You are on page 1of 18

KEBIJAKAN DAN STRATEGI MASALAH GIZI

Asep Suryadin
Akper Pemkab Cianjur

.

pilek yang berdampak pada penurunan nafsu makan bayi sehingga berat badan bayi menurun dan berujung pada masalah gizi buruk. Kemiskinan membuat orang tua tidak sanggup memberikan asupan gizi yang cukup terhadap bayi sehingga bayi mengalami kekurangan gizi. • Selain asupan gizi masalah sumber daya manusia (SDM) orangtua merupakan faktor lain penyebab kasus gizi buruk. Rendahnya pendapatan masyarakat akibatnya kemiskinan membuat orang tidak sanggup memenuhi asupan makanan bergizi untuk bayi.Pendahuluan • Kemiskinan yang dialami masyarakat atau keluarga menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya gizi buruk pada bayi. Hal inilah yang menyebabkan balita atau bayi mudah terserang infeksi seperti batuk. Orangtua dengan sumber daya manusia yang rendah cenderung memberikan makanan pendamping saat usia bayi seharusnya hanya diperbolehkan untuk mengkonsumsi air susu ibu (ASI) eksklusif yaitu pada usia 1-6 bulan. . akibatnya bayi menjadi rentan terhadap penyakit diare atau penyakit lainnya sehingga bayi mengalami gizi buruk. Pemberian makanan pendamping yang sifatnya lebih keras terhadap bayi dalam usia tersebut menyebabkan usus bayi menjadi tidak kuat.

Keterkaitan Kemiskinan dan Status Gizi KEMISKINAN Asupan makan Sering sakit Buruh/Pekerja Sering Hamil Besarnya Jumlah rendah Infeksi Kasar Anggota Keluarga Status Gizi Tingginya Menurunkan Menurunkan pengeluaran produktifitas produktifitas untuk biaya karena karena status kesehatan rendahnya status fisik yang buruk pendidikan dan kecerdasan .

Gizi dan Kualitas SDM • Dimensi pembangunan diarahkan pada upaya kebijakan dan program yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas manusia dan masyarakat yang menghasilkan manusia-manusia Indonesia yang unggul. terangnya. begitupula sebaliknya kondisi suatu bangsa dapat mempengaruhi status gizi masyarakatnya. yang artinya bahwa gizi akan menentukan keberhasilan suatu bangsa. Karena itu. Seseorang yang hidup didukung dengan gizi yang cukup sesuai kebutuhan akan tumbuh dan berkembang secara optimal dan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas . salah satu prioritas pembangunan adalah pembangunan karakter bangsa. • Gizi dalam kaitannya dengan pembangunan suatu bangsa berkaitan dengan sumber daya manusia. yang tentunya ditentukan pula oleh kecukupan gizi • Hubungan gizi dengan pembangunan bersifat timbal balik. karena gizi sebagai sentra untuk pembangunan manusia.

. .Lanjutan.  KOMPONEN YANG MEMBERIKAN KONTRIBUSI DALAM MEWUJUDKAN SUMBER DAYA MANUSIA YANG BERKUALITAS AGAR MAMPU BERPERAN OPTIMAL DALAM PEMBANGUNAN  KARENANYA PANGAN DAN GIZI MERUPAKAN SUATU KEBUTUHAN DASAR DAN MODAL SADAR DALAM PEMBANGUNAN SERTA MENJADI INDIKATOR KEBERHASILAN PEMBANGUNAN SUATU BANGSA.  PANGAN MERUPAKAN SALAH SATU KOMPONEN YANG SANGAT PENTING DALAM PEMBANGUNAN..

melindungi dan memenuhi kebutuhan pangan dan gizi masyarakat  Kegagalan pemerintah dalam memenuhi hal tersebut berarti melanggar hak azazi manusia .Lanjutan..  Dengan demikian pangan dan gizi merupakan suatu indikator masyarakat yang berkelanjutan.  Peranan pertanian merupakan hal yang sangat penting dalam mencapai pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi masyarakat  Setiap pemerintah suatu negara berkewajiban untuk menghormati..

Hubungan Gizi dan Pembangunan (Alan Berg. 1973) Angka kematian Mendorong Bayi dan balita KB Angka Hari kerja kesakitan Kualitas produktivitas Gizi yang Kemampuan hidup Belajar anak memadai sekolah Prestasi kerja Daya tahan Pembangunan Fisik orang berhasil dewasa .

.

Pengendalian Penyakit Tidak Menular •(Hipertensi. Penurunan AKI & AKB (Kesehatan Ibu & Anak termasuk Imunisasi) b. Prioritas kegiatan diutamakan ke Promotif & Preventif. Pengendalian Penyakit Menular (ATM: •HIV/AIDS. Diabetes Melitus. Obesitas & Kanker) 2. Perbaikan Gizi khususnya stunting c. Tuberkulosis & Malaria) a.FOKUS PROGRAM / KEGIATAN PEMBANGUNAN KESEHATAN 1. Program Prioritas: a. termasuk kegiatan pro-aktif menjangkau sasaran ke luar gedung Puskesmas • Fokus utama pada Pelayanan Kesehatan Dasar (Primary Care) • Menjangkau sasaran utamanya dengan strategi pendekatan keluarga .

STRATEGI PENDEKATAN KELUARGA UNTUK MENCAPAI KELUARGA SEHAT .

.

.

.

.

.

.

TERIMA KASIH .