkan data sekunder yang merupakan data pelengkap dari data primer yang telah didapatkan. Data sekunder diperoleh dari instansi terkait bahan-bahan pustaka dan literatur lainya yang dapat menunjang penelitian. kabupaten kolaka. .Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua macam data. provinsi sulawesi tenggara. Data yang diperoleh melalui angket kemudian di analisis dengan menggunakan skala Likert. yang merupakan metode skala bipolar yang mengukur baik tanggapan positif maupun negatif terhadap suatu pernyataan.

TERIMA KASIH .