You are on page 1of 23

Kelompok 2

Achmad Aziz Fachrudin
Ardian Saifullah
Mega Puspa Astutik
Putriana Dwi Wulansari
Ratna Permatasari
Sulis Ana
Wahyudin Firdaus
Yuni Nur Alfiyah

 Jantung merupakan suatu organ otot berongga
yang terletak di pusat dada. Bagian kanan dan
kiri jantung masing-masing memiliki ruang
sebelah atas (atrium) yang mengumpulkan
darah dan ruang sebelah bawah (ventrikel)
yang mengeluarkan darah.
 Jantung memberikan dan mengalirkan suplai
oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan dan
organ tubuh yang diperlukan dalam proses
metabolisme.

 Jenis-jenis penyakit jantung itu sendiri bervariasi. kardiomipati. . aritmia. seperti : Gagal jantung. Penyakit kardiovaskular adalah adalah penyakit yang mengganggu sistem pembuluh darah. jantung koroner. dalam hal ini adalah jantung dan urat- urat darah. dll.

Chest X-Ray Ekokardiografi Nuclear Medicine Pemeriksaan Computed penunjang Tomography (CT) Magnetik Resonance Imaging (MRI) Electrokardiografi (EKG) .

x). Chest X-Ray adalah pencitraan tubuh melalui penyinaran tubuh pasien dengan radiasi ionisasi berenergi tinggi ( Sinar . .

. Chest X-Ray di gunakan untuk mendiagnosis banyak kondisi yang melibatkan dinding thorax. tulang thorax dan struktur yang berada di dalam kavitas thorax termasuk paru-paru. jantung. dan saluran yang besar.  Untuk melihat abnormalitas congenital dan keadaan pada jantung dan vaskuler Pneumonia dan gagal jantung kongestif sering terdiagnosis oleh foto thorax.

.

.Merupakan alat diagnostik dengan sensitifitas tinggi yang dapat mendeteksi berbagai macam penyakit jantung seperti penyakit jantung koroner . penyakit jantung katup . penyakit hipertensi. kardiomiopati .

 Ecokardiografi dapat memberikan informasi tentang: Pembesaran jantung(kardiomegali). jantung tidak dapat memompa darah dengan sempurna. otot jantung yang lemah. . kebocoran sekat-sekat jantung. adanya tumor di dalam jantung atau gumpalan darah yang dapat menyebabkan stroke.

.

. Adalah bahan radioaktif disuntikan ke tubuh pasien sehingga timbul radiasi dari tubuh pasien yang nantinya ditangkap oleh sebuah alat.

terhirup atau tertelan. Pencitraan pengobatan nuklir jantung mengevaluasi jantung penyakit arteri koroner dan kardiomiopati. .  Ini juga dapat digunakan untuk membantu menentukan apakah jantung telah rusak akibat kemoterapi atau radioterapi.  Obat nuklir menggunakan sejumlah kecil bahan radioaktif yang disebut radiotracer yang biasanya disuntikkan ke aliran darah.

.

 Menggunakan sinar x untuk memotong-motong tubuh dari berbagai proyeksi. Gambaran yang dihasilkan merupakan hasil penyerapan jaringan terhadap sinar x berbeda-beda dari tiap jaringan yang didasari pada berat dari struktur atom jaringan tersebut. .

.  Dalam penyakit jantung koroner. zat lilin yang disebut plak (plak) menyempit arteri koroner dan membatasi aliran darah ke jantung.  CTA koroner dapat menunjukkan apakah arteri koroner sempit atau diblokir. Dokter menggunakan CT scan untuk membantu mendeteksi atau mengevaluasi penyakit jantung koroner (PJK).

.

 MRI merupakan teknik dan alat diagnostik yang mutakir dan dapat melakukan pemeriksaan untuk mendapatkan citra tiga dimensi bagian tubuh untuk mendapatkan gambaran yg jelas. . MRI adalah pemeriksaan untuk bagian tubuh dengan menggunakan medan magnet serta gelombang frequenzi radio.

 Selain itu dapat juga mendeteksi masalah struktural pada urat nadi. . ketebalan dan gerakan dinding jantung dan tingkat kerusakan akibat serangan jantung. MRI yang dilakukan pada jantung atau pembuluh darah bertujuan melihat beberapa hal seperti ukuran dan fungsi pada serambi jantung. maupun radang dan penyumbatan pada pembuluh darah. seperti dinding pembuluh darah yang melemah atau sobek.

.

 Elektrokardiogram (EKG) adalah grafik yang dibuat oleh sebuah elektrokardiograf. yang merekam aktivitas kelistrikan jantung dalam waktu tertentu. .

pusing. bekerja dengan baik untuk mengendalikan denyut jantung. diabetes. Memeriksa aktivitas elektrik jantung. atau angina. misalnya pacemaker. seperti sesak napas.  Menemukan penyebab gejala penyakit gejala penyakit jantung. inflamasi kantung sekitar jantung (perikarditis). pingsan. .  Menemukan penyebab nyeri dada.  Memeriksa apakah suatu alat mekanis yang dicangkok dalam jantung. atau detak jantung lebih cepat atau tidak beraturan (palpitasi).  Memeriksa kesehatan jantung pada penderita penyakit atau kondisi tertentu. kolesterol tinggi. seperti hipertensi.  Mengetahui apakah dinding ruang-ruang jantung terlalu tebal. yang dapat disebabkan serangan jantung.

.

 TERIMAKASIH .