You are on page 1of 17

Intan Maharani Yanza

Kharinda Anjelly Fanratami
Krise Yusiana
Luthfianiiq Syahda
Luxy Yuniar

sistem presidensial yang menyejajakan antara parlemen dan presiden dengan memberikan uang kedudukan kepada presiden yakni sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan. Ketiga sistem referendum yang meletakan pemerintah sebagai bagian ( badan pekerja ) dari parlemen.Demokrasi indonesia A.sistemparlementer yang meletakan pemerintah dipimpin oleh perdana menteri yang hanya berkedudukan sebagai kepala pemerintahan dan bukan kepala negara sebab itu kepala negaranya bisa diduduki oleh raja atau presiden. Kedua. 1995 : 1 ) Demokrasi melahirkan sistem yang bermacam-macam pertama. . Demokrasi dan Implementasinya Pembahasa tentang peran negara dan masyarakat tidak dapat di lepaskan dari telaah tentang demokrasi dan hal ini karna dua alasan pertama.demokrasi sebagai asas kenegaraan secara ensesial telah memberikan arah bagi peranan masyarakat untuk menyelengarakan negara sebagai organisasi tertinggi nya tetapi ternyata demokrasi itu berjalan dalam jalur berbeda-beda ( Rais.hampir semua negara di dunia ini telah menjadikan demokrasi sebagai asasnya yang pundamental. Kedua.

Konsep dasar demokrasi berati “Rakyat Berkuasa” ( government of rule by the people ) istilah demokrasi yang diartikan sebagai pemerintahan atau kekuasan dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat Demokrasi mempunyai arti yang penting bagi masyarakat yang menggunakannya sebab dengan demokrasi hak masyarakat untuk menentukan sendiri jalan nya organisasi negara dijamin jadi.ia berarti seuatu pengorganisasian negara yang dilakukan oleh rakyat sendiri atau asas persetujuan rakyat karena kedaulatan berada ditangan rakyat. “Demos” berati rakyat dan “Kratos/Kratein” berati kekuasan.B.negara demokrasi adalah negara yang diselengarakan berdasarkan kehendak dan kemauan rakyat.atau jika ditinjau dari sudut organisasi. Arti Dan Perkembangan Demokrasi secara etimologis istilah demokrasi berasal dari bahasa yunani. .

Demokrasi Perwakilan Liberal Prinsip demokrasi ini didasarkan pada suatu filsafat kenegaraan bahwa manusia adalah sebagai makhluk individu yang bebas. . C. dan lainnya.china. 2.dan akhirnya kapatalislah yang menguasai negara.rusia. Demokrasi Satu Partai Komunisme Demokrasi satu pratai ini lazimnya dilaksanakan di negara-negara komunis seperti. Oleh karna itu dalam sistem demokrasi ini kebebasan individu sebagai dasar fundamental dalam pelaksanaan demokrasi. Bentuk-Bentuk Demokrasi 1.Konsep Demokrasi semula lahir dari pemikiran mengenai hubungan negara dengan hukum di yunani kuno dan dipraktikan dalam hidup bernegara antara abad ke 4 sebelum masehi sampai abad ke 6 masehi. Kebebasan formal berdasarkan demokrasi liberal akan menghasilkan kesenjagan kelas yang semakin lebar dalam masyarakat.vietnam.

masa demokrasi pancasila era revolusi dengan berakar pada kekuatan multi partai yang berusaha mengembalikan pertimbangan kekuatan antar lembaga negara antar gislatif dan yudikatif. C.masa demokrasi parlementer yang menonjolkan parlemen-parlemen serta partai-partai. .masa demokrasi pancasila era orde baru yang merupakan demokrasi konstitusional yang menonjolkan sistem presidensial D. Periode 1966-1998.masa demokrasi terpimpin yang dalam banyak aspek telah menyimpang dari konstitusional. B. Periode 1999 sampai sekarang. Periode 1959-1965. leDemokrasi Di Indonesia 1. Perkembangan Demokrasi Di Indonesia dapat dibagi dalam 4 priode : A.eksekutif. Periode 1945-1959.

2. . Pengertian Demokrasi menurut UUD 1945 a. hak-hak asasi manusia baik dalam aspek kolektif maupun dalam aspek perseorangan dijamin. Seminar Angkatan Darat II (Agustus 1966) 1) Bidang Politik dan Konstitusional Demokrasi Indonesia seperti yang dimaksud dalam Undang-undang Dasar 1945 berarti menegakkan kembali asas-asas negara hukum di mana kepastian hukum dirasakan oleh segenap warga negara. dan penyalahgunaan kekuasaan dapat dihindarkan secara institusional.

b. . Munas III Persahi : The Rule of Law (Desember 1966) asas negara hokum pancasila mengandung prinsip: Pengakuan dan perlindungan hak asasi yang mengandung persamaan dalam bidang politik. tidak terpengaruh oleh sesuatu kekuasaan/kekuatan lain apa pun. penunjuk jalan seta pelindung. social. Jaminan kepastian hokum dalam semua persoalan. ekonomi. cultural dan pendidikan Peradilan yang bebas dan tidak memihak. hokum.2) Bidang Ekonomi a) pengawasan oleh rakyat terhadap penggunaan kekayaan dan keuangan Negara b) koperasi c) pengakuan atas hak milik perseorangan dan kepastian hukum dalam pengunaannya d) peranan pemerintah yang bersifat pembinaan.

3. Simposium hak-hak Asasi Manusia (Juni 1967)  Persoalan hak-hak asasi manusia dalam kehidupan kepartaian untuk tahun-tahun mendatang harus ditinjau dalam rangka keharusan kita untuk mencapai keseimbangan yang wajar di antara tiga hal : 1. c. Perlunya untuk membina suatu “rapidly expanding economy” (pengembangan ekonomi secara cepat) . 2. Adanya kebebasan yang sebesar-besarnya. Adanya pemerintah yang mempunyai cukup kekuasaan dan kewibawaan.

Demokrasi Indonesia Sebagaimana Dijabarkan dalam Undang-undang Dasar 1945 Hasil Amandemmen 2002 Demokrasi di Indonesia yang tertuang dalam UUD 1945 selain mengakui adanya kebebasan dan persamaan hak juga sekaligus mengakui perbedaan serta keberanekaragaman mengingat Indonesia adalah “Bhinneka Tunggal Ika”. Dengan lain perkataan tertinggi dalam suatu Negara adalah di tangan rakyat. Demokrasi Pasca Reformasi Dalam suatu Negara yang menganut system demokrasi harus berdasarkan pada suatu kedaulatan rakyat. Kekuasaan Negara itu dikelola oleh rakyat dan untuk rakyat (asshiddiqie. .3. 2004:141).

.  Suatu system perwakilan  Suatu system pemilihan kekuasaan mayoritas. Secara umum didalam system pemerintahan yang demokratis senantiasa mengandung unsur-unsur yang paling penting dan mendasar yaitu:  Keterlibatan warga Negara dalam pembuatan keputusan politik  Tingkat persamaan tertentu diantara warganegara  Tingkat kebebasan atau kemerdekaan tertentu yang diakui dan dipakai oleh warganegara.

 Lembaga-lembaga Negara atau alat-alat perlengkapan Negara adalah:  Majelis Permusyawaratan Rakyat  Dewan Perwakilan Rakyat  Presiden  Makamah agung  Badan pemerika keuangan  Adapun infratuktur politik suatu Negara terdiri atas lima komponen sebagai berikut:  Partai politik  Golongan (yang tidak berdasarkan pemilu)  Golongan penekan  Alat komunikasi politik .

Oleh karena itu “rakyat” adalah merupakan paradigma sentral kekuasaan Negara.Penjabara Demokrasi menurut UUD 1945 dalam Sistem Ketatanegaraan Indonesia Pasca Amandemen 2002 Rumusan kedaulatan di tangan rakyat menunjukkan bahwa kedudukan rakyatlah yang tertinggi dan paling sentral. . (a) Konsep kekuasaan Konsep kekuasaan Negara menurut demokrasi sebagai terdapat dalam UUD 1945 sebagai berikut: Kekuasaan di tangan rakyat Dalam Negara Republik Indonesia pemegang kekuasaan tertinggi atau kedaulatan tertinggi adalah ditangan rakyat dan realistisnya diatur dalam Undang-Undang Dasar Negara. Rakyat adalah sebagai asal mula kekuasaan Negara dan sebagai tujuan kekuasaan Negara.

atau pengawasan didelegasikan kepada Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)  Dalam UUD 1945 hasil amandemen tidak ada Kekuasaan konsultatif. karena hal ini berdasarkan kenyataan pertimbangan kekuasaan Negara fungsinya tidak jelas. didelegasikan kepada presiden (pasal 4 ayat(1) UUD 1945)  Kekuasaan legeslatif. . yang dalam UUD lama didelegasikan kepada Dewan Pertimbangan Agung. didelegasikan kepada Mahkamah Agung (pasal 24 ayat(1) UUD 1945)  Kekuasaan inspektif. pasal 19 dan pasal 22 C UUD 1945)  Kekuasaan yudikatif. didelegasikan kepada presiden dan DPR dan DPD (pasal 15) ayat 1. Pembagian kekuasaan  Kekuasaan eksekutif.

. Rakyat kembali mengadakan pemilu setelah membentuk MPR dan DPR (rangkaian kegiatan 5 tahunan sebagai realisasi periodesasi kekuasaan). Kedaulatan politik rakyat dilaksanakan lewat pemilu untuk membentuk MPR dan DPR setiap 5 tahun sekali. yang berarti melakukan pengawasan terhadap jalannya pemerintahan yang dijalankan oleh Presiden dalam jangka waktu 5 tahun”.Pembatasan kekuasaan Proses atau mekanisme 5 tahun kekuasaan dalam UUD 1945 sebagai berikut: Pasal 1 ayat (2) UUD 1945 “kedaulatan ditangan rakyat…”. “Majelis Permusyawaratan Rakyat memiliki kekuasaan melakukukan impeachment terhadap presiden dan wakil presiden jikalau melanggar konstitusi Pasal 20 A ayat (1) memuat “dewan perwakilan rakyat memiliki fungsi pengawasan.

(D) Konsep partisipasi Konsep partisipasi menyangkut seluruh aspek kehidupan kenegaraan dan kemasyarakatan dan partisipasi itu terbuka untuk seluruh warga Negara Indonesia (Thalib. (c) konsep kepengawasan (1) dilakukan oleh seluruh warga Negara.(b) konsep pengambilan keputusan (1) Keputusan didasarkan pada suatu musyawarah sebagai asasnya artinya segala keputusan yang diambil sejauh mungkin diusahakan dengan musyawarah untuk mencapai mufkat. Karena kekuasan di dalam sistim ketatanegaraan Indonesia dalah di tangan rakyat. . 1994: 100-112). (2) secara formal ketatanegaraan pengawasan berada pada DPR. maka dimungkinkan pengambilan keputusan itu melalui suara tebanyak. (2) Namun demikian jikalau mufakat itu tidak tercapai.

. System demokrasi Indonesia sebagaimana tercantum dalam UUD 1945 yang hanya memuat dasar-dasarnya saja memungkinkan untuk senantiasa dilakukan reformasi sesuai dengan perkembangan aspirasi rakyat.

TERIMA KASIH .