You are on page 1of 12

Short Case

Laser Wajah

Oleh : Siti Aisyah S

Supervisor : dr. Saktrio Darmono Subarno, Sp. BP-RE

memancarkan foton dalam pancaran koheren Pengertian . melalui proses pancaran terstimulasi. biasanya dalam bentuk cahaya yang tidak dapat dilihat maupun dapat lihat dengan mata normal. Laser (singkatan dari bahasa Inggris: Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation) merupakan mekanisme suatu alat yang memancarkan radiasi elektromagnetik. Pancaran laser biasanya tunggal.

memancarkan foton hampir ke seluruh arah. . terpolarisasi. seperti bola lampu incandescent. dimana terjadi beda fasa yang tidak tetap antara foton yang dipancarkan oleh sumber cahaya. sinar koheren mendekati monokromatik. Sifat koheren sulit ditemui pada sumber cahaya atau incoherens. Secara kontras. biasanya melewati spektrum elektromagnetik dari panjang gelombang yang luas. laser biasanya memancarkan foton dalam cahaya yang sempit. terdiri dari panjang gelombang tunggal atau satu warna.Sumber cahaya umum.

dan resonator optik (optical resonator). Prinsip Kerja Laser . Laser merupakan sumber cahaya koheren yang monokromatik dan amat lurus. sumber energi pemompa (pumping source). Cara kerjanya mencakup optika dan elektronika.  Secara umum suatu divais laser terdiri dari media penguat berkas cahaya (gain medium).

mencerahkan kulit serta mengatasi masalah kulit lainnya seperti keriput. Sinar laser yang dihasilkan oleh alat ini secara akurat melakukan pengangkatan kulit lapis perlapis dan mampu merangsang pembentukan kolagen baru dengan cara memberi panas hanya pada kedalaman dan area kulit yang tertimpa sinar laser (teknologi SmartXide DOT). jerawat. pigmentasi. Laser Fractional CO2 adalah laser yang menggunakan teknologi fractional carbon dioxide (SmartXide DOT) untuk mengatasi masalah jaringan parut (skar) dan kerut-kerut karena penuaan kulit. Fractional CO2 . Biasa digunakan untuk peremajaan kulit. kutil dan bekas luka. tumor jinak.

di lengan dan tungkai Nd YAG . Nd YAG Teknik laser ini sangat baik digunakan untuk menghilangkan bulu- bulu atau rambut yang yang tumbuh pada area-area tertentu seperti di ketiak. diatas bibir (kumis). area bikini.

Q Switched Nd YAG Laser pigmen (Q-switch Nd:YAG laser)digunakan untuk mengatasi kelainan pigmentasi pada kulit karena photoaging seperti lentigo senilis. freckles. tanda lahir berupa bercak hitam keabuan/kecoklatan dan juga dapat menghilangkan tattoo pada tubuh. .

ukuran spot 5-7 mm. dan durasi pulse 28-40 nanodetik. memiliki panjang gelombang 694 nm. Karena hanya menembus kurang dari 1 mm ke dalam kulit QSRL digunakan untuk lesi superfisial. QSRL tidak direkomendasikan untuk pasien dengan tipe kulit gelap Laser Q-switched ruby (QSRL) . Laser Q-switched ruby (QSRL). Karena afinitasnya yang tinggi terhadap melanin dan kemungkinan risiko hipopigmentasi. fluence 4–10 J/cm2.

Banyak manfaat yang bisa Anda rasakan dari perawatan teknik laser ini. tangan. mengencangkan kulit wajah dan leher. tahi lalat dan spider veins  Menghilangkan tato  Menghilangkan bulu-bulu (hair removal) yang tubuh pada bagian ketiak. menghilangkan flek serta untuk peremajaan kulit  Memutihkan kulit wajah dan tubuh  Menghilangkan bekas luka. . bekas jerawat. kaki. wajah dan organ intim.  Melangsingkan tubuh dan menyamarkan stretch mark atau selulit. diantaranya :  Mengatasi kerutan dan garis yang muncul pada area wajah.

Perawatan ini tidak akan menyebabkan perubahan sel atau jaringan kulit di sekitar area yang tidak bermasalah jika dilakukan dengan prosedur yang tepat dan oleh dokter yang berpengalaman.1. Fungsinya adalah untuk menstimulasi pembentukan sel kolagen baru yang menjaga kekenyalan kulit Manfaat Laser dalam Bidang Kesehatan.  Cara kerja Sinar laser yang ditembakkan pada kulit atau area yang bermasalah akan diserap oleh sel kulit tertentu dan kemudian diubah menjadi panas pada area tersebut. . Percantik Diri dengan Terapi Laser Teknik yang digunakan untuk perawatan kecantikan ini diyakini dapat mempercantik dan memperbaiki kondisi kulit tanpa harus melewati tindakan operasi.

sensitif dengan sinar ataupun habis terbakar sinar matahari. Selalu gunakan Sunblock minimal SPF 30 atau sesuai dengan yang dianjurkan dokter klinik. hindari paparan sinar matahari langsung. .  Perempuan hamil dan menyusui.Perlu diperhatikan  carilah klinik yang terpercaya dengan dokter dan staf yang sudah terlatih dan berpengalaman. tidak dianjurkan untuk melakukan terapi laser.  Berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan hasil yang optimal. Jangan pula menggunakan riasan apapun setidaknya selama 5 harisetelah perawatan. memiliki masalah kulit seperti kanker kulit.  Setelah melakukan terapi ini.  Hindari melakukan perawatan laser hair removal jika Anda sedang melakukan perawatan Tanning buatan dengan alat sprayatau lotion.

Terimakasih .