You are on page 1of 12

SAMANTHA AURA MANTHOVANI

VIII E
2017

Dalam kegiatan ini perlu dipehatikan beberapa hal yaitu: .Untuk mendapatkan hasil budidaya ikan hias yang baik dilakukan dengan menjaga kualitas dan kuantitasnya.

Wadah Pemeliharaan Ikan Hias Wadah yang sering digunakan adalah akuarium. Wadah untuk ikan hias terdiri dari wadah perawatan induk. pembesaran. dan penampungan hasil. penetasan teur. kolam bak semen. . pendederan. bak fiber glass.1. kolam terpal/plastik. pemijahan. dll.

Ph air : 6-7 .Oksigen terlarut : >3 ppm .Kecerahan air : 30-60 cm .Suhu air : 24-30p .Kesadahan atau kekerasan : 70-100 HD air .Kandungan nitrit : berasal dari sisa pakan. kotoran ikan. dan tanaman mati .2. lumut. Lingkungan Hidup Ikan Hias Air Tawar .

Pakan Ikan Hias Pakan ikan hias adalah: a) Pakan alami. b) Pakan buatan yaitu pellet. artemia. yaitu infusoria. cacing sutera. serangga. ikan hidup/mati. kodok. jentik nyamuk.3. . kutu air.

dari hobiis atau menghasilkannya sendiri. Untuk mendapatkan calon indukan adalah dengan jalan membeli.4. diperoleh dari antar pembudidayaan ikan hias. Pemilihan Calon Indukan Ikan Hias Diperlukan indukan ikan jantan dan betina yang mencukupi umur untuk dipijahkan dan sudah matang gonad (kelamin). .

. Sebaiknya hindari pemijahan satu keturunan (inbreeding). Untuk ikan hias yang tidak bisa melakukan pemijahan alami dapat menyuntikan hormon perangsang (induced spawning) atau memalui pengurutan (stripping). Pemijahan Ikan Hias Pemijahan ikan ada yang internal dan eksternal.5.

Penetasan Telur Ikan Hias Telur akan menetas setelah 24 jam menjadi larva. corong dan happa. . Proses penetasan telur ada yang memerlukan aerasi dan ada yang tidak. Penetasan dilakukan di akuarium. kolam permanen.6. Proses penetasan dilakukan dengan cara diangkat induk secara keseluruhan atau induknya ditinggal salah satu.

Pada umur 1- 2 bulan larva biasanya berukurn 1-2 inci. Seminggu kemudian diberi makanan yang ukurannya lebih kecil dari mulut larva. Lakukan penyiponan untuk menjaga kebersihan air. .7. Perawatan Larva Hingga Pembesaran Setelah larva berumur seminggu. larva membawa cadangan makanan berupa kuning telur (yolksack). Setelah larva membesar berilah pakan alami/buatan saat pagi dan sore.

biasanya bersumber dari faktor lingkungan/makanan. larva capung. jamur. cacing. insang. dan virus. bakteri. katak. Penyakit parasiter disebabkan oleh serangan parasit pada badan ikan. . udang renik. lendir. Parasit ini berupa protozoa. Hama dan Penyakit Hama yang perlu ditanggulangi adalah ular. burung. dan keong. Penyakit yang menyerang ikan hias disebabkan oleh non parasit.8.

Caranya yaitu: a) Menjual langsung ke konsumen b) Menggunakan jasa pengepul c) Pembeli langsung datang ke pembudidaya d) Menawarkan ke agen-agen e) Berdagang keliling f) Usaha budidaya ikan hias bersistem plasma g) Membentuk kelompok yang saling menguntungkan .9. Pemasaran Permintaan ikan hias banyak untuk pangsa pasar lokal dan ekspor.

TERIMA KASIH .