You are on page 1of 13

Pengertian mencuci tangan Mencuci tangan adalah menggosok kedua pergelangan tangan dengan kuat secara bersamaan menggunakan zat pembersih yang sesuai dan dibilas dengan air mengalir dengan tujuan menghilangkan mikroorganisme sebanyak mungkin. .

polio. Langsung lewat kuku tangan: bisul. candidiasis. Kolera. hepatitis A. cacingan. Tak langsung lewat tangan: SARS. makanan tercemar(basi) . Pentingnya mencuci tangan Penularan lewat tangan: Infeksi fekal-oral: gastroenteritis(virus. kuman. tifus.parasit). flu burung. disenteri. jerawat. leptospirosis.

cuci dengan sabun atau antiseptik di air mengalir  Bila tangan tak tampak kotoran. bersikan dengan gosok cairan berbasis alkohol atau hand sanitizer . Manfaat mencuci tangan Hal utama dalam pencegahan dan pengendalian infeksi:  Sederhana dan efektif mencegah infeksi  Menciptakan lingkungan yang aman  Pelayanan kesehatan menjadi aman  Bila tangan kotor.

Setelah buang air kecil(BAK) dan buang air besar (BAB) . Sebelum memegang bayi 4. Sebelum mengolah makanan 3. 5 waktu penting melakukan cuci tangan sehari-hari 1. Sebelum memasukan makanan ke dalam mulut 2. Setelah menceboki anak 5.

.

Setelah kontak dengan lingkungan pasien . Setelah terkena cairan tubuh pasien 4. Sebelum tindakan asepsis 3. Sebelum kontak dengan pasien 2. 5 waktu penting melakukan cuci tangan di lingkungan rumah sakit 1. Setelah kontak dengan pasien 5.

.

ambil sabun kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut 2. gosok sela-sela jari hingga bersih . Basahi kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan dengan memakai air yang mengalir. Cara cuci tangan 7 langkah pakai sabun yang baik dan benar 1. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian 3. Jangan lupa jari-jari tangan.

. 7. kemudian diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir lalu keringkan memakai handuk atau tisu. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkan jari 5. Gosok dan putar ke2 ibu jari secara bergantian 6.4. Bersihkan ke-2 pergelangan tangan secara bergantian dengan cara memutar.